Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita BisnisKopi Kenangan Jadi Unicorn Baru Pertama Usai Raih Dana Rp 1,3 Triliun

Kopi Kenangan Jadi Unicorn Baru Pertama Usai Raih Dana Rp 1,3 Triliun

Kopi Kenangan jadi Unicorn di Indonesia dan telah siap untuk ekspansi ke regional Asia Tenggara. Pasalnya, Kopi Kenangan beserta jaringan makanan dan minuman itu memiliki pertumbuhan yang paling cepat sejak 27 Desember 2021.

Sehingga telah berhasil memperoleh pendanaan seri C pada tahap pertama sebesar US$96 juta. Tentunya pendanaan seri C tahap pertama ini telah diperoleh oleh Kopi Kenangan dari beberapa investor. Seperti Kunlun Horizons Ventures hingga investor baru Falcon Edge Capital.

Baca Juga: Belajar Finansial Untuk Pemula Agar Lebih Melek Keuangan

Sukses, Kopi Kenangan Jadi Unicorn Dengan Guyuran Dana Melimpah

Tampaknya bisnis startup kini kembali mengabarkan informasi bagus dan kali ini datang dari perusahaan asal Indonesia yang bergerak di bidang F&B.

Perusahaan makanan dan minuman itu bernama Kopi Kenangan yang akhirnya resmi berubah status menjadi Unicorn.

Hal ini karena perusahaan startup itu sudah memperoleh suntikan dana sebesar Rp 1,3 triliun dari pendanaan seri C pada tahap pertama.

Sedangkan istilah Unicorn sendiri lebih merujuk terhadap startup dengan valuasi hingga 1 miliar dollar AS.

Selain itu, Edward Tirtanata sebagai CEO sekaligus Co-Founder Kopi Kenangan juga telah mengklaim perusahaan yang ia pimpin.

Pasalnya, startup tersebut mampu menjadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Tanah Air serta Asia Tenggara.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Untuk Pemula Agar Cerdas Finansial

Pendanaan Seri C

Saat Kopi Kenangan jadi Unicorn, sepertinya pendanaan seri C tahap pertama ini dipimpin oleh Tyoburne Capital Management serta para investor.

Investor pun mengeluarkan dana sebanyak Rp 1,3 triliun sebab menilai bahwa permintaan pelanggan dari produk Kopi Kenangan cukup kuat.

Sehingga Kopi Kenangan memberi pertumbuhan lini paling atas selama kurang lebih 1 tahun terakhir dengan meningkatkan penjualan year-on-year.

Selama satu tahun terakhir ini, aplikasi Kopi Kenangan sudah menjadi salah satu aplikasi pemesanan kopi yang menjadi pilihan.

Dengan mendapat suntikan dana, membuat Kopi kenangan berhasil mendapatkan nilai valuasi sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 14,2 triliun.

Dengan demikian, membuatnya sah untuk menjadi salah satu startup atau perusahaan Unicorn Indonesia.

Baca Juga: Jenis Franchise Buat Usaha, Pilih Bussiness Opportunity atau Lisensi?

Rencana 5 Tahun Kedepan

Ketika Kopi Kenangan jadi Unicorn, sepertinya startup tersebut akan berkomitmen lagi untuk perluas jangkauan hingga ribuan gerai di Asia Tenggara.

Bahkan perusahaan tersebut akan melengkapi pula portofolio dengan menggunakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Prestasi dari Kopi Kenangan akhirnya mampu menambah daftar nama perusahaan Unicorn yang ada di Tanah Air. Sebab sebelum Kopi Kenangan, Indonesia sudah memiliki Unicorn. Misalnya J7T Express maupun BUkalapak.

Tentunya hal ini membuat CEO Kopi Kenangan merasa sangat bangga berkat pencapaian itu. Saat ini startup tersebut sudah semakin tumbuh dan menjadi salah satu jaringan bisnis yang mempekerjakan hingga 3000 ribu staf.

Jadi, tak heran akhirnya Kopi Kenangan jadi Unicorn pertama di Indonesia saat ini berkat suntikan dana dari para investor. (R10/HR-Online)

- Advertisment -