Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Deposito Berjangka, Berikut Sejumlah Manfaat dan Keuntungannya!

Investasi Deposito Berjangka, Berikut Sejumlah Manfaat dan Keuntungannya!

Investasi deposito berjangka merupakan salah satu jenis produk yang telah ditawarkan oleh pihak bank kepada para nasabahnya.

Itu artinya, dana milik para nasabah akan tersimpan dalam deposito dan sudah terjamin pula oleh pemerintahan melalui LPS.

Seperti namanya, jenis deposito yang satu ini bisa Anda tarik sesuka hati atau keinginan masing-masing. Akan tetapi, hanya bisa kita tarik setelah jangka waktunya benar-benar sudah berakhir. Lalu apa saja keuntungannya?

Baca Juga: Perbedaan Deposito dan Tabungan Dalam Dunia Investasi

Mengenal Investasi Deposito Berjangka dan Keuntungannya

Anda tentunya sudah memiliki tabungan di bank, bahkan sebagian besar orang pada umumnya memiliki lebih dari satu jenis rekening.

Pasalnya, memiliki lebih dari satu rekening di suatu bank bertujuan untuk mengatur uang, mulai dari membayar cicilan hingga keperluan keseharian.

Jika berbicara mengenai perencanaan keuangan berjangka, saat ini sudah ada banyak produk bank yang mampu menawarkan tabungan dalam jangka panjang.

Sebut saja deposito yang merupakan produk perbankan. Tugas nasabah adalah menyetorkan uang untuk kemudian tersimpan di bank.

Nah, uang yang tersimpan dalam bank tidak bisa kita ambil dalam kurun waktu 1 hingga 10 tahunan. Meski demikian, akan ada banyak keuntungan deposito berjangka yang bisa Anda peroleh, seperti tingkat suku bunga bank lebih tinggi.

Baca Juga: Saham Core Stock Cocok untuk Investasi Jangka Panjang, Simak Tipsnya

Memiliki Banyak Fungsi

Melakukan investasi deposito berjangka, tentunya akan memiliki fungsi utama, seperti fungsi eksternal dan fungsi internal.

Dari segi eksternal, maka fungsi dari deposito ini berhubungan dengan fungsi yang ada di luar bank, yakni untuk lembaga bidang jasa dan memudahkan arus pembayaran.

Harapannya lembaga perbankan dapat memberi kontribusi pada level yang sangat tinggi untuk perekonomian. Baik itu dalam skala nasional maupun internasional.

Selanjutnya secara internal, ini adalah fungsi deposito guna mendukung semua aktivitas operasional di dalam bank. Selain itu, produk ini termasuk juga sebagai sumber utamanya modal bank dan menjaga posisi likuiditas bank.

Baca Juga: Strategi Manajer Investasi yang Benar dan Sejumlah Tahapannya

Manfaat dan Keuntungan

Saat melakukan investasi deposito berjangka di bank, maka Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat yang sangat banyak.

Misalnya saja tabungan akan lebih aman dan tentunya tidak mudah untuk Anda ambil sebelum kurun waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan dari deposito berjangka yakni berupa suku bunga yang lebih tinggi. Daripada suku bunga tabungan biasa, rupanya nilai suku bunga dalam deposito berjangka ini terhitung lebih tinggi.

Tidak hanya itu, juga memiliki tingkat risiko yang cukup rendah sehingga investasi ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Keuntungan lain adalah perolehan pendapatan per tenor akan sesuai dengan besaran yang telah disepakati antara bank dan nasabah.

Melakukan investasi deposito berjangka seperti ini juga lebih mudah daripada instrumen investasi yang lain dan bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini karena deposito mampu memberikan banyak pilihan mata uang asing yang dapat Anda investasikan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -