Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Kepala Silinder Mobil Beserta Bagian-bagiannya

Fungsi Kepala Silinder Mobil Beserta Bagian-bagiannya

Fungsi kepala silinder mobil wajib Anda ketahui sebab menjadi komponen utama yang penting. Kepala silinder merupakan komponen pembentuk mesin yang dipasangkan pada silinder blok mesin.

Umumnya diikat dengan baut khusus dan terbuat dari bahan aluminium alloy yang memiliki beberapa campuran bahan lain. 

Kepala silinder harus kuat serta tahan terhadap suhu maupun desakan tinggi. Pasalnya, dalam kepala silinder tersebut terdapat ruang bakar berlangsungnya proses pembakaran yang menghasilkan tenaga mesin.

Pahami Fungsi Kepala Silinder Mobil dan Komponennya

Kepala silinder ini biasanya berada di dalam blok silinder. Tersedia dalam dua bahan untuk membuat kepala silinder tersebut, yakni gabungan alumunium dan besi tuang.

Dengan kehadirannya, maka memberikan fungsi yang cukup maksimal dan penting. Berikut fungsi lengkapnya. 

Baca Juga : Kap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Sebagai Tempat Kelengkapan Mekanisme Katup 

Fungsi kepala silinder mobil pertama adalah sebagai kelengkapan mekanisme katup. Mekanisme katup merupakan mekanisme yang mengatur kapan katup terbuka atau tertutup (valve intake dan exhaust).

Maka dari itu, harus disesuaikan dengan kinerja mesin 4 langkah. Seperti pembakaran (combustion), hisap (intake), kompresi (compression), dan langkah buang (exhaust). 

Komponen mekanisme katup berbeda-beda, tergantung dari model kepala silinder yang Anda gunakan.

Seperti mekanisme katup model Over Head Valve (OHV) akan berbeda dengan katup Double Overhead Cam (DOHC). Begitu juga Over Head Cam (OHC). 

Tempat Pemasangan Busi

Fungsi lainnya sebagai tempat pemasangan busi. Hal ini sekaligus untuk memantik api di ruang bakar. Sehingga terjadi proses pembakaran serta menghasilkan tenaga mesin. Busi dipasang pada kepala silinder ini. 

Baca Juga : Cara Merawat Mobil Pick Up untuk Kelancaran Niaga, Simak di Sini!

Tempat Terjadinya Pembakaran Mesin

Fungsi kepala silinder mobil ialah tempat terjadi pembakaran mesin. Dalam kepala silinder terdapat ruang bakar yang memiliki fungsi membakar dan meledakkan campuran udara serta bahan bakar. Dengan begitu mesin tersebut menghasilkan tenaga.

Pada umumnya bentuk ruang bakar pada kepala silinder sangat tergantung dari model dan jenis mesin yang Anda gunakan.

Ada 3 bentuk ruang bakar yaitu pentroof (segitiga sama kaki), model wedge (segitiga siku-siku), dan hemispheric (parabola). 

Tempat Oli Pelumas Bekerja

Salah satu fungsi kepala silinder mobil adalah tempat oli pelumas bersirkulasi. Terdapat beberapa saluran untuk menyalurkan oli dari pompa oli, sesuai kinerjanya melumasi beberapa komponen mekanisme katup pada kepala silinder. 

Aliran oli tersebut tersambung dengan oli main galeri yang terletak pada silinder blok mesin. Berbagai komponen katup terlumasi oli dan bekerja dengan baik.

Proses gesekan akan menjadi lebih kecil sehingga mekanisme katup lebih awet serta tahan aus. 

Baca Juga : Kelemahan Mobil Bekas Banjir yang Penting Diketahui

Tempat Air Pendingin Bersirkulasi

Fungsi kepala silinder mobil adalah tempat air pendingin bersirkulasi. Apabila mesin dalam keadaan panas dalam waktu yang cukup lama, maka menyebabkan terjadinya overheat.

Penyebabnya adalah temperatur mesin naik karena proses pembakaran. Kepala silinder memiliki tempat bersirkulasinya air pendingin. Sirkulasi ini melewati ruang water jacket yang ada di dalam kepala silinder. 

Perputaran air tersebut tersambung dengan water jacket di dalam silinder blok dan berperan untuk mengatur temperatur mesin. Sehingga ruang bakar sesuai dengan standar. 

Saluran Intake dan Exhaust

Fungsi lainnya merupakan tempat aliran intake dan exhaust. Makna dari aliran intake adalah aliran masuk udara ke ruang bakar yang diatur oleh katup masuk.

Sedangkan, aliran exhaust merupakan aliran pembuangan asap hasil sisa proses pembakaran dari ruangan bakar yang exhaust valve atur.

Dengan adanya fungsi kepala silinder mobil kedua katup, maka mesin dapat melakukan proses kerja sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. 

Bagian-bagian dari Kepala Silinder

Beberapa bagian atau komponen kepala silinder sebagai berikut. Pertama, Spark Plug atau busi sebagai penghasil loncatan bunga api untuk pembakaran. Kedua, Oil Seal sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar. 

Ketiga, Adjusting atau Rocker Arm sebagai penyetel celah katup. Keempat, Valve Seat sebagai dudukan valve.

Kelima, Valve Guide sebagai tempat menempelnya katup untuk menghantarkan pergerakan katup naik turun. 

Keenam, Valve Keepers sebagai pengunci antara masing-masing katup dengan pegas. Ketujuh, Water Jacket untuk jalur air pendingin radiator untuk mendinginkan mesin. 

Kedelapan, Gasket untuk sekat perantara antara kepala silinder dengan blok silinder sehingga tidak ada kebocoran. 

Kesembilan, Combustion Chamber untuk tempat pembakaran bahan bakar yang masuk melalui intake. 

Selain itu, juga mencakup Valve Lifter, Intake Manifold, Exhaust Manifold, Oil Feed, Coolant Feed, dan Head Cylinder Cover. Fungsi kepala silinder mobil tersebut penting Anda ketahui. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -