Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Optimis Kampung KB Tanjung Gumulung Juara Provinsi

Pemkab Ciamis Optimis Kampung KB Tanjung Gumulung Juara Provinsi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis optimis kampung KB Tanjung Gumulung, Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga, akan menjadi juara tingkat Provinsi Jabar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ciamis Dian Budiana, saat kegiatan recheking penilaian kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/12/2021) secara virtual.

Dian menyebut, Kampung KB Tanjung Gumulung yang berada di Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga mewakili Kabupaten Ciamis dalam ikut lomba kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulilah kita diwakili oleh Kampung KB Tanjung Gemulung Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga,” katanya.

Baca juga: Produk Ciamis Dipamerkan di Expo UMKM se-Indonesia

Lanjutnya, keterpilihan Kampung KB Tanjung Gumulung menjadi wakil Ciamis dalam lomba tingkat Jabar bukan tanpa dasar. Sebelumnya pihak Pemkab telah melakukan tahapan seleksi.

Tahapan pertama akan dilakukan oleh tim dari Pemerintah Kecamatan, sehingga muncul satu Kampung KB tingkat Kecamatan.

Lalu tahapan seleksi di tingkat Kabupaten, setiap Kampung KB Kecamatan dapat melaporkan profil Kampung KB masing-masing, verifikasi, verifikasi lapangan.

“Jadi tidak semena-mena menunjuk kampung KB untuk wakili Ciamis,” tuturnya.

Dian sangat optimis Kampung KB Tanjung Gumulung ini bisa menang, pasalnya ada beberapa unggulan di kampung KB tersebut, diantaranya ada salam alaikat atau satu kolam satu keluarga.

“Ini juga nantinya bagaimana menanggulangi permasalahan stunting. Terlepas juga bersama Dinas terkait,” ucapnya.

Dian berharap, dengan adanya kampung KB ini bagaimana masyarakat di kampung atau desa tersebut bisa melaksanakan 8 fungsi keluarga.

Mulai dari fungsi keagamaan, sosial dan pendidikan, kebudayaan, ekonomi, pelestarian lingkungan.

“Ini harus benar-benar bisa diimplementasikan, dengan tidak meninggalkan ciri budaya masyarakat kita yaitu budaya gotong royong,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -