Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita PangandaranJaga Sumber Air, Kampung KB Sauyunan Pangandaran Tanam Pohon

Jaga Sumber Air, Kampung KB Sauyunan Pangandaran Tanam Pohon

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Kampung KB Sauyunan Desa Langkaplancar, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tanam pohon picung pada daerah resapan air. Tujuannya untuk menjaga sumber mata air.

Pengelola Kampung KB Sauyunan Edi Supriadi mengatakan kampung KB ini bukan hanya mengedukasi masyarakat untuk masuk KB. Namun para pengurus juga memberikan edukasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan.

Menjaga sumber mata air dengan cara menanam pohon. Agar wilayah Langkaplancar tidak sampai kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau.

“Saat ini para kader posyandu bekerja sama dengan Pemdes Langkaplancar dan Dinas Kehutanan menanam pohon picung sebanyak 150 pohon di atas lahan seluas 1,5 hektar,” kata Edi, Kamis (16/12/2021).

Edi selaku pengelola berpesan sangat penting menjaga dan melestarikan sumber mata air. Karena air merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia. Air sebagai sumber kehidupan baik bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.

“Saya berharap dengan lestarinya hutan, terutama sumber mata air, masyarakat dan dan anak cucu kita ke depan tidak mengalami kesulitan air,” jelasnya.

Kampung KB Sauyunan bertekad untuk melakukan kegiatan seperti ini. Bukan hanya menanam saja, tapi tentunya dengan pemeliharaan sampai pohon tumbuh besar dan bermanfaat.

“Kami akan menjaga dan rutin melakukan pemupukan dan perawatannya. Agar pohon yang kita tanam tumbuh subur seperti yang kita harapkan,” pungkasnya. (Enceng/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -