Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKomet C/2021 A1 Leonard Fenomena Langka, Melintas Mendekati Bumi

Komet C/2021 A1 Leonard Fenomena Langka, Melintas Mendekati Bumi

Komet C/2021 A1 Leonard akan melintasi Bumi pada bulan Desember ini. Fenomena kali ini bahkan diperkirakan akan jadi yang terbaik untuk pengamatan.

Benda luar angkasa yang satu ini sudah ditemukan sejak awal bulan tahun ini. Penelitinya sudah dilansir secara langsung bahwa memang akan mendekati Bumi.

Sehingga data ini bisa jadi kesimpulan bahwa kita bisa melihatnya tanpa menggunakan alat bantu seperti biasanya. Kita bisa memperhatikannya secara langsung dan arah geraknya sangat jelas.

Bahkan untuk beberapa wilayah di Tanah Air. Kali ini kita cukup beruntung bisa menyaksikan fenomena langit yang langka ini.

Baca Juga: Komet 2014 UN271 Komet Raksasa Menuju Ke Bumi, Ini Informasinya

Objek Komet C/2021 A1 Leonard Akan Hampiri Bumi

Setelah terjadinya gerhana matahari total, kita akan dapatkan momen tidak kalah langkanya. Pasalnya, komet yang satu ini memiliki periode cukup panjang dan terang. Kita akan menyaksikan cahaya berwarna kehijauan yang terang.

Dalam satu kali orbit, membutuhkan 80.000 tahun. Sedangkan kemiringannya bisa mencapai 132.68 derajat yang bergerak dalam retrograd.

Perkiraannya akan mendekati Bumi dengan jarak mencapai 0,233 sa atau satuan astronomi. Jika dalam satuan kilometer, maka mencapai 34.857.000.

Sehingga dari jarak terdekat ini, kita bisa menyaksikannya tanpa harus menggunakan alat bantu sama sekali. Dengan cukup mata telanjang, beberapa daerah bisa kita jadikan pengamatan yang langka dan tidak berbahaya.

Baca Juga: Perbedaan Komet dan Meteor, Berikut Penjelasannya

Kapan Peristiwa Ini Terjadi?

Perkiraan yang hadir dalam data kali ini kabarnya akan kita dapatkan pada bulan ini. Periode penampakannya pada tanggal 1 sampai 11 Desember 2021.

Namun jarak terdekatnya akan mencapai pada tanggal 12 Desember 2021. Pada saat itulah komet ini memiliki jarak terdekat melintas ke Bumi.

Pengamatan dari pihak Peneliti, Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN bersama dengan BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Komet C/2021 A1 Leonard ini bisa kita saksikan pada saat tersebut. Berkisar pada pagi atau fajar hari karena waktu tersebut ketinggiannya cukup rendah dan bisa kita amati secara langsung.

Baca Juga: Gerhana Matahari 4 Desember 2021 Jadi Fenomena Langka Tutup Tahun

Tips Untuk Menyaksikannya

Jika Anda ingin mendapatkan fenomena langka ini, coba untuk mencari waktu yang cerah dan tidak berawan. Pada tanggal 1 sampai 7 Desember kita bisa menantikannya.

Setelah itu, pada tanggal selanjutnya kita bisa menantikan pada waktu penting. Seperti ketika fajar dan tenggelamnya matahari.

Pada akhir bulan, komet ini masih terlihat namun hanya pada saat cuaca benar-benar cerah. Perhatikan ke arah timur laut pada pukul 04.55 pagi waktu sekitar.

Komet C/2021 A1 Leonard bisa kita saksikan dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apapun. Jadi, Anda bisa menerapkan cara ini untuk menikmati fenomena indah langka ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -