Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisIzin Mendagri Soal Pilkades Serentak Ciamis Tahun 2022 Belum Keluar?

Izin Mendagri Soal Pilkades Serentak Ciamis Tahun 2022 Belum Keluar?

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal Pilkades Serentak Ciamis tahun 2022 belum keluar, hal itu disesalkan DPRD Ciamis.

Meski begitu saat ini tahapan Pilkades serentak Ciamis sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 20 Desember 2021 yakni pelantikan panitia di masing-masing Desa.

Tahapan pilkades serentak tahun 2022 tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Ciamis nomor 141.1./Kpts.702-Huk/2021.

Berdasarkan SK tersebut, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak dilaksanakan tanggal 27 Maret 2022.

Anggota Komisi A DPRD Ciamis Jaenal Arifin berharap izin Mendagri soal Pilkades serentak Ciamis tahun 2022 segera keluar.

Pihaknya tidak ingin terjadi kasus seperti Pilkades serentak tahun 2020, dimana Pilkades saat itu ditunda sampai dengan 3 kali. Padahal saat itu semua tahapan sudah mulai dilaksanakan.

“Jadi harus keluar dulu izin Mendagrinya, agar jelas pelaksanaan Pilkades di Ciamis itu betul-betul tanggal 27 Maret 2022,” ujar Jaenal Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Pilkades Serentak Ciamis Digelar 27 Maret 2022, Berikut Tahapannya!

Saat ini kata dia, usulan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022 di Ciamis sudah diserahkan Pemkab Ciamis ke Kemendagri.

“Kami berharap segera keluar izin dari Mendagri itu, agar Pilkades bisa dilaksanakan tepat waktu dan tidak terjadi kekosongan Kades yang lama,” jelas anggota Fraksi PDIP ini.

Ketua Komisi A DPRD Ciamis Ade Amran menambahkan, anggaran pelaksanaan Pilkades serentak Ciamis tahun 2022 senilai Rp 4 miliar.

“4 miliar itu merupakan bantuan keuangan (bankeu) untuk 76 Desa di Kabupaten Ciamis yang akan melaksanakan Pilkades,” ungkap Ade.

Lanjutnya, anggaran Pilkades serentak tahun ini cukup besar lantaran beberapa hal, salah satunya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus disebar.

“Jadi TPS saat Pilkades nanti tidak boleh terpusat di satu tempat, tapi harus menyebar misalnya di setiap Dusun ada TPS,” kata politisi PKS Ciamis ini.

Pola penyebaran TPS ini dalam upaya meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dan keamanan lebih terkontrol.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 di Ciamis lancar,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -