Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisKomunitas Peduli Sungai di Ciamis Sulap Kolong Jembatan Jadi Warung

Komunitas Peduli Sungai di Ciamis Sulap Kolong Jembatan Jadi Warung

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komunitas Peduli Sungai Cimuntur, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyulap kolong Jembatan Sungai Cimuntur menjadi warung. Sebelumnya kolong jembatan tersebut jadi tempat pembuangan sampah warga.

Pengurus Komunitas Peduli Sungai (KPS) Cimuntur, Patonah mengatakan, jauh sebelum diberdayakan menjadi warung, tumpukan sampah dan pecahan kaca banyak berserakan.

Melihat kondisi seperti itu, maka KPS Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, menyulapnya menjadi sebuah warung.

“Kita menata dan mendesainnya sehingga warung kolong jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri, dan banyak pembeli,” kata Patonah kepada HR Online, Kamis (09/12/2021).

Baca Juga : Mangkal di Jalan Masuk Kantor Kecamatan, Pedagang Bunga di Kawali Ciamis Disoal

Menjadikannya sebuah warung tidak semata-mata hanya untuk berjualan atau berdagang saja. Akan tetapi peran dari Komunitas Peduli Sungai itu sendiri dalam upaya mendorong kepedulian masyarakat untuk memelihara sungai. 

Pada intinya, segala sesuatu yang pihaknya lakukan tidak terlepas sebagai upaya menjaga kelestarian sungai.

Karena menurut Patonah, peduli terhadap sungai tidaklah cukup dengan gembar gembor, dan tidak perlu dengan ide atau gagasan yang tinggi. Melainkan harus dipraktekan dengan nyata, meskipun aksinya kecil.

“Berdagang di bawah kolong jembatan ini pada intinya sebagai kepedulian terhadap sungai untuk mengurangi resiko bencana. Dengan menatanya bukan hanya menjadi indah dan sehat, tapi juga dapat mensejahterakan warga,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -