Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHotspot iPhone Tidak Muncul di Perangkat, Berikut Solusinya!

Hotspot iPhone Tidak Muncul di Perangkat, Berikut Solusinya!

Hotspot iPhone tidak muncul sebenarnya merupakan salah satu masalah yang cukup sederhana dan sangat mungkin terjadi pada perangkat iOS.

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan hilangnya pengaturan personal hotspot tethering pada perangkat iPhone mereka. Terutama pada iOS versi terbaru.

Bagi yang belum terlalu memahaminya, tentu akan merasa kaget dengan kondisi ini. Namun ternyata masalah ini dapat terjadi karena pengaturan jaringan seluler yang kurang tepat.

Bisa juga karena ada yang hilang setelah update iOS atau saat mengganti kartu SIM. Karena hal ini, maka akan muncul keterangan to enable personal hotspot on this account contact carrier atau hubungi carrier.

Baca Juga: Menghidupkan Hotspot di iPhone, Solusi Berbagi Data ke Perangkat Lain

Cara Mudah Mengatasi Hotspot iPhone Tidak Muncul

Tethering adalah proses menghubungkan dari satu perangkat ke perangkat lain, ini berlaku pula pada perangkat iPhone.

Namun khusus untuk perangkat iPhone, tethering lebih dikenal dengan nama hotspot pribadi. Dengan aktifkan hotspot pada perangkat iPhone, maka para pengguna bisa berbagi koneksi internetnya ke perangkat lain.

Baik pada perangkat HP lain, PC, atau lainnya yang sudah tersedia fitur wi-fi. Pada saat keadaan darurat, layanan hotspot pribadi memiliki peran penting saat diaktifkan.

Oleh karena itu, jangan sampai fitur personal hotspot Anda hilang. Jika hotspot iPhone tidak muncul, maka Anda harus mengetahui cara mengatasinya.

Adapun beberapa tips untuk memunculkan hotspot iPhone yang hilang antara lain:

Reset Jaringan

Cara mudah untuk mengatasi masalah hotspot iPhone yang tidak muncul adalah dengan melakukan riset jaringan.

Dalam hal ini, semua pengaturan yang berkaitan dengan jaringan nantinya diatur ulang seperti semula. Para pengguna hanya perlu masuk ke dalam menu Pengaturan.

Kemudian melakukan reset pada jaringan supaya keseluruhan komponen yang berhubungan dengan jaringan seluler dapat kembali ke settingan awal. Caranya dengan buka menu Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

Saat melakukan reset jaringan iPhone, Anda tidak perlu cemas dengan data-data yang ada dalam perangkat. Pasalnya, reset pengaturan jaringan iPhone tidak akan menghapus semua data pada iPhone.

Baca Juga: Cara Memperbesar Papan Ketik iPhone Mudah, Mengetik Lebih Nyaman

Setting Jaringan Data Seluler

Apabila dengan reset jaringan, hotspot iPhone tetap tidak muncul, maka Anda dapat melakukan cara yang kedua yakni setting jaringan data seluler.

Cara ini sebenarnya tidak kalah simpel dengan riset jaringan. Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan setting jaringan data seluler:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan
  2. Pilih Seluler
  3. Kemudian pilih Data Seluler
  4. Lalu pilih Jaringan Data Seluler
  5. Masukkan Set Up

Isi dan Samakan APN

Cara lain untuk mengatasi masalah hotspot iPhone tidak muncul adalah dengan mengisi serta menyamakan isi dari setting AP. Ini dapat Anda lakukan pada kolom APN cellular data serta kolom APN personal Hotspot.

Langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk tips ini adalah buka Pengaturan (Settings) > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network.

Selanjutnya Anda cukup mengisi dan samakan saja APN pada cellular data serta personal hotspot. Kemudian Anda tinggal back, maka personal hotspot akan muncul serta siap Anda gunakan.

Penting Anda perhatikan, untuk setting APN, maka setiap operator seluler berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan browsing atau cukup menghubungi operator seluler untuk informasi lebih lanjut terkait setting APN seluler pada iPhone.

Baca Juga: Rekam Suara Internal dan Eksternal Android Dengan Mudah

Solusi Hotspot iPhone Tidak Muncul dengan Install Ulang iDevice

Solusi lain untuk mengatasi hotspot iPhone menghilang adalah dengan install iOS versi terbaru. Anda dapat install langsung melalui Over The Air (OTA).

Dengan kata lain, Anda dapat melakukan install langsung melalui iPhone menggunakan WiFi atau metode restore melalui iTunes.

Mengupdate iOS melalui OTA adalah cara yang cukup simple. Dengan buka menu Setting, kemudian pilih General. Lalu pilih Software Updates. Selanjutnya Anda dapat download dan install.

Cukup mudah bukan cara untuk mengatasi masalah hotspot iPhone tidak muncul? Dengan cara di atas, maka iPhone sudah bisa Anda gunakan untuk tethering ke perangkat lain.

Namun sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan hotspot di iPhone. Pasalnya, ini akan menyebabkan iPhone cepat panas serta lebih cepat menghabiskan baterai. (R10/HR-Online)

- Advertisment -