Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisKasus DBD Tinggi, Puskesmas Ciamis Lakukan Fogging Serentak

Kasus DBD Tinggi, Puskesmas Ciamis Lakukan Fogging Serentak

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masih tinggi.

Bahkan, data Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dari bulan Januari sampai pertengahan Desember 2021, ada sebanyak 414 kasus DBD. Sementara pasien DBD yang meninggal dunia sebanyak 3 orang.

Sedangkan untuk puncak kasus itu terjadi pada bulan November, yang mencapai sebanyak 116 kasus. Daerah yang kasus DBD paling banyak adalah Kecamatan Ciamis, sebanyak 97.

Sehingga, untuk menurunkan kasus DBD yang masih tinggi tersebut, Puskesmas dan Dinas Kesehatan serta unsur Muspika Kecamatan Ciamis, melakukan fogging atau penyemprotan insektisida. Penyemprotan tersebut secara serentak di tujuh titik dan 7 Kelurahan pada Jumat (24/12/2021).

Adapun ketujuh titik kelurahan tersebut yakni Ciamis, Kertasari, Benteng, Sindangrasa, Linggasari, Maleber dan Cigembor.

Dari pantauan HR Online, petugas fogging menyisir sudut-sudut rumah warga setempat. Bahkan perkebunan yang rawan akan sarang nyamuk juga ikut disemprot asap oleh petugas.

Camat Ciamis, Dedi Mudyana mengatakan, kegiatan fogging ini merupakan upaya untuk memutus penularan DBD di Kecamatan Ciamis.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak di 7 Kelurahan di Kecamatan Ciamis.

“Dan hari ini kita lakukan fogging. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan dua kali, hari ini dan minggu depan,” katanya kepada HR Online, Jumat (24/12/2021).

Dedi tidak menampik jika Kecamatan Ciamis memang tertinggi dalam kasus DBD. Ia mengungkapkan, ada sebanyak 95 kasus, dan 1 orang meninggal karena demam berdarah dengue.

“Tingginya kasus DBD di Kecamatan Ciamis mungkin karena beberapa bulan ini terjadi hujan terus menerus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ciamis, Evie Triyanti menambahkan, bahwa Kecamatan Ciamis merupakan endemi DBD. Jadi, hampir setiap tahun terjadi peningkatan kasus.

“Iya kemarin kasus Covid-19 di Ciamis turun, dan sekarang kasus DBD yang tinggi. Maka dari, kami gencar melakukan berbagai upaya untuk memberantas sarang nyamuk. Seperti kegiatan PSN dan saat ini Fogging,” singkatnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -