Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Kiprok Motor untuk Modifikasi dan Fungsinya pada Sistem Kelistrikan

Jenis Kiprok Motor untuk Modifikasi dan Fungsinya pada Sistem Kelistrikan

Jenis kiprok motor cukup beragam dengan fungsinya yang sama. Pada umumnya, kiprok banyak digunakan untuk modifikasi sepeda motor. Sehingga pemilihannya pun tidak sama untuk setiap jenisnya.

Setiap sepeda motor memiliki banyak komponen dengan fungsi berbeda. Dari sekian banyaknya komponen tersebut tentu memiliki perawatan yang tidak sama.

Fungsi semua komponen saling kesinambungan guna membuat sepeda motor bisa berjalan dengan normal. Karena alasan inilah Anda juga perlu melakukan pengecekan dan perawatan yang tepat.

Salah satu komponen kelistrikan yang memiliki peran penting yaitu kiprok. Kiprok atau biasa disebut dengan rectifier regulator memiliki pengaruh pada sebuah aki. Padahal aki memiliki peran cukup vital pada kendaraan.

Bahkan kiprok juga perlu Anda periksa ketika sistem kelistrikan dan pengapian sepeda motor mengalami masalah.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu tahu apa sebenarnya komponen tersebut, fungsi, hingga jenis kiprok motor.

Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mudah memfungsikan hingga memberikan perawatan yang tepat. Agar lebih jelas, Anda perlu tahu tentang kiprok motor. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga : Keunggulan Powder Coating untuk Komponen Kendaraan Bermotor

Fungsi dan Jenis Kiprok Motor

Sistem kelistrikan pada sepeda motor tentu memiliki peran cukup penting. Kiprok menjadi salah satu komponen yang berfungsi dan berpengaruh pada item tersebut. Kiprok memiliki fungsi vital pada sepeda motor.

Sama seperti komponen lainnya, kiprok juga bisa mengalami kerusakan. Agar tidak mudah timbul masalah, ada baiknya jika Anda mengetahui fungsi kiprok pada sepeda motor.

Fungi kiprok sepeda motor, sebagai alat untuk merubah arus listrik bolak balik (AC) menjadi searah (DC). Tidak hanya itu saja, peran penting komponen ini yaitu mampu menstabilkan arus listrik dari proses pengolahan listrik rotor dan stator.

Bahkan untuk sepeda motor tipe injeksi, kiprok juga berperan paling utama. Sebab sepeda motor injeksi akan sangat bergantung pada arus kelistrikan yang ada.

Anda yang memiliki jenis motor dengan lampu depan kiprok mampu menstabilkan arus ke area lampu. Sehingga fungsi kiprok tentu penting adanya.

Mengenal Jenis Kiprok untuk Modifikasi

Sepeda motor hadir dengan banyak tipe dan merek yang berbeda. Bahkan kaum muda milenial saat ini banyak yang melakukan modifikasi agar kendaraan dalam kondisi lebih menarik.

Selain itu, modifikasi juga banyak dilakukan untuk membuat performa sepeda motor semakin bagus. Berikut ini ada beberapa jenis kiprok motor yang sering digunakan untuk modifikasi. Anda bisa mengetahui lebih jelas jenis dan fungsinya.

Baca Juga : Fungsi Steering Damper pada Motor Gede, Pengertian dan Kelebihannya

Kiprok Aftermarket Fukuyama

Jenis kiprok motor yang pertama ini bisa berfungsi untuk modifikasi. Kiprok jenis ini cukup terkenal. Bahkan harganya juga cukup terjangkau. Meski demikian, kualitas yang diberikan tidak kalah dengan ori.

Jika Anda memilih menggunakan jenis ini, usahakan cari yang pakai kabel. Sebab akan lebih awet dan bisa berfungsi dengan baik. Kiprok ini masih 2 phase.

Kiprok Honda Tiger

Pada jenis kiprok motor selanjutnya ini hampir menjadi favorit sebagian besar orang. Kiprok Honda Tiger memiliki 2 phase, namun dengan usia pemakaian yang panjang.

Saat ini banyak pemilik sepeda motor yang melakukan modifikasi dengan kiprok Honda Tiger. Sebab untuk penggunaannya bisa mencapai hingga 5 tahunan. Sehingga lebih awet dan hemat budget.

Baca Juga : Gas Motor Tersendat, Kenali Penyebab yang Timbul pada Teknologi Injeksi

Kiprok Yamaha R25

Jenis kiprok motor terfavorit lainnya yaitu Yamaha R25. Pada jenis kiprok yang satu ini memiliki phase 3 seperti pada V-Ixion. Kiprok yang satu ini memiliki kualitas baik.

Jenis ini cocok untuk sepeda motor 250cc yang menginginkan projie double. Dari segi harganya kiprok ini cukup mahal. Namun sebanding dengan kualitas yang tersemat.

Kiprok Yamaha Old Vixion

Pada tipe terakhir terdapat kiprok Yamaha Old Vixion. Jenis kiprok motor ini paling banyak peminatnya karena kualitasnya bagus. Hadir dengan 3 phase bisa Anda temukan pada kiprok Yamaha Vixion dari tahun 2007 sampai 2012.

Menariknya lagi, jenis ini juga memiliki tingkat pengisian lebih cepat jika Anda bandingkan dengan kiprok Honda Tiger atau Fukuyama.

Namun untuk harganya tetap terjangkau. Sebaiknya saat hendak melakukan modifikasi sistem kelistrikan, Anda memilih jenis kiprok motor yang tepat. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -