Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Instagram Take a Break Untuk Menghindari Kecanduan Media Sosial

Fitur Instagram Take a Break Untuk Menghindari Kecanduan Media Sosial

Fitur Instagram Take a Break hadir sebagai pengingat penggunanya untuk beristirahat. Instagram sebagai platform sosial media yang besar saat ini meluncurkan fitur terbarunya. Untuk apa dan bagaimana cara kerja fitur tersebut?

Mengenal Fitur Instagram Take a Break

Saat ini teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Internet sudah menjadi sesuatu yang lumrah di kehidupan kita.

Adanya internet tersebut membuat manusia seperti memiliki dunia lainnya. Kamu bisa melakukan apa saja lewat internet dan sosial media, seperti halnya di dunia nyata.

Baca Juga: Fitur Instagram Rage Shake Terbaru Untuk Memudahkan Komplain

Instagram merupakan salah satu platform sosial media paling populer dan memiliki banyak pengguna saat ini.

Platform tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengunggah momen foto atau video hingga saling mengikuti.

Aneh rasanya jika zaman sekarang tidak memiliki akun Instagram. Oleh karena banyaknya pengguna, Instagram dituntut untuk terus mengembangkan aplikasinya.

Saat ini aplikasi Instagram tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi hingga menjadi wadah promosi online.

Banyak orang terkenal di aplikasi tersebut atau selebgram membuka jasa promosi di akunnya. Toko online saat ini sudah sangat banyak yang menggunakan Instagram dan selebgram sebagai media promosi.

Manfaat dan Kegunaan Fitur Take a Break

Instagram mengembangkan aplikasinya dengan terus menambah fitur. Mereka terus memberikan fitur terbaru yang dapat para penggunanya nikmati.

Fitur Instagram Take a Break merupakan yang paling baru diluncurkan oleh aplikasi sosial media tersebut dan memiliki manfaat sebagai berikut.

Mengingatkan Para Penggunanya Untuk Beristirahat

Jika sudah berselancar di sosial media, biasanya orang-orang akan lupa waktu. Terlebih Instagram yang memiliki tampilan menyenangkan sehingga membuat pengguna ingin terus memainkan ponsel.

Tetapi hal tersebut tidaklah baik jika kamu menggunakannya terus-menerus. Bagaimanapun kamu memerlukan istirahat agar tubuh tetap fit. Karena itulah, fitur Take a Break hadir untuk mengingatkan penggunanya beristirahat.

Baca Juga: Fitur Instagram Berbayar Subscriptions, Bantu Para Kreator Peroleh Cuan!

Menghindari Kecanduan

Maraknya penggunaan media sosial seringkali memberikan efek kecanduan pada para penggunanya. Efek kecanduan ini sangatlah berdampak negatif jika dibiarkan begitu saja.

Hal tersebut karena orang yang sudah kecanduan media sosial akan lupa dengan kewajiban di dunia nyata.

Mereka akan terus memfokuskan dirinya ke layar ponsel yang hanya dunia virtual. Kamu saat ini tidak perlu khawatir akan kecanduan jika bermain Instagram.

Fitur Instagram Take a Break hadir salah satunya adalah untuk menghindari kecanduan pengguna.

Menjaga Kesehatan Mental

Instagram merupakan salah satu platform yang sangat gencar dalam kampanye kesehatan mental. Mereka terus memperbarui aplikasinya seiring dengan isu kesehatan mental yang merajalela.

Menurut banyak penelitian, berlebihan dalam menggunakan sosial media dapat berdampak pada kesehatan mental.

Instagram hadir dengan fitur Take a Break yang dapat mengingatkan penggunanya beristirahat sejenak dari aplikasi mereka.

Membantu Orang Tua Membatasi Jam Ponsel Anak

Tak hanya orang dewasa yang menggunakan sosial media, tetapi juga anak dan remaja. Pengguna Instagram pun dominan kaum remaja yang masih harus berada di bawah pengawasan orang tua.

Hal ini menjadi pertimbangan Instagram untuk menghadirkan fitur Take a Break. Dengan fitur tersebut, membuat orang tua bisa membatasi waktu ponsel anak. Orang tua bisa mengatur waktu Take a Break sehingga anak akan beristirahat.

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Take a Break

Bagi kamu yang ingin mencoba fitur ini, dapat langsung mengaktifkannya. Caranya pun sangat mudah dan anti ribet.

Langkah pertama adalah kamu harus sudah memperbarui aplikasi Instagram. Fitur ini tidak tersedia jika kamu membuka Instagram versi web di desktop.

Ketika sudah lakukan pembaruan, kamu bisa membukanya dan melihat-lihat dahulu seperti biasa. Setelah beberapa saat nantinya akan muncul kolom pop-up Want a Break?.

Baca Juga: Fitur SSS Instagram Hadir dan Memudahkan Download Konten Video

Jika kamu ingin mengaktifkannya, maka klik kolom opsi Aktifkan. Kamu akan masuk ke jendela baru untuk mengisi detail menu.

Di situ kamu juga diminta untuk mengisi waktu durasi istirahat yang diinginkan. Waktu bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah mengisi semua informasi, klik kolom Submit pada bagian bawah dan fitur sudah aktif. Setelah aktif, akan muncul panduan mengenai aktivitas Instagram yang dapat kamu gunakan.

Salah satunya adalah fitur Instagram Musik yang dapat membantu tubuhmu rileks. Fitur Instagram Take a Break masih dalam tahap uji coba dan akan meluncur pada akhir Desember 2021. (R10/HR-Online)

- Advertisment -