Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita BisnisIde Usaha Kuliner Modal Kecil Kurang Dari Rp 100 Ribu Saja

Ide Usaha Kuliner Modal Kecil Kurang Dari Rp 100 Ribu Saja

Ide usaha kuliner modal kecil cocok untuk pemula yang dananya terbatas. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih. Bahkan hanya dengan modal kurang dari Rp 100 ribu saja Anda sudah bisa mulai menjalankan usaha sendiri yang menjanjikan.

Semakin hari teknologi berkembang semakin canggih. Salah satu keuntungan perkembangan teknologi yang semakin canggih adalah memungkinkan seseorang terhubung dengan orang lainnya dengan cara lebih efektif.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Katering, Pilih Prasmanan atau Nasi Kotak?

Kemudahan ini pula yang telah melahirkan banyak pengusaha, terutama pengusaha kuliner baru. Hal ini karena saat ini membuka bisnis makanan jauh lebih murah dan lebih mudah daripada zaman dahulu.

Saat ini untuk membuka usaha kuliner sudah tidak lagi wajib memiliki bangunan fisik yang khusus untuk bisnis anda karena layanan semacam Gofood dan Grabfood memungkinkan seseorang membuka usaha kulinernya dari rumah.

Pilihan Ide Usaha Kuliner Modal Kecil

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis makanan namun modal sangat terbatas ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa ide usaha kuliner modal kecil yang sangat potensial anda kembangkan.

Roti Bakar

Bisnis yang satu ini dapat kita jalankan sesuai dengan modal yang Anda miliki. Bentuk usaha ini juga ada beberapa yang bisa Anda pilih. Baik dengan cara menitipkan produk ke warung yang ada maupun dengan menjualnya sendiri.

Begitu juga untuk teknik berjualannya bisa dengan cara berkeliling maupun dengan menggelar lapak dengan memilih lokasi tertentu. Anda bisa memilih lokasi untuk berjualan di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain.

Namun jika modal anda sangat terbatas atau lokasi rumah cukup strategis, Anda bisa mencoba berjualan dari rumah. Untuk teknik pembuatan roti bakar bisa Anda pelajari dari internet ataupun belajar dari teman yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula Modal Kecil Agar Berhasil

Minuman Dingin

Alternatif ide usaha kuliner modal kecil kurang dari Rp 100 ribu yang juga menarik adalah berjualan minuman dingin. Ada banyak jenis minuman yang bisa Anda pilih, seperti jus, es teh, puding, ice cream, dan lainnya.

Potensi usaha ini cukup menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas. Baik anak-anak, remaja, hingga orang tua banyak yang menyukainya. Namun agar juaannya laris manis sebaiknya lakukan saat musim kemarau.

Cemilan Gorengan

Gorengan merupakan makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu menjadi kegemaran banyak orang. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam dengan harga yang cukup murah.

Begitu juga untuk membuatnya juga mudah. Namun untuk memberikan keunikan yang menjadi brand usaha, anda bisa memilih satu jenis bahan saja. Misalnya pisang, tape atau singkong.

Tahu Bakso

Bakso tahu biasanya kita sajikan dalam satu porsi bakso. Namun tahu bakso juga bisa Anda jual menjadi produk terpisah yang mandiri tanpa perlu kuah.

Karena itu ide usaha kuliner modal kecil sangat cocok sebagai alternatif. Apalagi produk ini lebih mudah membuatnya dan bisa kita pasarkan tanpa perlu memiliki warung bakso sendiri.

Ayam Bakar

Mirip dengan pepes, ayam bakar adalah makanan khas Indonesia. Memang makanan ini sudah banyak tersedia di warung-warung dan mendapatkannya juga sangat mudah.

Namun apabila anda menambah keunikan tersendiri untuk produk anda, siapa tahu akan mendapat tempat tersendiri bagi pelanggan. Toh banyak juga produk umum yang jadi trend hanya dengan menambah keunikan tersendiri.

Kue Kering

Pilihan produk lainnya yang bisa menjadi ide usaha kuliner modal kecil yang menjanjikan adalah usaha kue kering. Brand-brand besar saat ini mempunyai banyak reseller yang berjualan tanpa perlu punya toko khusus.

Ini memberikan peluang bagi anda untuk memasarkan produk ini. Anda bisa menjualnya sebagai reseller atau dengan membuat merek sendiri. Usaha ini juga tidak memerlukan bangunan fisik melainkan cukup dari rumah.

Agar produk anda mendapat pelanggan loyal tentunya anda wajib menambahkan keunikan yang tidak ada pada produk lain yang sejenis. Minimal dalam radius beberapa kilometer dari lokasi anda membuka usaha.

Aneka Pepes

Makanan pepes merupakan olahan makanan tradisional yang sangat populer. Makanan yang untuk lauk pauk ini bukan hanya pada daerah tertentu saja, seperti Sunda, namun juga terkenal bagi banyak daerah lainnya.

Baca Juga: Membangun Usaha Modal 5 Juta, Bisnis Makanan Paling Menjanjikan

Menu pepes tak selalu berupa ikan namun juga bisa kita buat dari beraneka bahan, seperti ayam, udang, tahu, dan lainnya. Ciri khas pepes adalah makanan yang kita bungkus dengan daun pisang, kemudian memanggang atau mengukus.

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, Anda dapat menjual pepes dengan rasa yang enak dan penyajian yang lebih menarik. Sebagai lauk tentunya soal asa harus kita utamakan yang akan membuat konsumen akan selalu datang kembali.

Demikian beberapa ide usaha kuliner modal kecil kurang dari Rp 100 ribu yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk mempromosikan produk jualan Anda sehingga produk kuliner anda banyak orang yang mengenalnya. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -