Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruGugus Fungsi Keton dalam Pembelajaran, Berikut Penjelasan Detailnya

Gugus Fungsi Keton dalam Pembelajaran, Berikut Penjelasan Detailnya

Gugus fungsi keton mungkin masih terdengar asing jika kita dengarkan. Akan tetapi, senyawa ini sangat dekat dalam kehidupan kita. Apalagi bagi para remaja putri yang umumnya lebih senang menggunakan cat kuku.

Misalnya saja ketika Anda ingin menggunakan kutek ungu karena sudah bosan. Kemudian Anda ingin menggantinya dengan warna maroon.

Untuk mengganti warna tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus warna sebelumnya. Nah supaya bersih, Anda harus menggunakan aseton. Aseton sendiri merupakan salah satu contoh senyawa keton.

Baca Juga: Sifat Fisika dan Kimia Keton, Kenali Manfaatnya untuk Kehidupan

Pengertian dari Gugus Fungsi Keton

Tahukah Anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan keton? Karena masih banyak orang yang belum mengetahui senyawa yang satu ini, untuk menambah ilmu pengetahuan kita tidak ada salahnya jika mengupas tuntas tentangnya.

Perlu Anda ketahui bahwasanya gugus fungsi keton merupakan senyawa organik yang identik dengan gugus karbonil. Dalam senyawa turunan alkana juga terikat dua atom karbon.

Atom karbon yang ikatannya adalah gugus karbonil bernama karbon a. Sedangkan untuk atom hidrogen bernama hidrogen a.

Lalu ada katalis asam, keton tautomeri keto-enol. Pada reaksi yang menggunakan basa, keton ini akan menjadi enolat.

Kemudian gugus karbonilnya bersifat polar sehingga keton menjabat sebagai senyawa polar. Senyawa itu sendiri nantinya juga bisa larut dalam air.

Baca Juga: Senyawa Turunan Alkana Dengan Berbagai Gugus Fungsi yang Berbeda

Gugus Fungsi dan Rumus Umum

Alkanon atau yang biasa disebut dengan senyawa keton mempunyai rumus umum CnH2nO. Untuk rumus umum dari keton sama dengan rumus umum pada aldehida. Sedangkan perbedaan keton dengan aldehida bisa kita lihat pada gugus fungsinya.

Kemudian untuk gugus fungsi keton, secara sederhana ditulis dengan R- CO- R’. Huruf R berupa rantai alkil. Sedangkan berikut ini beberapa senyawa keton dari yang paling sederhana sampai senyawa keton dengan jumlah atom C 10.

CH3-CO-CH3 untuk propanon

CH3-CH2-CO-CH3 sebagai rumus butanon

CH3-CH2-CH2-CO-CH3 untuk 2-pentanon

2-heksanon mempunyai rumus CH3-CH2-CH2-CH2-CO-CH3

Kemudian untuk 2-oktanon adalah CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CO-CH3

Berbeda lagi dengan rumus 2-dekanon adalah CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CO-CH3.

Mungkin setelah Anda melihat beberapa contoh senyawa keton tersebut, terdapat hal yang menurut Anda unik.

Angka 2 yang letaknya di awal sebagai tanda bahwa gugus fungsi keton -CO- letaknya adalah pada atom C nomor dua serta masih bisa berpindah ke atom C lainnya dengan nomor berbeda.

Baca Juga: Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan

Sifat-Sifat

Setelah mengetahui rumus umum serta gugus fungsi keton, tidak ada salahnya apabila kita juga mengetahui bagaimana sifat-sifat keton senyawa tersebut. Jika keton polar, larut dalam air.

Ketahuilah bahwa gugus fungsi keton tidak akan membentuk ikatan hidrogen dengan sendirinya. Selain itu, juga akan lebih mudah untuk menguap daripada alkohol dan asam karboksilat.

Perlu Anda ketahui juga tentang bagaimana pembuatan senyawa keton itu sendiri. Keton terbuat dengan mengoksidasi alkohol sekunder dengan oksidator. Kemudian kapan juga bisa dibuat dari reaksi asil klorida menggunakan senyawa argo litium.

Bukan hanya itu, gugus senyawa keton ini juga bisa dihasilkan hidrolisis halida gem. Tetapi, pada reaksi Nef, senyawa ini terbentuk dari hidrolisis garam serta senyawa nitro. Untuk apa saja fungsi senyawa tersebut?

Fungsi

Salah satunya adalah untuk menstabilkan ramuan seperti halnya parfum serta cat. Dengan demikian, nantinya juga tidak akan gradasi dengan cepat.

Fungsi lainnya adalah sebagai pelarut serta zat antara industri kimia. Gugus fungsi keton ini juga biasanya sebagai pelarut lilin, plastik, dan sirlak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -