Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Kandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia. Walaupun sudah rajin membersihkan wajah, tetap saja ada faktor-faktor lain yang memicu kemunculan jerawat. Oleh karena itu, kandungan skincare untuk jerawat bisa menjadi solusinya.

Beberapa faktor penyebab jerawat antara lain penyumbatan pori-pori akibat kelebihan minyak dan sel kulit mati yang menumpuk.

Selain itu, kamu yang tidak melakukan double cleansing di malam hari akan lebih beresiko terkena jerawat.

Perubahan hormon saat haid dan cuaca yang ekstrim juga bisa menyebabkan jerawat muncul.

Baca Juga: Skincare Penghilang Bruntusan untuk Kulit Berminyak

Skincare bisa menjaga kulit wajah tetap bersih dan terawat. Pastikan kandungan skincare untuk jerawat sudah ada dalam produk yang kamu pakai, supaya pori-pori tidak tersumbat. Dalam pemakaian jangka panjang, bahan-bahan ini juga bisa mengecilkan tampilan pori-pori lho. 

Ini Kandungan Skincare untuk Jerawat

Bagi sebagian orang, jerawat merupakan masalah besar karena terasa perih dan meninggalkan bekas yang susah hilang.

Tak jarang, bekas-bekas jerawat ini terasa mengganggu penampilan ketika tidak memakai riasan. Akan tetapi dengan kandungan berikut ini, jerawat bisa cepat hilang dan bekasnya bisa diminimalisir.

Salicylic Acid atau BHA

Kandungan skincare untuk jerawat yang paling populer adalah salicylic acid atau asam salisilat. Senyawa ini juga dikenal sebagai Beta Hydroxy Acid (BHA) yang tergolong zat eksfoliator. Konsentrat salicylic acid dalam suatu produk berkisar 0,5 hingga 5% tergantung dari komposisi produknya.

Salicylic acid bekerja menghilangkan sisa minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan ke dalam pori-pori. Karena ia merupakan acid yang larut dalam minyak, maka jenis kulit berminyak sangat membutuhkan kandungan ini.

Jika kamu menggunakan exfoliating toner dengan kandungan BHA, batasi pemakaian tiga kali dalam seminggu.

Benzoyl Peroxide

Untuk mengempeskan jerawat dalam waktu singkat, biasanya tersedia obat oles berupa gel yang bisa kita beli tanpa resep.

Kandungan skincare untuk jerawat yang terkandung dalam salep salah satunya adalah benzoyl peroxide. Senyawa ini bekerja mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Produk Penghilang Bau Badan, Cegah Ketiak Basah

Konsentrat benzoyl peroxide dalam komposisi produk berkisar antara 2 hingga 10%. Merk salep jerawat yang sering ada di apotek antara lain Benzolac, PanOxyl, dan Oxy 5.

Selain berguna untuk mengempeskan jerawat, kandungan ini juga bisa mengatasi masalah benjolan pada ingrown hair.

Niacinamide

Kandungan skincare untuk jerawat satu ini merupakan primadona di dunia kecantikan karena manfaatnya yang sangat banyak.

Niacinamide bisa mengurangi kemerahan, merawat kulit yang berjerawat, serta mencerahkan kulit. Bahkan bibit-bibit jerawat tidak jadi tumbuh ketika bertemu dengan niacinamide.

Karena senyawa ini paling sering digunakan dalam skincare, maka pemakaiannya aman untuk setiap hari. Mulai dari face wash, toner, serum dan moisturizer lokal yang mengandung niacinamide sangat efektif untuk melawan jerawat. Pastikan kamu menggunakan bahan ini secara rutin agar bisa melihat perbedaannya.

Sulfur

Produksi minyak berlebih sering kali menjadi penyebab jerawat yang utama, oleh karena itu kita bisa menggunakan produk yang mengandung sulfur.

Senyawa ini merupakan mineral sulfida yang membantu pengelupasan kulit dan menyerap kelebihan minyak. Cara kerjanya bisa mengempeskan jerawat-jerawat yang bernanah.

Kandungan skincare untuk jerawat satu ini bisa kita temui dalam produk-produk spot treatment atau masker. Karena itu, pemakaian sulfur sebaiknya hanya ketika wajah berjerawat saja.

Apabila kulit tergolong sensitif perlu berhati-hati menggunakan bahan ini karena terdapat aroma khas yang menyengat.

Glycolic Acid atau AHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA) merupakan saudara dari BHA, namun memiliki cara kerja yang berbeda.

AHA atau yang kita kenal sebagai glycolic acid ini bersifat larut dalam air, ia dapat mengangkat sel kulit mati namun hanya bekerja pada permukaan.

Meski tidak bekerja sedalam BHA, kandungan skincare untuk jerawat ini membantu pembentukan sel kulit baru.

Senyawa ini tergolong sebagai eksfoliator, namun memiliki manfaat ganda dalam mengatasi hiperpigmentasi.

Baca Juga: Pantangan Bagi Kulit Sensitif, Jangan Lakukan Ini!

Untuk masalah bekas jerawat, noda-noda gelap, atau flek hitam, AHA bisa menjadi solusinya. Karena ia bersifat larut air, maka kulit akan tetap lembab setelah menggunakan bahan ini.

Selain menggunakan kandungan skincare untuk jerawat, kamu bisa merawat kulit dari dalam dengan pola makan sehat.

Buah-buahan dan sayuran juga dapat memenuhi nutrisi untuk menunjang kesehatan kulit. Pastikan kamu cukup tidur dan perbanyak air putih agar kulit tidak dehidrasi, ya! (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -