Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita BisnisKredit Investasi Kecil, Ini Pengertian, Syarat dan Fungsinya!

Kredit Investasi Kecil, Ini Pengertian, Syarat dan Fungsinya!

Kredit Investasi Kecil atau KIK merupakan kredit dari bank yang berguna untuk penambahan modal dalam rangka perluasan usaha maupun membangun suatu usaha baru.

Selain itu, jangka waktu atau tenor pinjaman juga akan bermacam-macam paling minimal 1 tahun.

Akan tetapi, biasanya bank akan memberikan tawaran kurang lebih selama 10 sampai dengan 15 tahun.

Apabila peminjam belum mampu untuk melunasi sampai masa tenor habis, maka akan diberi masa tenggang pelunasan selama 4 bulan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kredit Usaha Tanpa Ribet dan Terbukti

Penjelasan Kredit Investasi Kecil (KIK)

Saat Anda sedang membutuhkan modal untuk keperluan bisnis, sepertinya kredit investasi merupakan jawaban yang paling tepat.

Seperti tadi, KIK ini merupakan bentuk pinjaman yang diberikan oleh bank kepada para nasabah untuk mengembangkan bisnis.

Meski demikian, tentunya tidak asal mengajukan begitu saja. Karena debitur harus memenuhi semua syarat dulu sebelum bank menerima permohonan.

Tidak hanya itu, Anda sebagai seorang debitur juga harus tahu sesuatu yang berkaitan dengan pinjaman. Misal besar suku bunganya.

Jadi, kredit investasi merupakan sebuah program khusus untuk pembiayaan dari seluruh bank di Indonesia bagi para nasabah yang ingin terus mengembangkan usahanya. Lalu apa persyaratan yang harus terpenuhi?

Baca Juga: Potensi Investasi Waralaba Ini Mampu Capai Sebesar Rp 25,7 Miliar

Pengertian

Kredit Investasi Kecil merupakan kredit yang memiliki jangka waktu pinjaman lebih pendek dan programnya untuk usaha-usaha kecil.

Biasanya pengadaan program ini yaitu atas hasil dari pertimbangan bahwa tak semua orang mampu untuk membangun usaha besar.

Sementara itu, perbedaan kredit modal kerja dan kredit investasi yaitu dalam peruntukan serta jangka waktunya.

Biasanya kredit modal kerja untuk pemenuhan dalam biaya keperluan jangka pendek, misalnya gaji karyawan dan pelunasan hutang.

Sedangkan untuk suku bunga kredit investasi merupakan sesuatu yang harus kita perhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Pasalnya, setiap bank anak memiliki suku bunga yang berbeda-beda.

Baca Juga: Jenis Gap Saham, Wajib Dipahami Para Trader

Syarat dan Fungsi

Ada beberapa persyaratan saat akan mengajukan Kredit Investasi Kecil yang wajib Anda penuhi, seperti kelengkapan dokumen perorangan. Misalnya NPWP, KTP, formulir permohonan kredit, serta surat referensi.

Sedangkan jika itu adalah kelengkapan dokumen perusahaan, maka Anda perlu menyiapkan NPWP, KTP, maupun akta pendiri.

Selain itu, formulir permohonan kredit, SITU, SIUP, TDP, SK domisili, Neraca, SK Menteri Kehakiman, laporan laba rugi, dan laporan keuangan.

Sementara itu, contoh dari investasi ini adalah pembelian mesin baru, renovasi, maupun pembangunan pabrik baru.

Sedangkan fungsi dari kredit tersebut yaitu untuk membantu semua masyarakat Indonesia agar bisa memperoleh modal berupa uang.

Baik itu membangun usaha baru atau mengemangkan usaha yang telah ada melalui beberapa tahapan.

Dengan harapan adanya Kredit Investasi Kecil adalah supaya keadaan ekonomi Tanah Air bisa terus meningkat dan pendapatan negara juga naik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -