Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruKarakteristik Galaksi Andromeda, Terbesar Kedua Setelah Bima Sakti?

Karakteristik Galaksi Andromeda, Terbesar Kedua Setelah Bima Sakti?

Karakteristik galaksi Andromeda merupakan salah satu di luar dari galaksi Bima Sakti. Galaksi Andromeda dapat Anda lihat tanpa bantuan alat apapun di malam hari.

Galaksi Andromeda sendiri merupakan sebuah galaksi di luar Bima Sakti yang memiliki bentuk spiral dan berjarak sekitar 780 kiloparsec atau 2,4 juta tahun cahaya dari bumi.

Definisi dan Karakteristik galaksi Andromeda

Galaksi dengan nama lain Messier 31/NGC 224/UGC 454/PGC 2557 ini terletak di luar galaksi Bima Sakti. Meskipun begitu, kedua galaksi ini memiliki kemiripan struktur yang berbentuk spiral.

Baca Juga: Bintik Hitam Matahari Sebagai Penanda Aktivitas Tertinggi

Andromeda terletak di belahan langit utara, tepatnya 41 derajat dari khatulistiwa. Galaksi ini akan terlihat dengan jelas di sekitar bulan September, Oktober dan November,

Jika Anda melihatnya dengan mata telanjang, maka Andromeda akan terlihat seperti kabut tipis kecil di langit utara.

Berbeda jika Anda mengamatinya lewat teropong. Maka Anda akan melihat penampakan bintang-bintang yang redup di tepi galaksi Andromeda.

Karakteristik galaksi Andromeda ini memiliki ukuran 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi Andromeda memiliki kurang lebih 1 triliun bintang yang bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan 300 km/detik.

Teori Terbentuknya Galaksi Andromeda

Terdapat beberapa teori mengenai terbentuknya galaksi ini. Salah satu yang terkenal adalah teori hipotesis Fowler yang dikemukakan tahun 1957.

Pada teorinya, ilmuwan tersebut menjelaskan jika 12000 juta tahun yang lalu Andromeda masih berbentuk sebuah gas hidrogen yang berukuran sangat besar.

Hidrogen tersebut lalu terus berotasi dan memiliki gaya berat sehingga mengalami kontraksi dan berbentuk bulat. Komponen tersebut terus mengalami pergerakan sehingga terbentuk bintang.

Baca Juga: Dampak Badai Matahari Bagi Bumi, Bisa Terjadi Kiamat Internet?

Setelah puluhan hingga ribuan tahun temperatur bintang-bintang itu semakin menurun. Bentuk bintang tersebut cenderung tetap seperti matahari.

Teori lainnya adalah bahwa karakteristik galaksi Andromeda terbentuk dari serpihan bintang Bima Sakti. Terbentuknya Bima Sakti membuat beberapa bintang purba membelah.

Pembelahan itulah yang membentuk calon galaksi baru yang berukuran kecil.

Galaksi Andromeda diperkirakan terbentuk atas tabrakan dari dua galaksi berukuran kecil sehingga terbentuk bintang yang terhubung dengan gravitasinya.

Selanjutnya galaksi ini terus berkembang dan membentuk beberapa komponen di dalamnya. Sampai saat ini, jumlah bintang di galaksi Andromeda mencapai 1 triliun.

Ciri-ciri Galaksi Andromeda

  • Strukturnya mirip dengan galaksi Bima sakti.
  • Memiliki bentuk Spiral.
  • Bintang yang mengelilinginya memiliki spektrum warna merah jambu.
  • Bisa terlihat dengan mata telanjang dari bumi jika tidak ada cahaya bulan atau saat terjadi gerhana bulan.
  • Berada di langit utara, tepatnya 41 derajat dari garis khatulistiwa (pada rasi bintang Andromeda).
  • Galaksi Andromeda memiliki bagian tepi yang lebih redup daripada di bagian tengahnya.
  • Pergerakannya cenderung dekat dengan galaksi Bima Sakti . Andromeda memiliki kecepatan 300 km/s.
  • Memiliki cincin atau piringan yang berisi gas dan debu.
  • Jarak dengan galaksi Bima Sakti sangat jauh, yaitu sekitar 2,5 juta tahun cahaya.

Karakteristik Andromeda

Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda juga wajib paham apa saja karakteristik galaksi Andromeda loh. Apa saja?

  • Galaksi Andromeda memiliki perkiraan diameter 70.000 hingga 80.000 tahun cahaya. Ada pula yang menyebut sekitar 220.000 tahun cahaya.
  • Kenampakan Magnitudo pada galaksi Andromeda sekitar 3,44 V.
  • Meskipun memiliki ciri bintang merah muda, tetapi warna sebenarnya yang galaksi ini pancarkan adalah biru tua. Warna tersebut disebabkan oleh bintang-bintang yang berukuran besar.
  • Ukurannya lebih kecil dari galaksi Bimasakti.
  • Terdapat sekitar 1 triliun bintang di dalam galaksi Andromeda.
  • Jika Anda amati dengan teliti,m bentuk galaksi ini akan terlihat seperti pita yang berbentuk lonjing.
  • Jari-jari galaksi ini sulit ditentukan karena bentuknya yang spiral. Tetapi para ahli memperkirakan jari-jari Andromeda sekitar 35.00 sampai 40.000 tahun cahaya.

Pergerakan Galaksi Andromeda

Setiap galaksi memiliki kelompoknya sendiri. Demikian juga galaksi Bima Sakti yang dikelompokkan dengan galaksi tetangganya.

Baca Juga: Hujan Meteor Chi-Orionid Malam Ini Bersamaan Fase Bulan Perbani Awal

Bima Sakti memiliki 48 galaksi tetangga yang menciptakan grup teritorial berdampingan. dalam teritorial tersebut, galaksi Andromeda dan Bima Sakti adalah yang terbesar.

Di antara galaksi Andromeda dan Bima Sakti terdapat titik massa yang bernama barycenter. Menurut observasi, karakteristik galaksi Andromeda adalah bergerak menghampiri Bima Sakti.

Galaksi ini bergerak mendekati Bima Sakti secara menepi dan sedikit melenceng. Pergerakannya tersebut memiliki kecepatan laju 300 km/s.

Ada banyak galaksi di alam semesta ini yang tentunya berbeda-beda. Karakteristik galaksi Andromeda lah yang membuat galaksi ini dapat dibedakan dengan galaksi lainnya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -