Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Pencegah Kanker, Ini Jenisnya yang Terbaik untuk Anda

Makanan Pencegah Kanker, Ini Jenisnya yang Terbaik untuk Anda

Makanan pencegah kanker ada banyak jenis dan pilihannya. Penting mengenal bahan pangan ini agar kita bisa membuat menu diet sehat yang baik untuk mencegah serangan kanker.

Penyakit kanker bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya terutama karena pola konsumsi makanan yang tidak sehat yang kita makan.

Pemilihan jenis makanan sangat berpengaruh terhadap penyebab timbulnya penyakit kanker tersebut. Oleh karena itu, sangat perlu mengetahui makanan apa saja yang dapat mencegah penyakit kanker. Sehingga sangat baik untuk kita konsumsi.

Selain minumam, makanan memang menjadi asupan yang utama setiap hari sebelum atau sesudah melakukan aktivitas.

Pemilihan jenis makanan sangat perlu kita lakukan dengan teliti dan penting untuk memilihnya agar dapat terhindar dari penyakit kanker.

Karena penyakit kanker bisa berasal dari makanan, sehingga untuk menghindarinya atau mencegahnya juga bisa dari makanan yang tidak sehat.

Menurut sejumlah riset memang menyatakan bahwa tidak ada satupun makanan yang dapat mencegah kanker.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kanker Kulit, Pengertian dan Ciri-cirinya yang Penting

Namun jika makanan yang kita konsumsi mengandung nutrisi yang tepat dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Kita juga bisa memadukan berbagai jenis makanan yang kita konsumsi. Ada banyak paduan jenis makanan yang dapat kita konsumsi sebagai cara pencegahan terhadap kanker.

Seperti misalnya saja mengonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak lemak, apalagi makanan yang mengandung banyak gula dan garam.

Mengkonsumsi buah-buahan serta sayur-mayur juga sangat menjadi anjuran untuk menjaga kesehatan, maupun untuk pencegahan terhadap penyakit kanker tersebut.

Selain itu, kita juga dapat memadukan makanan-makanan seperti padi-padian dan kacang-kacangan untuk kita konsumsi.

Daftar Makanan Pencegah Kanker

Sebenarnya ada banyak jenis makanan yang berguna untuk mencegah kanker. Terpenting Anda dapat memadukan jenis-jenis makanan tersebut dengan mengonsumsinya secara teratur sebagai salah satu cara, dan berusaha agar terhindar dari penyakit kanker.

Baca Juga : Singkirkan Barang-barang Ini dari Kamarmu! Bisa Picu Penyakit Kanker

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan pencegah kanker yang bisa Anda pilih. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, variasikan dan padukan bahan tersebut dalam menu diet sehat Anda.

Buah Jeruk

Jeruk termasuk jenis buah yang terkenal memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Kandungan vitamin ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker perut.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari buah ini sebaiknya Anda mengonsumsi buah jeruk minimal 1 kali dalam sehari atau setiap hari.

Buah Anggur

Buah-buahan jenis anggur juga sangat baik sebagai makanan pencegah kanker. Terutama terhadap jenis kanker payudara, leukimia dan getah bening, liver dan lainnya.

Hal ini karena dalam anggur terdapat zat kimia polyphenols serta resveratrol yang memiliki antioksidan ampuh dalam menangkal radikal bebas. Apalagi buah ini juga mengandung senyawa anti inflammatory.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan dan Berkhasiat Cegah Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes

Sedangkan senyawa resveratrol dalam anggur berguna untuk mencegah atau menghambat tumbuhnya kanker payudara, kanker leukimia, serta kanker kulit.

Kandungan resveratrol terbanyak dapat kita temukan pada jenis buah anggur merah serta anggur ungu.

Bahkan dalam buah anggur ungu dan merah tua juga terdapat zat pencegah tumbuhnya zat Human DNA Topoisomerase II.

Zat yang dalam istilah medis bernama zat Anthocyanins inilah yang menjadi pemicu pertumbuhan kanker pada tubuh.

Minyak Ikan

Rekomendasi makanan pencegah kanker lainnya adalah minyak ikan. Dalam kandungan minyak ikan ini memiliki omega 3 yang dapat mengurangi dan menekan pertumbuhan tumor.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam minyak ikan juga dapat mencegah tumbuhnya kanker pada tubuh manusia jika dikonsumsi secara teratur. Misalnya dengan mengkonsumsinya 8 kali dalam satu bulan atau 2 kali dalam satu minggu.

Kacang Kedelai

Rekomendasi makanan pencegah kanker selanjutnya adalah kacang kedelai. Dalam makanan jenis ini terdapat kandungan ingredient aktif yang dapat membantu mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang terdapat dalam kacang kedelai antara lain seperti saponins, isoflavones, phytic acid, dan lain sebagainya. Makanan ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Beberapa jenis penyakit yang bisa kita tangkal dengan makanan ini antara lain kanker perut, kanker paru, kanker cervix, penyakit kandung kemih, ovarium serta kanker payudara.

Padi

Bahan makanan padi ini maksudnya padi-padian utuh. Hal ini karena bahan ini memiliki kandungan serat, phytochemical, mineral dan vitamin.

Dalam jenis makanan ini termasuk juga gandum dan beras gandum, beras coklat dan lainnya. Dalam padi-padian utuh terdapat senyawa-senyawa yang dapat menurunkan dan mengurangi resiko kanker.

Itulah beberapa jenis makanan pencegah kanker yang perlu kita konsumsi secara rutin atau berkala. Variasikan menu makanan Anda untuk mengoptimalkan manfaatnya. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -