Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Vakuola pada Sel Tumbuhan, Memiliki Peranan Sangat Penting

Fungsi Vakuola pada Sel Tumbuhan, Memiliki Peranan Sangat Penting

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan berperan penting di kehidupan. Kelangsungan hidupnya bergantung dengan kemampuan vakuola agar tetap terlarut di dalamnya. Berbagai faktor metabolisme dalam sel menjadi satu dalam vakuola.

Terlebih tumbuhan tidak mempunyai sistem kekebalan yang serupa dengan hewan. Tanpa adanya vakuola, proses kehidupan dalam sel akan terhenti.

Hal tersebut karena perubahan biokimia yang kacau. Vakuola tumbuhan merupakan salah satu organel sel yang isinya cairan. Seperti halnya rongga yang terlapisi suatu membran.

Fungsi cairan dalam vakuola untuk melarutkan beberapa zat. Zat tersebut berupa enzim, lemak, alkaloid, garam mineral, asam, serta basa.

Melansir Wikipedia, vakuola merupakan organel yang terbalut oleh membran sel paling besar atau tonoplas.

Baca Juga: Fungsi Vakuola pada Sel Hewan Beserta Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Ketahui Fungsi Vakuola pada Sel Tumbuhan

Vakuola memiliki fungsi utama yang berperan penting di kehidupan tumbuhan. Fungsi utama vakuola untuk memasukan air melalui tonoplas.

Tonoplas tersebut bagian membran yang mengelilingi vakuola. Sehingga dapat membangun suatu turgor sel.

Turgor sel merupakan tekanan turgor pada sel. Tekanannya yang mendorong membran selnya terhadap dinding sel di tumbuhan.

Penyebab tekanan ini oleh timbulnya alirannya osmosis air. Mulai dari bagian dengan konsentrasinya terlarut rendah di luar sel menuju dalam vakuola sel.

Tentunya yang memiliki konsentrasinya terlarut lebih tinggi. Sel pada tumbuhan menggunakan tekanan agar dapat mempertahankan bentuknya.

Baca Juga: Fungsi Mesofil Palisade, Pengertian dan Struktur Penyusun

Fungsi Lain Vakuola

Vakuola juga memiliki fungsi lainnya. Berikut ini beberapa fungsi vakuola untuk Anda ketahui.

Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat cadangan makanan pada tumbuhan. Zat tersebut berupa glukosa dan amilum.

Selain itu, untuk menyimpan sisa metabolisme dan metabolit sekunder. Seperti halnya getah karet, alkaloid, kalsium oksabit, dan tanin.

Tidak hanya itu, vakuola ini menjadi tempat penyimpanan minyak atsiri. Golongan minyak yang memiliki bau khas seperti minyak kayu putih. Bahkan tempat penyimpanan pigmen seperti halnya daun, bunga, dan buah.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan lainnya mengadakan sirkulasi zat dalam sel. Vakuola juga menjadi pengaturan tekanan osmotik sel. Pembantu pertumbuhan sel pada sel memanjang saat vakuolanya menyerap air.

Sehingga selnya menjadi lebih besar, dengan hanya membuat sitoplasma baru yang minimal. Bahkan vakuola ini sebagai pelindung terhadap predator dengan kandungan senyawa.

Pada kandungan senyawanya beracun, duri, atau aroma tidak menyenangkan bagi hewan.

Baca Juga: Fungsi Korteks pada Batang Sebagai Penyimpanan Cadangan Makanan

Jenis Vakuola Tumbuhan

Vakuola tumbuhan terbagi atas 3 macam. Jenis vakuola makanan, vakuola kontraktil yang terdapat pada protista, dan vakuola tumbuhan pusat. Berikut ini jenis vakuola yang terdapat pada tumbuhan.

Vakuola makanan memiliki fungsi sebagai sistem pencernaan tumbuhan. Vakuola kontraktil merupakan struktur yang fungsinya mengumpulkan air dan memasukkannya ke dalam sel.

Sedangkan vakuola tumbuhan pusat merupakan semua sel yang hidup. Apabila sudah dewasa terdapat sebuah organel, namun dibatasi membran yang sangat besar, dan isinya cairan.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan penting dalam kelangsungan kehidupan tumbuhan. Fungsi utamanya memasukan air melalui tonoplas untuk membangun suatu turgor sel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -