Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruGerak Melingkar Beraturan Jadi Pembahasan Penting, Simak Ulasannya!

Gerak Melingkar Beraturan Jadi Pembahasan Penting, Simak Ulasannya!

Gerak melingkar beraturan (GMB), sudah pernahkah Anda mendengarnya? Sebelumnya, sudah pasti Anda pernah melihat berputarnya jarum jam bukan? Sudah pasti juga, Anda itu belajar tentang revolusi bumi terhadap matahari.

Sedangkan dalam pembelajaran sendiri, fenomena tersebut dalam ilmu fisika. Termasuk pada materi gerak melingkar beraturan.

Nah, perlu Anda ketahui bahwasannya gerak jarum jam maupun revolusi bumi terhadap matahari itu merupakan salah satu contoh fenomena GMB.

Sedangkan untuk GMB sendiri mempunyai pengertian gerak suatu benda pada lintasan lingkaran dengan mempunyai arah kecepatan berubah-ubah dan selalu tegak lurus terhadap arah percepatan tersebut. Meskipun GMB kecepatannya berubah, tetapi mempunyai laju tetap konstan.

Baca Juga: Sifat Lensa Cekung dalam Pembelajaran dengan Penjelasan Detail

Variabel dalam Gerak Melingkar Beraturan

GMB berbeda dengan GLB atau gerak lurus beraturan. Sebab, GMB sendiri mempunyai banyak variabel baru. Misalnya saja sudut putar, gaya sentripetal, percepatan sudut, besaran busur, dan yang sejenisnya.

Walaupun begitu, hanya beberapa saja yang masuk sebagai variabel perhitungan. Umumnya juga adalah kecepatan sudut rata-rata, kecepatan sudut, kecepatan linear, perpindahan sudut, periode, frekuensi, dan percepatan sudut.

Frekuensi dan Periode

Untuk komponen yang pertama dari gerak melingkar beraturan ada frekuensi dan periode. Ketika kita ulas tentang GMB, sudah pasti tidak bisa terlepas dari adanya lintasan lingkaran.

Dalam konteks ini, periode menjelaskan tentang waktu yang ditempuh benda guna melakukan satu kali putaran pada lintasan lingkaran tersebut secara penuh.

Untuk frekuensinya sendiri, menjelaskan tentang jumlah putaran yang dihasilkan sebuah benda pada waktu tertentu. Kemudian hubungan antara frekuensi dengan periode itu adalah saling keterbalikan. Apabila frekuensi besar, maka periodenya sudah pasti kecil. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Gerak Lurus Beraturan, Pengertian dan Perbedaannya Dengan GLBB

Kecepatan Linear

Ada juga kecepatan linear yang merupakan salah satu bagian dari gerak melingkar beraturan. Kecepatan linear ini nantinya akan menjelaskan tentang perbandingan antara panjang lintasan putar dengan selang waktu yang dibutuhkan saat menempuh lintasan tersebut. Alasannya adalah karena memang lintasan tersebut mempunyai bentuk melingkar.

Kecepatan Sudut

Kemudian ada kecepatan sudut. Dalam konteks GMB, kecepatan sudut ini akan menjelaskan mengenai perbandingan antara sudut pusat pada GMB dengan selang waktu yang ditempuh. Untuk satuan dari kecepatan sudut ini sendiri adalah rad/s.

Tidak hanya kecepatan sudut, melainkan percepatan sudut juga merupakan komponen yang penting pada gerak melingkar beraturan.

Percepatan sudut akan menjelaskan perihal perubahan kecepatan sudut pada setiap detiknya dalam satu putaran yang penuh. Sedangkan pada GMB laju linear, akan terjadi kepemilikan nilai konstan, namun juga mengalami percepatan.

Percepatan itu sendiri adalah percepatan sentripetal ataupun percepatan sudut dengan mempunyai satuan rad/s2. Dampak adanya percepatan sudut tersebut akan berpengaruh terhadap pembentukan gaya sentripetal itu sendiri.

Sedangkan sentripetal mempunyai pengertian sebagai tarikan yang mengarah menuju pusat lintasan. Sebab, adanya pergerakan dari benda yang mengelilingi lintasan.

Rumus GMB

Mengenai bagaimana rumusnya, setiap variabel tentu berbeda. Untuk mendapatkan jawaban apabila suatu hari Anda mendapatkan pertanyaan yang berkaitan dengan gerak melingkar beraturan ini, maka Anda harus mempelajari serta memperdalam materinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Mudah, Simak Penjelasan Ini

GMBB

Dalam pembahasan GMB, nantinya Anda juga akan menemukan tentang istilah GMBB atau gerak melingkar berubah beraturan. Demi menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, gerak tersebut merupakan gerak melingkar dengan percepatan sudut yang tetap.

Dalam gerakan ini juga terdapat percepatan tangensial. Nantinya juga akan menyinggung lintasan lingkaran. Dengan mengetahui pengertian GMBB, juga akan membantu Anda membedakan mana yang merupakan gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -