Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Pesan Email yang Harus Dihapus, Menghindari Kejahatan Siber

Jenis Pesan Email yang Harus Dihapus, Menghindari Kejahatan Siber

Ada jenis pesan email yang harus dihapus untuk keamanan Anda. Email sangat penting Anda miliki jika sudah aktif berinternet, hal tersebut karena semua aplikasi membutuhkan akun Email.

Melihat hal itu, seringkali para pelaku kejahatan menjadikannya target untuk diretas. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara menghindarinya, simak di sini.

Baca Juga: Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Bahaya! Inilah Jenis Pesan Email yang Harus Dihapus

Email merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi jarak jauh. Jauh sebelum adanya aplikasi berkirim pesan seperti WA maupun Line, email sudah lebih dulu eksis.

Tidak hanya berkirim pesan, email juga memungkinkan para penggunanya untuk bertugar media. Media tersebut bisa berupa foto, video, maupun dokumen lainnya.

Saat ini email pun masih eksis dan menjadi kebutuhan. Jika Anda aktif bersosial media, maka wajib untuk memiliki sebuah akun email.

Untuk Pencegahan Kejahatan Siber

Kejahatan siber merupakan tindak kriminal yang terjadi lewat internet. Seiring berkembangnya teknologi, maka internet sudah seperti dunia kedua bagi kita semua.

Hal tersebut sangatlah positif karena dapat mempermudah kita dalam berbagai hal. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa ada kejahatan yang mengancam?

Kejahatan siber atau digital terdiri dari berbagai macam bentuk. Seperti pencurian data pribadi, uang di rekening, hingga kasus bullying.

Pelaku kejahatan biasanya mengincar kotak pesan elektronik, terutama email. Hal tersebut sangatlah berbahaya jika email Anda merupakan email bisnis yang terhubung dengan rekening.

Baca Juga: Cara Membuat 2 Email dalam 1 HP, Simak Tutorial Lengkapnya!

Agar terhindar dari kejahatan siber, berikut jenis pesan email yang harus dihapus.

Notifikasi Layanan Online

Saat ini layanan online bukanlah lagi hal yang tabu. Biasanya layanan online membutuhkan email untuk membuat akun.

Tetapi dalam banyak kasus, peretas akan meminta perubahan kata sandi yang mereka kirim melalui email. Jika Anda mendapat jenis pesan ini, segeralah hapus dan abaikan.

Dokumen Pribadi

Pengguna email biasanya menggunakan kotak penyimpanan layaknya penyimpanan ponsel. Tentu saja hal tersebut bertujuan untuk menghemat ruang pada ponsel.

Tetapi hal tersebut sangatlah berbahaya, terlebih jika Anda menyimpan data-data pribadi di sana. Segera hapus pesan tersebut dan pindahkan data ke Google Drive.

Google Drive merupakan layanan Google lain yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai data.

Meskipun untuk masuk ke Google drive tetap membutuhkan email, tetapi keamanannya lebih terjamin.

Anda bisa memindahkan segala dokumen, termasuk foto dan video sehingga memori internal Anda tetap terjaga.

Dokumen Bisnis

Email paling bermanfaat di dunia bisnis antar para kolega atau dengan atasan. Pebisnis biasanya menggunakan email sebagai media bertukar informasi.

Informasi yang biasa melalui email seperti laporan keuangan, nomor rekening karyawan, dan segala hal mengenai perusahaan lainnya.

Oleh karena itu, banyak dokumen-dokumen perusahaan penting yang ada di email. Hal tersebut membuat dokumen bisnis menjadi jenis pesan email yang harus dihapus.

Tentunya karena memiliki risiko tinggi, pelaku kejahatan siber dapat selalu melihat dan mencurinya.

Jika mendapat pesan dokumen perusahaan, segera download dokumen tersebut dan hapus pesan di email.

Data Pribadi Orang Lain

Anda pasti secara tidak sadar juga menyimpan data diri orang lain, terlebih jika email perusahaan. Biasanya email perusahaan atau bisnis memuat CV (Curriculum Vitae), pendaftaran event, dan lainnya.

Seperti sebelumnya, segera download file yang ada dan hapus pesan itu. Dengan begitu, pelaku kejahatan siber tidak bisa melihatnya.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Email dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya

Data Otentikasi

Jenis pesan email yang harus dihapus untuk menghindari kejahatan siber adalah yang mengandung data otentikasi.

Beberapa perusahaan masih mengirimkan informasi email dan kata sandi para karyawannya melalui email.

Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat kapan saja tercuri oleh para pelaku kejahatan siber.

Selain menghapus pesan di email, hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak memasukkan email sembarangan.

Jangan pernah login ke aplikasi ataupun web yang masih tidak ada jaminan keamanannya. Selalu download aplikasi lewat Google Play Store atau App Store yang sudah sangat terpercaya.

Hindari download dari situs lainnya serta jangan menggunakan VPN, karena hanya akan memperbesar risiko kejahatan siber.

Jenis pesan email yang harus dihapus tersebut sangatlah membahayakan. Segera hapus agar email Anda tetap aman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -