Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Stabilizer Link Mobil Hingga Tipenya, Anda Wajib Tahu!

Fungsi Stabilizer Link Mobil Hingga Tipenya, Anda Wajib Tahu!

Fungsi stabilizer link mobil tak semua orang mengetahuinya. Pada dasarnya, cara untuk meminimalisir bodi mobil limbung ketika berbelok adalah dengan menambahkan stabilizer di sistem suspensi.

Karena stabilizer bar ini berfungsi sebagai penghubung serta membatasi gerakan antar komponen suspensi roda kiri dan kanan. Sehingga efek body roll bisa lebih terminimalisir.

Mobil yang Anda kendarai menjadi lebih stabil dan mudah dikendalikan. Terutama saat Anda melewati jalan berbelok dengan kecepatan cukup tinggi.

Stabilizer bar membutuhkan komponen tambahan berupa link stabilizer. Link tersebut memiliki daya tahan yang lama sehingga mustahil rusak.

Kecuali jika terjadi kecelakaan yang fatal. Kerusakan tersebut biasanya pada karet bushing yang bekerja sebagai penyangga stabilizer. 

Terlebih pada link stabilizernya membutuhkan perawatan secara berkala karena karet bushing dapat mengeras atau getas setelah dipakai.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kursi Mobil Macet, Temukan Langkahnya di Bawah Ini!

Letaknya pada kedua ujung stabilizer bar. Nah, fungsi dari link stabilizer mobil yaitu:

Mobil Tetap Stabil Segala Kondisi

Dalam berkendara, kestabilan mobil memang dibutuhkan. Baik jalan yang lurus maupun berbelok.

Mobil agar tetap stabil tidak hanya bergantung pada spooring dan balancing di ban saja. Namun tetap membutuhkan stabilizer link demi mendapatkan kestabilan saat berada di jalanan.

Membantu Suspensi Meredam Guncangan

Pada dasarnya, kestabilan laju kendaraan adalah guncangan tidak terasa pada penumpangnya. Untuk bebas guncangan, maka suspensi yang dapat meredam ditambah dengan link stabilizer.

Hal ini bisa Anda coba dengan menonaktifkan link stabilizer dan membuatnya berjalan melalui lintasan yang buruk.

Baca Juga : Mesin Mobil Ngelitik Saat Di Gas, Ketahui Apa yang Menjadi Penyebabnya

Anda dapat merasakan guncangan cukup keras. Fungsi stabilizer link mobil memang sangatlah penting.

Tak hanya itu, Anda kesulitan dalam bermanuver. Begitu juga saat Anda melakukan bantingan akan terasa sangat tidak nyaman. Pada belokan tajam, maka terasa limbung. 

Memastikan Stabilizer Bar Bekerja pada Tiap Sudut Roda

Seperti yang kita ketahui bahwa tipe suspensi Macpherson memiliki stabilizer terhubung secara langsung dengan shock absorber.

Terutama saat roda berbelok dengan sudut paling maksimal. Shock absorber akan mengikuti putaran sudut roda. Ini mengakibatkan terjadi pergeseran sudut pada stabilizer bar tersebut. 

Fungsi stabilizer link mobil memastikan stabilizer bar bekerja secara optimal pada sudut roda manapun.

Meningkatkan Daya Cengkeram Ban Mobil

Ban mobil merupakan bagian penting yang bergesek langsung dengan aspal. Begitu banyak motif seperti kembangan sehingga tidak licin, terutama saat berjalan di atas aspal.

Daya cengkeram akan lebih kuat. Daya cengkeram mobil tidak hanya bertumpu pada kualitas ban saja, tapi juga link stabilizer.

Nah, fungsi stabilizer link meningkatkan daya cengkeram ban mobil pada aspal agar tidak tergelincir. 

Baca Juga : Velg Mobil Panas dan Bagaimana Mengatasinya Secara Tepat

Mengurangi Efek Limbung

Jika mobil Anda tidak memiliki link stabilizer, maka akan limbung saat berkendara. Penumpang yang berada di dalam mobil tentu merasa tidak nyaman.

Berbeda jika link stabilizer aktif, rasa limbung akan semakin berkurang. Komponen tersebut bekerja untuk mengurangi kemiringan pada mobil. Berbelok pun tetap ringan dan nyaman. 

Penghubung dengan Komponen Suspensi Lainnya

Fungsi utamanya adalah penghubung antara stabilizer bar dengan komponen suspensi lainnya, baik lower arm maupun shock absorber. Dalam pemasangannya menghubungkan antara suspensi roda kiri dan roda kanan. 

Stabilizer bar memiliki beberapa tipe persambungan sebagai berikut:

Fungsi stabilizer link mobil ini menghubungkan lower arm dengan stabilizer bar. Biasanya menggunakan joint bushing. Stabilizer joint bushing berguna pada suspensi tipe Macpherson strut. 

Link stabilizer tipe ini untuk suspensi tipe double wishbone. Biasanya hanya menggunakan karet bushing yang langsung terkait melalui plat bagian lower arm. Karet ini berfungsi menahan stabilizer bar secara langsung. 

Sementara pada link stabilizer ini menggunakan kombinasi karet bushing dan ball joint. Hal ini sebagai penghubung antar stabilizer bar dan shock absorber atau lower arm.

Pemakaiannya pada suspensi tipe Macpherson strut atau suspensi tipe double wishbone. 

Link stabilizer ini menggunakan ball joint untuk penghubung stabilizer dan shock absorber atau langsung ke lower arm.

Biasanya berguna untuk suspensi tipe Macpherson strut atau tipe double wishbone. Fungsi stabilizer link mobil tersebut menjadi pengetahuan Anda. Semakin jelas bukan? (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -