Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFitur Locked Folder Google Photos Rilis di Android, Privasi Lebih Aman!

Fitur Locked Folder Google Photos Rilis di Android, Privasi Lebih Aman!

Fitur Locked Folder Google Photos mulai rilis pada perangkat Android baru-baru ini. Locked Folder memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan foto atau video tertentu ke dalam suatu folder.

Hal ini dapat pengguna lakukan dengan menggunakan kode sandi atau biometrik. Dengan kata lain, fitur baru ini berfungsi untuk simpan kumpulan foto sensitif serta rahasia.

Berdasarkan laporan dari Android Police pada 6 Desember lalu menyebutkan bahwa fitur Locked Folder mulai meluncur pada ponsel non Pixel.

September lalu, Google memberi penjelasan bahwa fitur terbaru miliknya akan segera hadir pada lebih banyak perangkat smartphone.

Baca Juga: Video Editor Google Photos Android Segera Rilis, Intip Pembaharuannya

Mengenal Fitur Locked Folder Google Photos yang Resmi Rilis di Android

Sebenarnya Google mulai memperkenalkan fitur Locked Folder sejak 10 Mei lalu. Pada awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel.

Namun saat ini para pengguna Google Photos kabarnya dapat menggunakan Locked Folder dalam waktu dekat.

Dalam laporan terbaru, menjelaskan bahwa telah banyak perangkat Android selain Google Pixel yang memperoleh fitur Locked Folder Google Photos.

Selain itu, Locked Folder sudah mulai hadir pada sejumlah ponsel Android non-Pixel. Seperti OnePlus, Oppo, dan Samsung dalam bagian utilitas dari aplikasi Google Photos.

Perangkat Android yang telah memperoleh kelengkapan fitur ini antara lain Motorola Edge 20 Fusion serta OnePlus 7 yang menjalankan Android 11.

Diperkirakan, fitur baru ini akan hadir bagi pengguna lain secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Sedangkan untuk perangkat iOS atau iPhone, Google Photos belum dapat menampilkan Locked Folder. Kemungkinan fitur baru ini akan tersedia pada awal tahun depan.

Cara Mengaktifkan Fitur Locked Folder

Melansir dari laporan The Verge, Locked Folder tersedia untuk ponsel Android yang menjalankan Android 6 ke atas. Cara mengaktifkan fitur tersebut antara lain melalui aplikasi Photos, lalu pilih Library, kemudian pilih Utilities.

Perlu Anda ketahui bahwa foto serta video yang tersimpan dalam fitur Locked Folder tidak dicadangkan ke cloud.

Baca Juga: Google Photo Tak Lagi Gratis Untuk Pengguna

File tersebut akan terhapus secara otomatis apabila para pengguna menghapusnya dari perangkat tanpa mencadangkannya terlebih dahulu.

Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi, catat atau cadangkan semua item sebelum mencopot pemasangan Google Foto atau melakukan perubahan lain.

Fungsi dan Manfaat Fitur Locked Folder Google Photos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk memilih foto atau video tertentu. Selanjutnya memasukkannya ke dalam kode sandi atau folder terkunci biometric.

Biometrik adalah salah satu bentuk software keamanan yang dapat mencegah pihak ketiga untuk melihat gambar, foto, dan video yang tersimpan dalam fitur Locked Folder Google Photos.

Para pengguna juga akan mengeluarkan file video hingga foto asal feed foto utama serta menjauhkannya dari cloud.

Dengan kata lain, fitur Locked Folder dapat menjadi tempat rahasia bagi para pengguna yang mempunyai foto atau video penting dan tidak ingin pengguna lain dapat melihatnya.

Sebagai contoh, foto kata sandi suatu akun bagi para pengguna mudah lupa atau berbagai jenis video penting yang tidak ingin pengguna hapus atau terlihat oleh orang lain.

Selain itu, berdasarkan keterangan langsung dari Google, menyebutkan bahwa fitur ini dapat menjadi filter saat orang lain melihat galeri ponsel pengguna.

Berikutnya foto dan video yang telah tersimpan dalam Locked Folder tidak akan muncul lagi pada kisi foto, memori, atau album pengguna.

Bahkan aplikasi lain yang terinstall pada perangkat pengguna dengan akses ke media juga tidak dapat mengaksesnya.

Baca Juga: Fitur Baru Google Search, Permudah Pencarian Info Dokter

Cara Mengunci Folder di Google Photos

Lalu bagaimanakah cara mengunci folder di Google Photos dengan menggunakan fitur Locked Folder? Simak langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan perangkat HP Anda telah menjalankan aplikasi Google Photos versi terbaru
  2. Lalu buka aplikasi Google Photos
  3. Buka Library atau perpustakaan video dan gambar
  4. Pilih opsi Utilities, lalu klik Locked Folder
  5. Langkah berikutnya, klik ikon Set up Locked Folder serta ikuti instruksi yang ada pada layar.

Cara menyembunyikan foto serta video dengan fitur baru ini, pengguna cukup mengetuk opsi Move Items pada data yang akan dipilih.

Untuk dapat mengetahui apakah fitur Locked Folder Google Photos sudah tersedia pada HP, maka pengguna harus melakukan pembaharuan aplikasi Google Photos dengan versi terbaru. (R10/HR-Online)

- Advertisment -