Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Hormon LH dan FSH pada Tubuh Manusia, Simak Penjelasannya!

Fungsi Hormon LH dan FSH pada Tubuh Manusia, Simak Penjelasannya!

Fungsi hormon LH sangat penting untuk tubuh seorang. Utamanya berperan pada bagian reproduksi ovarium untuk wanita dan testis untuk pria.

Keberadaan hormon LH dan FSH pada wanita sangat berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan proses ovulasi.

Sedangkan pada pria keduanya berperan pada produksi sperma. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Fungsi Hormon Prolaktin Bagi Pria dan Wanita, Anda Wajib Tahu!

Pahami Fungsi Hormon LH pada Tubuh Manusia

Tubuh pria dan wanita mampu memproduksi luteinizing hormon data LH. Tentunya dibuat dan dilepaskan oleh kelenjar pituitari pada otak. Memiliki peran penting untuk menjaga fungsi indung telur dan testis.

Fungsi LH pada Wanita

Seorang wanita memiliki hormon LH yang berperan penting dalam siklus menstruasi. Biasanya siklus tersebut terjadi selama 4 minggu. Lebih tepatnya pada 2 minggu pertama serta kedua.

Keberadaan hormon LH akan menjalankan perannya selama periode tersebut. Dua minggu pertama hormon LH berguna untuk menstimulasi folikel pada ovarium atau indung telur. Nantinya akan memproduksi hormon seks pada wanita atau estradiol.

Kemudian hari ke-14 fungsi hormon LH pada wanita akan meningkat dengan drastis. Pasalnya, mampu memicu pelepasan sel telur. Hal tersebut adalah proses ovulasi saat perempuan sedang memasuki masa subur.

Pada 2 minggu terakhir dari siklus menstruasi, LH akan menstimulasi produksi progesteron. Sangat penting untuk mendukung masa awal kehamilan pada wanita. Maka dari itu, akan terjadi mekanisme alami apabila sudah memasuki masa ovulasi.

Pada posisi ini terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. Namun jika tidak terjadi pembuahan, maka lapisan rahim akan keluar melalui vagina. Fase tersebut disebut sebagai masa menstruasi.

Baca Juga: Fungsi Hormon Prostaglandin Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Fungsi LG pada Pria

Pada dasarnya, fungsi hormon LH pada pria untuk produksi testosteron. Hormon tersebut menstimulasi sel yang bernama Leydig. Testosteron akan berperan untuk menstimulasi produksi sperma.

Hal tersebut membantu pria untuk mendapatkan ciri khas fisiknya. Termasuk perubahan suara yang dalam, tumbuh kumis, jenggot, dan rambut pada bagian tubuh.

Baca Juga: Fungsi Hormon Tiroksin, Penting Bagi Tubuh Manusia

Fungsi FSH pada Manusia

Selain LH, ada juga kebutuhan FSH yang berasal dari hormon testis dan ovarium. Sistem pengaturan tersebut adalah axis hipotalamus pituitari dan gonad. Maka dari itu, seorang pria wajib memenuhi asupan gizi agar hormon tersebut tetap ada.

Layaknya fungsi hormon LH, FSH masih berhubungan dengan organ reproduksi manusia. Seorang wanita membutuhkan hormon FSH untuk menstimulasi terbentuknya folikel pada rahim. Dengan kata lain, berperan untuk proses ovulasi alias pelepasan sel telur.

Sedangkan pada pria, FSH berfungsi mengatur kadar testosteron. Hormon tersebut membuat pria memiliki ciri khas fisiknya. Bahkan FSH juga mengatur keseimbangan produksi dari LH.

Pahamilah fungsi hormon LH pada pria maupun wanita. Dengan begitu, akan memicu terjadinya proses reproduksi yang terbaik. Apabila hormon tersebut tidak ada, maka terjadi gangguan reproduksi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -