Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisKadisdik Ciamis Sebut Pembelajaran STEAM Dorong Anak Bernalar Kritis

Kadisdik Ciamis Sebut Pembelajaran STEAM Dorong Anak Bernalar Kritis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Dr Asep Saeful Rahmat menutup kegiatan Diklat peningkatan kompetensi tenaga pendidik berbasis STEAM atau Science, Technology, Engineering, ART and Math, Rabu (8/12/2021) di Aula Disdik Ciamis.

Pada kesempatan itu, Dinas Pendidikan juga menerima hibah Three De Printer dari PT. Inspira sebanyak 300 unit untuk sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten Ciamis.

“Jadi pendekatan pembelajaran Steam itu ada pada kurikulum 2013. Melalui pembelajaran Steam ini nantinya anak akan dicoba untuk mampu memiliki daya nalar kritis,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Asep Saeful Rahmat.

Menurutnya, Steam ini merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu. Kemudian anak didik nantinya bisa memahami dalam satu kesatuan kegiatan.

“Alhamdulilah Pemkab Ciamis saat ini telah menjalin kerjasama dengan PT. Inspira dalam penggunaan Three De Printer. Anak-anak nantinya bisa berimajinasi membuat sesuatu yang hampir mirip dengan kondisi nyata,” tuturnya.

Baca Juga: Kejar Target, PKM Banjarsari Ciamis Gelar Vaksinasi Door To Door

Pembelajaran STEAM, Anak Didik di Ciamis Bisa Berimajinasi

Asep menjelaskan, pembelajaran STEAM ini dapat membuat anak didik bisa berimajinasi. Kemudian menciptakan sebuah hasil karya seni menggunakan teknologi.

Melalui pembelajaran Steam ini kemampuan anak akan terus berkembang. Mereka akan mampu menganalisa, bereksplorasi hingga menghasilkan sebuah produk yang bermanfaat.

“Kerjasama ini baru dilakukan di Ciamis saja di daerah lain di Indonesia belum ada. Mudah-mudahan ini berhasil dan memiliki dampak positif,” jelasnya.

Asep menjelaskan, PT Inspira pun akan terus mengembangkan teknologi tersebut. Sehingga dapat lebih memudahkan anak-anak menghasilkan sebuah karya dari hasil imajinasinya.

Kerja sama antara PT Inspira dan Pemkab Ciamis ini berlangsung selama tiga tahun. Tahun 2021 ini merupakan angkatan pertama dan angkatan kedua akan dilaksanakan di tahun 2022 nanti.

“Nantinya seluruh sekolah baik negeri atau swasta di Ciamis memiliki Printer Three De dan guru sebagai operator untuk bisa memberikan pembelajaran Steam di sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PT. Inspira Sugiono Kolim menambahkan Three De Printer ini merupakan suatu project yang bisa menghasilkan suatu karya nyata.

“Jadi kegunaan Printer Three De ini bisa membuat benda sesuai imajinasi. Misalnya imajinasi kita ingin buat botol, nanti akan digambarkan di komputer dan dibuat di printer tersebut lalu bisa menghasilkan botol,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -