Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita JabarJabar dan Aceh Kerja Sama Kembangkan Potensi Daerah

Jabar dan Aceh Kerja Sama Kembangkan Potensi Daerah

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Provinsi Jabar dan Aceh Jalin kerja sama dalam kembangkan potensi daerah serta tingkatkan pelayanan publik. Kerja sama antar provinsi ini merupakan yang pertama kali.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani nota kesepakatan dengan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Dilaksanakan di Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan dalam kesepakatan itu ada 12 sektor kerja sama. Semuanya fokus untuk peningkatan ekonomi, mengingat pandemi saat ini mulai mereda.

“Sudah saatnya tingkatkan level kerja sama pada sektor ekonomi. Pandemi sudah surut maka ekonomi harus bangkit,” ujar Ridwan Kamil.

Hal paling kongkrit dalam kerja sama Jabar dan Aceh adalah hak daerah dalam pengelolaan energi. Tujuan pengelolaan energi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh. Ridwan Kamil sendiri adalah Ketua ADPMET (Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan).

“Potensi energi sangar besar sekali, sehingga berbanding lurus dengan kesejahteraan warga Aceh,” terangnya.

Dalam kerja sama energi ini, Ridwan Kamil melibatkan dua badan usaha. Yakni PT Pembangunan Aceh dan PT Migas Hulu Jabar.

Selain itu, Ridwan Kamil pun menawarkan potensi kerja salah lain yakni investasi sektor pariwisata. Potensi ini dapat dilihat dari jumlah penduduk Jabar yang hampir 50 juta jiwa menjadi pasar besar.

“Saya juga tawarkan potensi kerja sama. Potensi dari penduduk yang banyak merupakan pasar besar. Potensi investasi yang kita bisa kerjasamakan,” jelas Ridwan Kamil.

Kerja Sama Provinsi Jabar dan Aceh Pertama Kali

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyebut kerja sama Aceh dan Jabar ini merupakan yang pertama kali baginya. Tentunya Nova sangat menyambut baik. Menurutnya, Jabar dan Aceh memiliki hubungan baik sejak lama dan memiliki beragam kesamaan.

“Hubungan kita sudah sejak lama karena kita punya banyak kesamaan,” ucapnya.

Menurutnya, Aceh perlu mendapat masukan dari Provinsi Jabar. Saat ini Aceh tengah berusaha meraih kedaulatan energi. Ada banyak peluang dari kerja sama ini. Terutama setelah Aceh mengutus PT Pembangunan Aceh ke PT Migas Hulu Jabar.

Selain sektor energi, kerja sama Jabar dan Banten lainnya adalah dari perbankan. Bank daerah Aceh juga akan menimba ilmu pada bank bjb dalam hal manajemen keuangan dan SDM.

“Semoga kerja sama ini dapat saling menguntungkan sehingga bermanfaat bagi generasi penerus dalam meneruskan perjuangan,” pungkasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -