Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaTeknologiSmartphoneHasil Riset OpenSignal Rilis, Telkomsel Unggul dalam Beberapa Kategori

Hasil Riset OpenSignal Rilis, Telkomsel Unggul dalam Beberapa Kategori

Hasil riset OpenSignal terkait dengan pengalaman jaringan seluler Indonesia di lima jaringan yang ada akhirnya resmi rilis.

Melalui laporan terbarunya, perusahaan analitik seluler OpenSignal memberikan gambaran kinerja akses jaringan atau internet dari keseluruhan operator seluler di Indonesia dalam periode akhir tahun.

Laporan tersebut memotret pengalaman para pengguna internet mulai dari bermain game hingga video streaming.

Dalam sebuah laporan menganalisis adanya pengalaman penggunaan jaringan 4G di berbagai keperluan. Hal ini melibatkan perkembangan jaringan 5G di dalam negeri.

Baca Juga: Telkomsel IoT Sphere, Perlindungan Ancaman Siber Aset Perusahaan

Inilah Hasil Riset OpenSignal

Pada Januari 2021 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia berhasil mencapai angka 200 juta. Hal ini berdasarkan hasil riset Hootsuite dan We Are Social.

Lalu diperkuat dengan Indonesia sebagai pasar yang mobile first dengan 195,3 juta atau sekitar 96,4% dari total pengguna telah mengakses internet melalui ponsel.

Baik dengan menggunakan jaringan seluler ataupun jaringan wifi. Mungkin secara umum, pengguna akan lebih memilih wifi dengan berbagai alasan.

Namun yang paling utama pada umumnya adalah untuk menghemat kuota data, akan tetapi tidak jarang terdapat alasan bahwa WiFi menawarkan kecepatan download lebih tinggi dibandingkan 4G.

Berdasarkan hasil riset Opensignal menunjukkan hasil yang berbeda. Pada skala nasional, rata-rata kecepatan download yang pengguna peroleh melalui jaringan 4G mencapai angka 15,1 Mbps.

Ini sekitar 25% lebih tinggi daripada yang diperoleh dengan menggunakan jaringan wifi yakni 12 Mbps, baik pada jaringan publik maupun pribadi.

Baca Juga: Transfer Paket Data Telkomsel Dengan Praktis Tanpa Aplikasi

Hasil Risel OpenSignal Terkini, Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, OpenSignal telah merilis laporan terbaru terkait pengalaman jaringan seluler Indonesia untuk lima jaringan nasional, baik secara nasional maupun regional.

Kelima jaringan tersebut antara lain Indosat Ooredoo, XL Axiata, Telkomsel, Smartfren, dan 3 Indonesia. Dari hasil temuan riset OpenSignal mengungkapkan bahwa Telkomsel tetap menjadi operator yang dominan di Indonesia.

Analis teknis OpenSignal, Hardik Khatri menyebutkan dalam kategori pengalaman video, skor terbesar dipegang oleh Telkomsel dengan jumlah poin yakni 62,7 dalam skala 0-100. Sedangkan untuk posisi kedua adalah Tri dengan poin 6,17.

Selanjutnya pada posisi ketiga dalam Indosat dengan skor 59,9, keempat XL 57,3 poin dan yang terakhir adalah Smartfren 40,1 poin.

Dalam kategori ini, OpenSignal melakukan pengukuran kualitas streaming video dengan tujuan untuk mencerminkan pengalaman nyata bagi pengguna. Perhitungan mempresentasikan kecepatan jeda, kualitas gambar, hingga waktu pembuatan video.

Dengan demikian, melalui hasil riset OpenSignal tersebut dapat kita simpulkan bahwa Telkomsel mampu memberikan pengalaman streaming video seluler dengan kualitas terbaik apabila kita bandingkan operator lainnya di Indonesia.

Selain unggul dalam kategori pengalaman video, Telkomsel unggul dalam beberapa kategori. Mulai dari pengalaman video, pengalaman kecepatan unggahan, cakupan 4G, serta kecepatan unduhan.

Baca Juga: 3 Operator 5G, Tampilkan Teknologi Berbeda

3 Indonesia Unggul dalam Pengalaman Game

Untuk hasil riset OpenSignal berikutnya menyebutkan bahwa 3 Indonesia unggul dalam kategori pengalaman bermain game. Dalam hal ini, 3 memperoleh skor 69,4 poin lebih unggul dari operator lainnya.

Telkomsel berada pada posisi kedua dengan mengusung jumlah skor 57,6. Sedangkan untuk posisi selanjutnya, ketiga dan keempat ada Indosat serta XL masing-masing memiliki poin 55,6 dan 53,2. Untuk yang terakhir Smartfren dengan poin 49,7.

Dalam kategori game ini, OpenSignal melakukan pengukuran pengalaman bermain game seluler multiplayer pada seluruh jaringan seller.

Dari hasil risel OpenSignal, skor 3 menempati kategori cukup. Sedangkan untuk sebagian besar pengguna pada jaringannya mempunyai pengalaman rata-rata.

Untuk skor lebih rendah, memiliki pengalaman bermain game yang kurang menyenangkan. Hal ini karena adanya peningkatan pendanaan lag serta kurang kontrol dalam gameplay.

Selain unggul dalam pengalaman bermain game, 3 Indonesia juga unggul pada pengalaman aplikasi suara. Kategori ini melakukan pengukuran kualitas pengalaman suara untuk beberapa jenis aplikasi.

Mulai dari Skype, Facebook Messenger, dan WhatsApp. Penghitungan ini menerapkan model yang turun dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU).

Meskipun selalu tertinggal dalam beberapa kategori, hasil riset OpenSignal menunjukkan bahwa Smartfren berjaya dalam kategori ketersediaan 4G.

Smartfren adalah satu-satunya operator di Indonesia yang memiliki ketersediaan jaringan 4G. Hal ini dengan melebihi batas 95%. Sedangkan untuk cakupan 4G, Telkomsel masih berada pada posisi pertama.

Dengan kata lain, hasil riset OpenSignal menunjukkan bahwa para pengguna Telkomsel dapat menemukan sinyal 4G di banyak lokasi apabila kita bandingkan dengan pengguna operator lain. (R10/HR-Online)

- Advertisment -