Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan eSIM Dibanding SIM Standar pada Umumnya

Kelebihan dan Kekurangan eSIM Dibanding SIM Standar pada Umumnya

Kelebihan dan kekurangan eSIM daripada dengan SIM biasa ternyata ada. Mengingat SIM menjadi salah satu bagian penting untuk smartphone, maka selalu terpilih yang terbaik.

Dalam dunia teknologi smartphone, kartu berukuran kecil ini menjadi sebuah komponen yang membantu memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Kartu SIM dulunya memiliki ukuran yang cukup besar.

Namun seiring berjalannya waktu, kini banyak perubahan yang terjadi. Bahkan sudah terlihat perubahan jika slot kartu SIM kini memiliki ukuran kecil.

Saat ini pun sudah banyak perusahaan yang ikut menggunakannya. Namun semakin majunya perkembangan dunia teknologi, semakin muncul kecanggihan yaitu eSIM.

Namun sebelum Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan eSIM, sebaiknya simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan eSIM

Saat ini dunia teknologi mampu berkembang semakin pesat. Hal ini dengan adanya pembaruan SIM card baru dari layanan Embedded SIM Card (eSIM).

Berita yang beredar jika eSIM akan segera disosialisasikan untuk para pengguna smartphone di Indonesia.

Bahkan hal ini juga tampak dengan rilisnya eSIM pertama yang secara resmi hadir dari PT Smartfren Telecom (Smartfren).

Dengan adanya eSIM, semakin membuat penggunanya mendapatkan banyak keuntungan. Adapun penjelasan lengkap tentang eSIM itu sendiri yakni sebagai berikut.

Apa Itu eSIM?

Sebelum mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan eSIM, ada penjelasan tentang pengertiannya. eSIM itu sendiri adalah kartu SIM yang tertanam.

Dengan artian eSIM sudah tertanam sejak Anda membeli smartphone. Ukurannya yang sangat kecil bahkan 3x lebih kecil daripada nano SIM. Sehingga bisa tertanam dan Anda langsung dapat menggunakannya.

Komponen ini menjadi ukuran paling kecil yang ada pada sebuah smartphone. Menggunakan eSIM, membuat produsen smartphone tidak membutuhkan lagi komponen slot kartu SIM.

Cukup dengan adanya eSIM yang ukurannya kecil, semua bisa teratasi. Bahkan kelebihannya, ruang kosong tersebut bisa terpakai untuk komponen lain, baik baterai dengan ukuran besar sekalipun.

Baca Juga: SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Kelebihan eSIM

Setelah Anda tahu pengertiannya, kini giliran kelebihan dan kekurangan eSIM. Ada beberapa kelebihan dari komponen kecil smartphone yang satu ini. Berikut ini ada deretan kelebihan eSIM daripada SIM biasa.

  1. Memudahkan perusahaan smartphone membuat perangkat yang tahan terhadap air. Sebab tidak perlu slot SIM sebagai tempat kartu.
  2. Tidak lagi membutuhkan komponen besar untuk SIM card.
  3. eSIM dapat tertulis ulang sehingga jika Anda hendak ganti operator seluler hanya scan QR code atau install operator lain.
  4. Ukurannya yang kecil membuat perusahan smartphone dapat memanfaatkan ruang ekstra untuk komponen lain.

Selain kelebihan yang eSIM miliki, tentu masih banyak jika Anda bandingkan dengan SIM biasa. eSIM terdukung oleh banyak perangkat yang mumpuni. Sehingga total biaya yang harus Anda keluarkan semakin efisien.

Bahkan perkiraan lebih dari 80%. Berbeda dengan penggunaan SIM biasa yang bisa terbilang cukup boros. Sebab, untuk membeli satu buah kartu SIM saja minimal Anda membutuhkan biaya Rp 15.000.

Itu belum termasuk proses distribusi hingga dapat Anda gunakan secara langsung. Itulah mengapa eSIM bisa dibilang membantu konsumen lebih hemat biaya.

Sayangnya, meski sudah diproduksi oleh perusahaan Smartfren, belum juga diikuti oleh perusahaan lainnya.

Baca Juga: Koneksi Internet Lemot? Begini Merubah APN Semua SIM Card Biar Ngebut

Kekurangan eSIM

Selain ada kelebihannya, ternyata eSIM juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Salah satu kekurangan dari eSIM yaitu sulitnya Anda ketika memiliki masalah jaringan yang lambat. Berbeda dengan SIM biasa yang dapat diganti atau dicoba pada perangkat lain.
  2. Sulitnya mengganti operator lain ketika membeli smartphone dengan eSIM langsung.
  3. eSIM bisa ditulis ulang sehingga keamanan akan terasa kurang berbeda jika Anda menggunakan SIM biasa.

Cara menggunakan eSIM bisa terbilang cukup mudah. Selain Anda akan langsung mendapatkannya saat pembelian smartphone, ganti operator pun juga cukup mudah.

Anda hanya cukup menggunakan QR code khusus operator itu sendiri. Menggunakan ponsel canggih kini cukup mudah untuk didapatkan.

Apalagi berkembangnya perusahaan smartphone selalu memberikan fitur canggih. Hal ini tentu untuk tujuan dapat memberikan kepuasan pada penggunanya.

Seperti halnya yang dilakukan perusahaan telekomunikasi Smartfren dengan adanya eSIM. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan eSIM yang memang perlu Anda pertimbangkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -