Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita JabarMakanan Celetot, Gabungan Kuliner Khas Jabar dan Yogyakarta

Makanan Celetot, Gabungan Kuliner Khas Jabar dan Yogyakarta

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Kolaborasi kuliner khas Jabar dan Yogyakarta menghasilkan makanan baru bernama Celetot. Makanan ini perpaduan antara colenak dari Jabar dan gatot dari Yogyakarta.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang memberi nama tersebut. Celetot ini dibuat oleh Chet Hardian Eko Nurseto. Uniknya, Celetot memiliki rasa manis ada sedikit asam, teksturnya kenyal.

Makanan khas baru ini terungkap saat Ridwan Kamil meresmikan Jabar Motekar di Jogja Museum Nasional, Rabu (1/12/2021). Jabar Motekar ini merupakan Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, Ridwan Kamil bersama DPP Putri Yogyakarta G.K.E Bendara cicipi makanan Celetot tersebut.

“Nilainya untuk makanan ini saya kasih 9. Hasil kolaborasi kuliner khas antara dua daerah, gabungan Jabar dan Jawa dengan hasil yang sangat baik. Manisnya pas. Harga kaki lima tapi rasa bintang lima,” jelasnya.

G.K.R Bendara pun menyatakan puas akan hasil inovasi makanan Coletot ini. Menurutnya, Coletot sangat pas dengan lidah orang Indonesia. “Nilainya saya kasih 9,5 kalau ada tambahan,” ucapnya.

Ridwan Kami datang ke Yogyakarta sekaligus memenuhi undangan Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pencipta makanan Celetot, Chef Hardian Eko Nurseto menjelaskan inspirasi kuliner khas ini tercipta dari gabungan antara Jabar dan Yogyakarta. Sekaligus untuk mengenalkan potensi dari olahan makanan fermentasi.

Menurutnya nenek moyang dulu mengembangkan teknologi fermentasi melalui singkong untuk mengolah makanan. “Untuk Jabar fermentasi singkong jadi peyeum. Sedangkan Yogyakarta jadi makanan gatot,” katanya.

Cita rasa gatot cenderung kenyal sedangkan peyeum memiliki rasa manis dan teksturnya empuk.

“Saya coba dua makanan itu gabungkan jadi Celetot. Ternyata memiliki tekstur menarik, empuk dan kenyal,” pungkasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -