Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TasikmalayaLewati Jembatan Amblas, Sebuah Truk Terjungkal di Tasikmalaya

Lewati Jembatan Amblas, Sebuah Truk Terjungkal di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebuah truk terjungkal saat melewati Jembatan Ciinjuk yang amblas di Kampung Sukamanah, Desa Bojonggaok, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021) lalu.

Terdapat lubang sedalam 10 meter dengan lebar 5 meter di tengah jembatan. Akibatnya hanya tersisa separuh jalan yang bisa dilewati sepeda motor.

Amblasnya Jembatan Ciinjuk tersebut terjadi usai hujan deras yang membuat debit air sungai Ciinjuk meluap. Tumpukan sampah juga memperparah kondisi jembatan yang sudah berumur 20 tahun tersebut.  

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Investasi Bodong di Tasikmalaya, Kerugian Rp 2,2 M

Saat jembatan di Tasikmalaya ini amblas, sebuah dump truk melintas dan terjungkal hingga masuk ke dalam lobang jembatan.

Posisi truk seperti sedang berdiri, edangkan ban bagian belakangnya lepas. Beruntung saat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Awal mula kejadiannya saat hujan deras terus banjir di sini. Kalau hujan deras pasti terjadi banjir, pas kebetulan saat itu truk melintas dan terjadilah amblas sampai truk pun masuk ke dalam jembatan yang amblas  itu,” kata Dani Hendayani ditemui di lokasi, Rabu (8/12/2021).

Dani menuturkan, sebelumnya tidak ada tanda-tanda jembatan mau amblas. Bahkan retak pun tidak ada.

“Bisa juga karena jembatan emang nggak kuat menahan truk yang melebihi beban. Karena saat itu truk sedang mengangkut pasir,” jelasnya.

Menurut Dani, Jambatan Ciinjuk tersebut merupakan akses jalan desa menuju Kecamatan Rajapolah.

“Sekarang kalau mau ke Rajapolah muter jaraknya lebih jauh, jadi untuk sementara roda empat tidak bisa melintas, kalau roda dua bisa melintas tapi silih bergantian,” katanya.

Dani menambahkan, instansi terkait sudah meninjau lokasi kejadian. Saat itu pun tidak ada korban jiwa. “Hanya saja mobil dump truk ban belakangnya lepas,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -