Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Gizi Buah Naga, Fancy Fruit yang Banyak Keutamaannya

Kandungan Gizi Buah Naga, Fancy Fruit yang Banyak Keutamaannya

Kandungan gizi buah naga tak hanya kaya nutrisi namun juga banyak mengandung senyawa penting untuk tubuh. Karena itulah, buah super ini bukan saja enak, tapi berkhasiat juga sebagai obat herbal.

Pada kawasan tropis dan subtropis seperti Asia dan Amerika Selatan, buah naga berkembang dan tumbuh dengan subur. Kulit luar buah naga tampak seperti kaktus sehingga menyerupai sisik naga.

Sedangkan dagingnya berwarna putih dengan biji hitam berbentuk kecil. Buah naga banyak orang menganggapnya sebagai tanaman kaktus.

Dengan warna kehijauan dan merah muda yang segar menunjukkan bahwa buah naga ini menawarkan sangat banyak keutamaan dan penuh nutrisi.

Kandungan Gizi Buah Naga

Buah satu ini populer juga dengan berbagai sebutan. Seperti sebagai priceless treasure atau harta tak ternilai, maupun fancy fruit alias buah mewah. Hal ini karena rasanya yang lezat menyegarkan dan banyaknya manfaat untuk tubuh.

Asal tahu saja, selain rasanya yang enak, buah ini juga sering menjadi bahan untuk obat herbal yang berkhasiat.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga, Khasiatnya Ternyata Sehebat Naga

Hal ini tentunya karena kandungan gizi buah naga yang sangat baik dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan.

Mengutip sejumlah hasil penelitian buah yang populer pula dengan sebutan pitaya ini terdapat kandungan 60 kalori,

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang terbilang lengkap. Dalam setiap berat 100 gram, buah ini mengandung protein sebanyak 0,53 %, karbohidrat (11,50 %), lemak  (0,40 %), serat  (0,71%), dan air (90,20% ).

Kandungan vitamin dan mineralnya terdiri dari Vitamin C sebanyak 9,40 %, Fosfor 8,70 %, dan kalsium 6-10 mg. Buah ini juga mengandung vitamin B1, B2, B3, dan zat besi.

Tampilan warna merah buah ini memperlihatkan adanya pigmen alami berupa hylocereanea dan isohylocerenin.

Untuk jenis buah naga merah juga kaya dengan beta carotene yang  berperan penting sebagai  antioksidan. 

Dengan adanya kandungan gizi buah naga yang begitu melimpah tentunya akan sangat baik jika kita sering mengonsumsinya.

Baca Juga : Konsumsi Buah Naga, Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Berikut berbagai manfaat dan keutamaan makan buah naga yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Jantung Sehat

Buah naga dapat menjaga kesehatan jantung. Buah super yang menakjubkan ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menggantinya ketingkat yang lebih baik.

Selain itu, buah naga mengandung lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Melawan Diabetes

Jumlah serat yang tinggi dalam buah naga sangat bermanfaat untuk membantu diabetes. Hal ini karena buah ini mampu menyeimbangkan kadar gula darah.

Namun sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau dokter Anda untuk memastikan ini adalah makanan yang baik untuk Anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

Menekan Arthritis

Arthritis secara langsung mempengaruhi sendi dan menyebabkan iritasi parah dan imobilitas. Menambahkan buah naga untuk diet Anda dapat membantu Anda melawan penyakit ini.

Manfaat buah naga untuk orang yang menderita artritis yang begitu besar karena buah ini juga terkenal sebagai buah anti inflamasi.

Banyak Mengandung Serat

Memakan buah naga dapat membantu membersihkan pencernaan Anda. Buah naga  mempunyai kandungan serat tinggi yang bisa membantu pencernaan yang buruk dan juga sembelit.

Antioksidan Aktif

Jika Anda ingin membersihkan tubuh Anda dari radikal bebas, Anda bisa memakan makanan yang mengandung antioksidan. Kandungan gizi buah naga yang kaya antioksidan aktif ternyata lebih banyak dari acai berry.

Mengurangi Tanda Penuaan

Salah satu manfaat buah naga yang kaya dengan antioksidan ini adalah dapat menjaga kulit kencang dan muda.

Anda bahkan dapat membuat masker wajah menggunakan buah naga dan mengombinasikan dengan madu sebagai cara alami untuk masker anti penuaan.

Merawat Rambut Berwarna

Jus buah naga merupakan sarana yang sangat baik untuk merawat rambut berwarna. Cukup dengan menempatkan jus atau kondisioner yang mengandung buah naga pada kulit kepala Anda.

Dengan begitu maka Anda dapat melindungi rambut anda dari bahan kimia akibat pewarnaan rambut.

Ini akan menjaga folikel rambut terbuka, yang memungkinkan rambut Anda untuk bernapas dan tetap sehat dan halus.

Menurunkan Berat Badan

Buah naga mempunyai jumlah kolesterol yang rendah, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Buah naga adalah buah yang sempurna untuk tetap menjaga berat badan Anda.

Mengatasi Jerawat

Perawatan ini tidak hanya untuk remaja. Kandungan gizi buah naga yang kaya vitamin C membuat buah ini bisa menjadi salep topikal yang sangat bagus.

Ambil sepotong buah naga lalu haluskan dan tempelkan ke daerah yang memerah pada wajah atau kulit. Kemudian bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.

Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Jika Anda mencampurkan buah naga, jus mentimun dan madu, maka Anda bisa menghasilkan senyawa seperti halnya lidah buaya yang mampu mendinginkan kulit terbakar.

Buah ini banyak mengandung vitamin B3, manfaat buah naga ini dapat melembabkan kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terkena.

Itulah berbagai kandungan gizi buah naga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah mewah alias fancy fruit ini banyak keutamaannya sehingga perlu Anda konsumsi secara rutin. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -