Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita PangandaranLongsor Memutus Saluran Air di Langkaplancar Pangandaran

Longsor Memutus Saluran Air di Langkaplancar Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Longsor memutus saluran air di wilayah Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (23/12/2021) malam.

Hujan deras mengakibatkan longsor hingga memutus saluran air yang mengairi sawah dan tambak ikan di Blok Cigadog, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Elan, salah seorang pemilik tambak ikan mengatakan, akibat kejadian itu warga harus secepatnya melakukan perbaikan saluran air untuk mengairi sawah dan kolam ikan.

Baca Juga : Tanahnya Subur, Pertanian di Langkaplancar Pangandaran Harus Maksimal

“Jika kondisi ini dibiarkan berlarut- larut, dikhawatirkan petani akan mengalami gagal panen. Jadi ini harus ada gerakan gotong-royong agar saluran air ini kembali berfungsi,” katanya, Jumat (24/12/2021).

Jika melihat kondisi tanah, lanjut Elan, sepertinya agak sulit untuk memperbaiki saluran air tersebut. Kecuali dengan cara memasang atau menggunakan pipa berukuran 12 inch.

Para petani berharap pemerintah memberikan bantuan untuk menangani dan memperbaikinya supaya air yang warga butuhkan kembali mengalir dengan normal.

“Lebar tanah yang longsor dan memutus saluran air itu sekitar 15 meter. Jika tidak secepatnya ada perbaikan khawatir tanah yang longsor akan makin melebar,” pungkas Elan. (Cenk/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -