Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita PangandaranKondisi Jalan Kabupaten di Cimerak Pangandaran Rusak Parah

Kondisi Jalan Kabupaten di Cimerak Pangandaran Rusak Parah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Dusun Karangjaya, Desa Sukajaya, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, swadaya memperbaiki jalan kabupaten yang kondisinya rusak parah, Selasa (7/12/2021).

Menurut tokoh masyarakat setempat, Sehan Solehudin, bahwa jalan Paréang-Limusgedé-Kertaharja tersebut rusak parah karena intensitas kendaraan berat.

Kendaraan berat tersebut hilir mudik, karena terdapat lokasi gunung batu yang merupakan bahan baku batu, split, dan bahan material lainnya.

Selain itu juga, kata Sehan, adanya mobil pengangkut pakan ternak yang hilir mudik setiap saat.

“Jadi jika kondisi jalan kabupaten yang rusak parah tersebut dibiarkan, jelas sangat berbahaya,” kata Sehan kepada HR Online, Selasa (7/12/2021).

Sehan menuturkan, bahwa jalan kabupaten yang rusak parah tersebut sekitar ada 300 meter. “Sangat berbahaya karena lubangnya dalam-dalam,” tuturnya.

Lebih lanjut Sehan menambahkan, bahwa pembangunan jalan tersebut menurut perencanaan pihak Pemkab Pangandaran akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Katanya sih jalan yang rusak parah ini pembangunan atau dibetonnya tahun depan,” ucapnya.

Sembari menunggu realisasi pembangunan jalan kabupaten yang kondisinya rusak parah ini, warga berinisiatif untuk melakukan perawatan secara swadaya.

“Kami inisiatif karena selalu diajak dan digerakkan oleh Ketua MUI Kabupaten Pangandaran, yang kebetulan rumahnya melewati jalan tersebut,” katanya.

Ia pun menyayangkan tidak ada kepedulian dari pengusaha, yang kendaraan beratnya hilir mudik mengangkut batu dan lainnya.

“Sebelum masyarakat bertindak diluar batas, mudah-mudahan perusahaan terkait peduli melakukan perawatan. Karena jalan tersebut milik umum. Jadi, mari sama-sama merawatnya,” pungkasnya. (Madlani/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -