Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFitur Windows Defender Memberi Perlindungan dari Tindak Kejahatan

Fitur Windows Defender Memberi Perlindungan dari Tindak Kejahatan

Fitur Windows Defender tentunya akan menjadi informasi yang sangat penting. Microsoft selalu mempunyai upaya untuk membantu melindungi PC yang kita gunakan dari adanya serangan hacker serta virus lainnya. Dengan demikian, mereka menyematkan fitur baru pada Windows 10.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya sebelum menjadi Windows Defender, fitur ini bernama Microsoft Spyware. Lebih tepatnya merupakan software yang berasal dari Microsoft guna melindungi sistem Windows pada komputer dari serangan hal-hal berbahaya. Namun seiring berkembangnya Windows, nama dari Microsoft Power tersebut berubah.

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini bukan tidak mungkin apabila nantinya dalam menggunakan PC, kita akan menjadi korban serangan hacker maupun virus.

Hal tersebut harus kita sadari sejak dini serta mengetahui bagaimana langkah atau cara yang harus dilakukan guna melakukan pencegahan. Pasalnya, setiap orang sudah pasti tidak ingin menjadi korban hacker.

Baca juga: Laptop Windows 11 Bakalan Hadir, Tapi dengan Syarat

Review Fitur Windows Defender yang Melindungi

Ketahuilah bahwasanya Windows Defender merupakan anti-virus gratis dari Microsoft. Fitur yang ditawarkan ini memang bawaan, akan tetapi sangat mumpuni.

Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja fitur-fitur tersebut, simak penjelasannya pada pernyataan berikut ini.

Untuk fitur Windows Defender yang pertama yakni Real Time Protection. Fitur ini mempunyai fungsi untuk menemukan juga mencegah program berbahaya ketika sudah terinstal komputer maupun sedang berjalan.

Kemudian ada juga Tamper Protection. Manfaatnya adalah memastikan supaya tidak ada program berbahaya pada sistem yang ingin Anda ubah.

Bisa juga yang sifatnya merusak berbagai pengaturan penting yang terdapat di komputer. Misalnya saja adalah menonaktifkan antivirus, mengubah pengaturan Windows, serta yang lainnya.

Ada juga Cloud Delivered Protection. Fitur Windows Defender ini memiliki peranan untuk menjamin keamanan komputer maupun laptop Anda.

Hal ini terjadi berkat adanya akses yang menuju ke pusat data proteksi. Sehingga Anda juga tidak perlu khawatir akan adanya serangan virus, trojan, malware, atau hal-hal yang sifatnya mengancam dan berbahaya lainnya.

Automatic Sample Submission, fitur ini akan memberikan akses guna berbagi informasi kepada pihak Microsoft jika terdapat program berbahaya sehingga ditangani.

Terakhir adalah ada Ransomware Protection. Memiliki fungsi untuk menjamin berbagai jenis data di komputer Anda dari adanya serangan virus, malware, maupun program berbahaya yang ingin mencuri, mengunci, dan merusak.

Baca juga: Versi Windows 11 Resmi Rilis, Seperti Apa?

Keunggulan

Bukan tidak mungkin setelah Anda mengetahui beberapa fitur Windows Defender, Anda juga tertarik untuk tahu apa saja kelebihannya.

Nah, untuk mengobati rasa penasaran Anda, ketahuilah bahwa keunggulan atau kelebihan Windows ini sangatlah beragam.

Pertama, Windows yang satu ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan virus secara maksimal. Hal ini juga terbukti dengan adanya fitur yang nantinya akan mengkarantina semua file menjadi virus. Baik itu malware. Apabila terdeteksi untuk melakukan ancaman, sudah pasti file tersebut akan segera dikarantina.

Selain itu, Windows ini juga akan membantu untuk mengatasi serta menangani jenis virus yang sangat berbahaya. Meskipun fitur Windows Defender merupakan bawaan, jangan pernah Anda menyepelekannya.

Sebab, nantinya Windows tersebut akan membantu untuk mengendalikan berbagai jenis virus yang berbahaya. Apabila virus-virus tersebut sudah terbasmi, secara otomatis laptop akan restart.

Kelebihan yang terakhir, Windows yang satu ini juga akan memberikan peringatan ketika terdapat flash disk, MMC, maupun hardisk eksternal yang tertolak pada laptop dan komputer Anda.

Bukan hanya itu saja, Windows ini juga akan memberi peringatan aktif saat ada media baru yang tersambung ke laptop. Lalu melakukan scan untuk pengecekan juga memastikan jika tidak ada virus yang masuk.

Cara Mengaktifkan dan Mematikan

Setelah mengetahui apa saja fitur Windows Defender serta bagaimana kelebihannya, informasi mengenai bagaimana cara menghidupkan dan mematikan juga menjadi hal penting.

Namun, hal yang tetap harus Anda ingat adalah caranya sangatlah mudah. Tapi saat kita akan mengaktifkan Windows Defender, setiap binder juga mempunyai cara berbeda-beda.

Baik dari Windows 10, 7, 8.1, 8, Vista, juga XP. Hal ini juga berlaku terhadap bagaimana cara kita untuk mematikan.

Jadi meskipun setiap Windows mempunyai cara menghidupkan dan mematikan Defender ini, tetapi langkahnya sangatlah mudah. Sehingga Anda juga tidak akan kesusahan untuk menikmati fitur Windows Defender. (R10/HR Online)

- Advertisment -