Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Steering Damper pada Motor Gede, Pengertian dan Kelebihannya

Fungsi Steering Damper pada Motor Gede, Pengertian dan Kelebihannya

Fungsi steering damper pada motor mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal komponen yang satu ini memiliki peran penting pada kendaraan.

Shockbreaker berukuran kecil inilah yang namanya steering damper. Pada umumnya, komponen tersebut menjadi penghubung antara sasi ke suspensi bagian depan. Aksesoris tersebut pasti sering Anda temukan bukan?

Setiap komponen yang ada pada kendaran tentu memiliki perannya masing-masing. Hal ini juga termasuk pada aksesoris yang satu ini. Jika biasanya aksesoris tersebut hanya untuk motor off road, namun kini tidak lagi.

Hampir semua jenis sepeda motor bisa menggunakan aksesoris steering damper. Steering damper juga biasa dikenal dengan nama steering stabilizer.

Masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya fungsi steering damper pada motor sehingga tidak ada salahnya mempelajarinya.

Lantas apa sebenarnya komponen tersebut hingga fungsinya cukup penting pada kendaraan? Agar lebih jelas, sebaiknya simak ulasan yang ada berikut ini.

Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk dapat membantu performa kendaraan menjadi lebih stabil dan bagus.

Baca Juga : Fungsi CDI Motor pada Sistem Pengapian Lengkap dengan Komponennya

Pengertian dan Fungsi Steering Damper pada Motor

Steering damper menjadi salah satu aksesoris yang banyak digunakan oleh para biker. Selain penggunaannya, tentu Anda juga perlu tahu apa sebenarnya fungsi dari aksesoris tersebut.

Steering damper atau biasa disebut dengan stabilizer stang itu sendiri biasa untuk beberapa jenis motor dengan kapasitas mesin besar. Penggunaan moge di Indonesia juga sudah banyak.

Tidak sedikit dari mereka yang menambahkan aksesoris steering pada sepeda motor. Meski demikian, kini sudah banyak kendaraan dengan kapasitas mesin kecil menggunakan aksesoris tersebut.

Meski tidak terlalu berperan pada motor kecil, masih banyak orang yang menggunakannya. Justru penggunaan steering damper bisa berbahaya untuk kendaraan selain moge.

Apalagi jika pemilik motor tidak melakukan perawatan dan merek yang kurang jelas. Bisa dipastikan akan membuat sistem hidrolik macet. Bahkan membuat kendaraan tidak dapat terkendali.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki motor berkapasitas kecil, jangan main-main menggunakan steering damper jika belum tahu perannya secara tepat.

Baca Juga : Penyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Apa Fungsi Steering Damper untuk Motor Gede (Moge)?

Seperti yang sudah terungkap sejak awal jika fungsi steering damper pada motor gede akan berpengaruh pada kestabilan. Sehingga kendaraan akan stabil pada sistem kemudi atau stang motor.

Untuk moge atau sepeda motor berkapasitas mesin besar, tentu fungsinya akan cukup terasa. Menjaga stabilnya stang kemudi ketika berakselerasi, saat menekuk, hingga kecepatan tinggi.

Apalagi pada moge biasanya akan muncul getaran yang bisa terasa sampai bagian kemudi. Sehingga fungsi steering damper pada motor akan terasa.

Pada umumnya, aksesoris motor gede ini memiliki beberapa jenis yang tersedia di pasaran. Adapun jenis yang bisa Anda temukan antara lain manual adjustable, automatic adjustable, dan non adjustable basic steering damper.

Untuk moge, tentu aksesoris ini menjadi hal biasa yang digunakan. Adanya aksesoris tersebut membantu pengendara bisa mengendalikan kendaraan.

Apalagi mengendarai motor berkapasitas besar bukanlah hal yang mudah. Mengendarai moge memiliki tantangan tersendiri.

Terlebih jika Anda tahu fungsi steering damper pada motor, tentu khasiatnya akan terasa. Motor gede atau sport banyak masyarakat pilih karena memiliki fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga : Ciri-Ciri Piston Motor Rusak yang Mudah untuk Dideteksi

Kelebihan Menggunakan Steering Damper

Karena fungsi steering damper pada motor gede cukup besar, tentu Anda harus cermat dalam memilih. Ada beberapa kelebihan yang ada pada komponen steering damper.

Pastikan Anda tahu bagaimana cara untuk menggunakannya. Kelebihan pertama dari stabilizer yaitu untuk menjaga kondisi jalan agar tepat. Adapun fungsi lainnya yaitu dari segi eksterior.

Kendaraan akan memiliki tampilan sporty dan race. Saat Anda memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya untuk memilih jenis sesuai kebutuhan. Misalnya pada motor balap, tentu bisa memodifikasinya agar lebih bagus.

Penggunaan aksesoris tersebut pada motor balap yaitu kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Karena kelebihannya yang cukup beragam, tentu harus pilih yang berkualitas.

Apalagi komponen ini sudah banyak tersedia. Pastikan Anda memilih komponen tersebut dengan kualitas bagus. Sehingga bisa Anda atur sesuai kebutuhan.

Dengan pemilihan dan pengetahuan tentang fungsi steering damper pada motor, akan membuat Anda berkendara lebih nyaman tanpa terasa stang berat.

Apalagi jika aksesoris yang Anda pilih tepat, tentu risiko timbulnya hal buruk bisa lebih kecil. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -