Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruGerhana Matahari 4 Desember 2021 Jadi Fenomena Langka Tutup Tahun

Gerhana Matahari 4 Desember 2021 Jadi Fenomena Langka Tutup Tahun

Gerhana matahari 4 Desember 2021 jadi fenomena penutup tahun ini. Menjadi gerhana yang ke-13 dari total 70 Seri Saros 152, terjadi secara total sehingga Bumi tidak mendapatkan sinar matahari.

Sudah bukan yang pertama kali peristiwa seperti ini terjadi, namun dengan selang waktu jauh. Sehingga kita tidak perlu terkejut lagi dari hal ini. Karena gerhana tidak berbahaya jika melihatnya secara tak langsung, namun menggunakan kacamata.

Karena terjadi pada akhir tahun, tentu saja seperti menutup tahun ini. Mungkin hingga saat ini belum semua orang mengalaminya sendiri.

Kesempatan untuk merasakannya tahun ini tinggal menghitung hari. Pada dua hari kedepan untuk beberapa daerah planet Bumi akan merasakan gerhana total ini.

Baca Juga: Jenis Gerhana Matahari dan Bagaimana Proses Terjadinya

Fenomena Gerhana Matahari 4 Desember 2021

LAPAN atau Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dengan BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional melansir pernyataan mengenai terjadinya gerhana total kali ini untuk daerah tertentu saja.

Fenomena kali ini menjadi yang terakhir tahun ini, setelah sebelumnya sempat juga terjadi pada beberapa tahun silam. Tepatnya pada 23 November 2003, lalu prediksinya akan terjadi pada beberapa puluh tahun kedepan.

Perkiraannya pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057. Fenomena kali ini cukup jadi sorotan karena selang waktu yang lama membuatnya tidak mudah kita temui.

Baca Juga: Bulannya Planet Jupiter, Sistem Jovian Bak Miniatur Tata Surya

Bisa Dinikmati di Beberapa Daerah

Dari perkiraan penelitiannya, mengungkap bahwa fenomena ini akan terjadi untuk beberapa daerah saja. Mulai pada 10.59 WIB untuk gerhana penuhnya sampai 12.30 WIB.

Lalu untuk penampakan maksimumnya pada pukul 13.03 WIB. Hingga pada pukul 15.07 WIB, kita bisa menyaksikannya. Tidak untuk semua wilayah, namun beberapa saja dan berlangsung cukup singkat

Untuk wilayah Antartika akan terkena umbra Bulan pada pukul 07.03 sampai 08.04 Universal Time. Dengan durasi singkat kurang lebih 90 hingga 116 detik secara totalnya. Satu menit lebih yang akan berharga untuk menangkap fenomena langka ini.

Daerah lain yang akan menikmati gerhana matahari 4 Desember 2021 ini seperti Australia bagian Selatan, Republik Afrika Selatan, Tasmania, Teritori Ibukota Australia, beberapa Kepulauan Malvinas, dan Tierra del Fuego. Wilayah ini akan dilewati gerhana sebagian.

Baca Juga: Planet Ekstrasurya TOI-2109b, Rekor Gas Terpanas dan Orbit Cepat

NASA Siarkan Langsung

Karena menjadi fenomena yang sangat berharga, maka Badan Antariksa Internasional akan menayangkannya. Menggunakan platform kanal YouTube mereka secara langsung pada pukul 13.30 WIB.

Jadi jika Anda penasaran akan fenomena yang langka ini, bisa segera menyaksikannya. Karena tidak harus ke daerah yang bisa menyaksikannya dan menggunakan kacamata khusus.

Hanya perlu perangkat smartphone dan jaringan internet lancar. Kita bisa nonton bersama satu menit berharga dari penampakan kali ini.

Gerhana matahari 4 Desember 2021 tentu menjadi tungguan berbagai pihak. Tidak hanya karena selang waktunya yang lama, namun juga cukup langka. (R10/HR-Online)

- Advertisment -