Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisHarga Daging Ayam Naik, Pedagang Pasar Ciamis Mengeluh Sepi Pembeli

Harga Daging Ayam Naik, Pedagang Pasar Ciamis Mengeluh Sepi Pembeli

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Harga daging ayam di Pasar Manis Ciamis naik menjelang natal dan tahun baru. Hal ini membuat para pedagang mengeluh akibat sepi pembeli.

Salah satu pedagang daging ayam Heryana mengatakan harga daging ayam Rp 40 ribu per kilogramnya dari sebelumnya hanya Rp 36 ribu.

“Iya naik, baru tiga hari kenaikannya. Ada yang jual Rp 39 ribu ada juga Rp 40 ribu per kilogramnya,” ujarnya Jumat (10/12/2021) kepada HR Online.

Menurutnya, harga daging ayam naik karena menjelang libur natal dan tahun baru. Kondisi ini sering terjadi setiap tahun ketika menghadapi hari besar. Selain itu, persediaan daging ayam pun kini sedikit.

“Harga pakan naik juga katanya, jadi harga ayam juga ikut naik. Terlebih ini akhir tahun dan libur natal,” tuturnya.

Baca Juga: Harga Cabai Jelang Nataru di Pasar Ciamis Makin Pedas

Heryana mengaku dengan naiknya harga daging ayam ini omset menjadi turun. Ia hanya mampu menjual sebanyak 30 kilogram setiap harinya.

“Kalau harga normal biasanya 50-60 kilogram setiap harinya. Jadi turun kurung lebih setengahnya,” ucapnya.

Menurut Heryan, sepinya pembeli karena banyak peternak yang jug menjual ayam dengan porsi kecil kepada masyarakat.

“Iya banyak peternak yang jual ayamnya dari kandang dengan porsi kecil, bahkan melayani pembeliaan satu ekor. Selain itu harganya juga murah, jadi pembeli lebih banyak beli langsung ke peternak dari pada ke pasar,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu Pedagang Daging Sapi Andi mengatakan harga daging sapi saat ini tidak ada kenaikan harga. Masih stabil yakni Rp 130 ribu per kilogramnya.

“Harga masih normal, tapi tidak tahu nanti. Biasanya suka naik kalau jelang natal dan tahun baru. Tapi mudah-mudahan saja tidak,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -