Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruHadis Surga di Telapak Kaki Ibu yang Perlu Anda Ketahui

Hadis Surga di Telapak Kaki Ibu yang Perlu Anda Ketahui

Hadis surga di telapak kaki ibu? Pernahkah Anda mendengarnya? Sudah pernahkah Anda menghafalkannya? Tahukah Anda apa maksud dari hadis tersebut?

Mungkin dengan adanya hadis surga di telapak kaki ibu tersebut, juga membuat kita menggunakan logika supaya bisa menjawabnya.

Bukan tidak mungkin juga bagi mereka yang masih sangat awam dengan hal ini, mengatakan tidak akan mungkin. Karena yang berada di pikiran mereka, itu kan hanya sebatas kaki saja.

Lantas di mana letak surganya? Bukankah pada bagian kaki itu hanya terdapat mata kaki, tulang-tulang, serta jari kaki.

Memang benar demikian. Karena secara kasat mata, kata surga tersebut memang tidak bisa kita temukan pada kaki ibu kita.

Ketahuilah, sebenarnya pemikiran yang seperti itu adalah pemikiran salah. Sebab, Islam sendiri sudah turun tangan mengenai hadis yang satu ini.

Memang ketika kita mengamati kaki, yang akan kita temukan mata kaki dan jari-jari kaki saja. Sampai kapanpun, kaki tersebut tidak terdapat surga.

baca juga: Amalan Sebelum Subuh, Penyebab Allah Bangunkan Rumah di Surga

Pahami Hadis Surga di Telapak Kaki Ibu dalam Islam

Hadis merupakan sumber kedua kedudukannya setelah Al-Qur’an. Apabila dalam Al-Qur’an kita tidak bisa menemukan jawaban, kita bisa lari ke hadis-hadis dari Rasulullah SAW, termasuk pernyataan surga di telapak kaki ibu.

Ketika kita harus membahas hal-hal yang bersinggungan dengan orang tua, pasti tidak akan ada habisnya. Terlebih lagi bagi sosok ibu.

Yakin, tidak akan ujungnya membahas sosok spesial, berharga, dan istimewa ini. Kunci kehidupan kita berada di tangannya. Sukses atau tidaknya kita tergantung doanya.

Perempuan terbaik yang menjadi tempat kehidupan pertama kita. Harus mengandung selama 9 bulan 10 hari.

Ketika hamil harus tersiksa dengan ngidam yang menjadi-jadi, kerap buang air kecil, dan tidak bisa tidur. Harus membawa anak dalam kandungannya kemanapun hendak pergi meski sudah hamil besar.

Miring kanan, kiri, maupun telentang tidak ada posisi yang enak ketika kandungan besar. Tengkurap tidak bisa. Itulah ibu yang selama ada dan terus mendampingi kita. Mendukung dengan sokongan terbaik.

Bukan hanya itu saja, ketika saatnya tiba untuk persalinan, sosok ibu ini harus ikhlas. Ikhlas apabila nanti harus meninggal setelah berjuang habis-habisan melahirkan anaknya.

Karena dalam kehidupan kita sekarang, bukan hal yang tidak mungkin apabila seorang ibu meninggal setelah melahirkan.

Ketahuilah wahai anak-anak bahwasannya setelah melahirkan, ibu juga akan merasakan sakitnya bagian tubuh yang harus dijahit. Karena sudah menjadi tempat sang buah hati keluar.

Tidak berhenti di situ saja. Kehadiran buah hati juga membuat ibu harus begadang. Siap siaga kapanpun kita membutuhkan peluk hangat dan ASI.

Menyusui pun bukan hanya satu, dua, ataupun tiga kali, melainkan selama 2 tahun. Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Baqarah ayat 233.

Adanya firman Allah tersebut juga menjadi perintah serta peringatan kepada kita bahwasannya seorang ibu harus menyusui anaknya dalam waktu 2 tahun.

baca juga: Nama Surga dan Penghuninya, Penyebab Semangat dalam Beribadah

Lafadz Hadis

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana lafadz dari hadis surga di telapak kaki ibu, tidak perlu khawatir. Sebab, lafadznya sangatlah mudah, yakni:

“Aljannatu tahta aqdamil-ummahat”

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwasannya dari Annas bin Malik ra, Rasulullah SAW telah bersabda. Dalam hadis ini, tertuang sungguh surga itu di bawah telapak kaki ibu.

Akan tetapi, hadis ini diriwayatkan oleh Imam Abu asy-Syaikh al-Ashbahani rahimahullah, di Thabaqatul Muhadditsina bi-Ashbahan (3/568), al-Qudha-‘i dalam Musnad asy-Syihab (1/102) dan ad-Daulabi pada al-Kuna wal Asma’ (no. 1440).

baca juga: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Makna Hadis

Dengan apa yang sudah ibu kita lakukan untuk anak-anaknya, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk taat serta hormat kepadanya.

Ketika hendak melawan, ingat melahirkan kita saja sudah taruhan nyawa. Jangan berpikir dua kali untuk menaati apa yang ibu kita suruh.

Ingat, dari hadis tersebut, jika kita bisa menjadi anak yang saleh dan salihah, taat kepada ibu dan ayah, maka surga yang akan menjadi jaminannya.

Tidak akan rugi jika kita taat kepada ibu. Sebab, doanya akan lebih Allah utamakan. Doa ibu itu sangat mustajab. Sukses yang seperti apa Anda inginkan, maka baktilah kepada ibu.

Sukses untuk dunia atau akhirat, semua bisa kita raih dengan doa ibu. Oleh sebab itu, hadis surga di telapak kaki ibu tersebut akan menjadi jaminan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -