Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BisnisJenis Investasi Obligasi Terbaik, Pilih dan Dapatkan Keuntungan!

Jenis Investasi Obligasi Terbaik, Pilih dan Dapatkan Keuntungan!

Jenis investasi obligasi dan manfaatnya perlu Anda ketahui guna mendapatkan banyak keuntungan di masa mendatang. Memiliki hidup yang sejahtera dan bahagia dari sisi finansial mungkin pilihan semua orang.

Namun untuk bisa mewujudkan hal tersebut, tentu ada perjuangan yang bisa Anda lakukan. Kelihatannya investasi sebuah hal yang berat untuk dilakukan. Sebab jika tidak Anda lakukan dengan strategi yang tepat, kerugian bisa saja Anda alami.

Investasi yang baik dan bisa Anda pertimbangkan yaitu investasi obligasi. Produk investasi ini memang terbaik dengan popularitas tidak setinggi seperti lainnya.

Namun dengan mengetahui jenis investasi obligasi, membantu Anda bisa masuk atau memulainya. Sehingga mampu menambah penghasilan saat Anda masih aktif bekerja. Ini dapat menjadi salah satu cara memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Obligasi Menggiurkan, Anda Wajib Coba!

Mengenal Jenis Investasi Obligasi

Mungkin untuk para investor sudah banyak mengenal yang namanya investasi obligasi. Namun untuk pemula, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dekat.

Sebab investasi yang satu ini bisa menjadi produk paling mudah Anda temukan di pasaran. Obligasi itu sendiri merupakan sebuah surat pernyatan utang yang terbit dari pihak terkait.

Mulai dari pemerintahan, korporasi, atau bahkan perorangan. Dalam perjanjian tersebut biasanya tertulis kesepakatan jika akan ada bunga atau keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Obligasi bisa menjadi produk investasi jangka panjang atau pendek. Sebagai nasabah biasanya akan ada kupon sebagai tanda kepemilikan. Jika pemerintahan yang mengeluarkannya, biasanya akan secara berkala.

Jadi, untuk mendapatkan keuntungan, investasi ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik. Adapun beberapa jenis investasi obligasi yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain:

Baca Juga: Investasi Obligasi Syariah Menjadi Rekomendasi dengan Syariat Islami

Pemerintahan

Seperti yang sudah Anda ketahui sejak awal obligasi ada yang datang dari pemerintahan. Biasanya jenis obligasi ini terbit dari Kementerian Keuangan dan masyarakat yang menjadi nasabahnya.

Tujuannya yaitu memberikan dana pada APBN pemerintah. Obligasi yang satu ini merupakan utang yang sudah terjamin oleh perekonomian negara sehingga tetap aman.

Obligasi Tabungan

Jenis investasi obligasi selanjutnya yaitu tabungan. Dimana dibeli oleh investor individu sehingga jumlah investasinya cukup rendah. Hal ini bertujuan agar dapat terjangkau oleh para individu.

Baca Juga: Saham Pendatang Baru Terbaik yang Semakin Melejit, Ini Informasinya

Obligasi Ritel

Ada banyak jenis obligasi yang sudah bisa Anda manfaatkan. Seperti halnya obligasi ritel. Obligasi ini juga diterbitkan pemerintah, namun dijual pada individu tertentu.

Caranya ditawarkan oleh perorangan melalui agen penjual yang pemerintah tunjuk. Ada beberapa jenis mulai dari sukuk ritel atau ORI.

Salah satu investasi yang terbaik adalah obligasi. Selain ringan, jenis investasi ini cocok untuk investor pemula. Bahkan Anda bisa memilih dari beberapa jenis investasi obligasi yang dapat digunakan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -