Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Sumber Probiotik, Bagus untuk Pencernaan

Makanan Sumber Probiotik, Bagus untuk Pencernaan

Makanan sumber probiotik ada banyak pilihannya. Mengonsumsi makanan ini secara berkala berguna untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Apalagi nutrisi ini penting untuk melindungi tubuh dari risiko serangan sejumlah jenis penyakit.

Probiotik merupakan suatu bahan makanan yang tidak dapat tercerna oleh sistem pencernaan tubuh. Akan tetapi bahan ini sangat berguna dan menguntungkan bagi inangnya.

Adanya probiotik dapat menstimulasi secara selektif pertumbuhan sejumlah bakteri dalam kolon. Hal ini penting karena dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Dengan menjaga kesehatan pencernaan sama halnya seperti kita menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sumber prebiotik secara berkala. Sistem pencernaan adalah salah satu organ yang mengendalikan berbagai fungsi organ tubuh lainnya.

Pada saluran pencernaan seseorang ternyata terdapat berbagai macam bakteri. Dalam pencernaan ini terdapat bakteri yang baik dan juga bakteri jahat.

Salah satu contoh bakteri baik yang ada dalam saluran pencernaan yakni Bifidobakteria dan Lactobacilus.

Baca Juga : Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Janin, Ini Daftarnya!

Ragam Makanan Sumber Probiotik

Ada banyak manfaat dengan secara rutin mengonsumsi probiotik. Antara lain dapat menurunkan risiko munculnya penyakit kanker usus, diabetes, penyakit hati, dan penyakit saluran pencernaan.

Untuk mengetahui apa saja makanan sumber probiotik, berikut ini adalah beberapa yang menjadi rekomendasi terbaik. Anda perlu memasukkan makanan-makanan ini dalam menu harian Anda yang menyehatkan.

Keju

Barangkali sebagian dari Anda beranggapan bahwa probiotik hanya terdapat pada yogurt saja. Ternyata hal itu salah, karena senyawa ini juga bisa terdapat pada keju, khususnya dari jenis cheddar, gouda, dan juga parmesan.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, semakin tua usia keju, semakin besar kandungan pula probiotik yang ada. Anda bisa memilih jenis keju yang sesuai keinginan atau selera Anda.

Baca Juga : Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan, Kaya Probiotik dan Antioksidan

Asinan

Makanan ini merupakan salah satu olahan makanan yang pembuatannya dengan cara merendamnya ke dalam air dan garam. Ternyata dalam asinan ini mengandung bakteri probiotik yang menyehatkan.

Miso

Biasanya miso umumnya menjadi sajian dalam bentuk sup oleh orang-orang Jepang. Selain itu, miso menjadi salah satu makanan yang orang percaya dapat mempercepat penyembuhan akibat keracunan radiasi.

Miso juga merupakan makanan sumber probiotik yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini karena makanan ini terbuat dari nasi, kedelai, dan gandum yang telah mengalami proses fermentasi.

Roti Adonan Asam

Mungkin Anda tahu ada banyak teknik pembuatan roti. Salah satunya yakni dengan adonan asam. Ini merupakan teknik dalam membuat roti dengan memanfaatkan ragi dan bakteri lactobacillus.

Baca Juga : Makanan Penghasil Kolagen Terbaik Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda 

Oleh karena itu roti adonan asam termasuk ke dalam salah satu sumber probiotik yang juga bisa menjadi pilihan asupan Anda.

Cokelat Hitam

Makanan yang satu ini juga popular bagi banyak orang. Selain rasanya yang enak, coklat hitam juga sehat dan kaya akan antioksidan. Makanan ini juga merupakan banyak mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan

Zaitun

Siapa yang menyangka bahwa zaitun juga termasuk dalam makanan dengan banyak kandungan probiotik. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengonsumsi zaitun lantaran baik untuk melancarkan pencernaan Anda.

Fungsi Penting Probiotik Bagi Tubuh

Agar jenis bakteri baik tersebut dapat bertahan dan berkembang biak, maka memerlukan karbon dan juga energi yang cukup untuk mempertahankan koloninya.

Untuk sumber energi tersebut dapat kita ambil dari karbohidrat. Karbohidrat sendiri ada yang dapat tercerna dalam usus kecil dan ada yang tidak. Salah satu karbohidrat yang tidak dapat tercerna yakni probiotik.

Akan tetapi perlu juga untuk Anda ketahui bahwasanya bahan makanan yang dapat masuk dalam kategori sebagai makanan sumber probiotik yakni harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :

  1. Bahan pangan tidak dapat terhidrolisasi atau terserap pada bagian atas saluran gastrointestinal
  2. Selalu dapat menstimulasi secara selektif pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dalam kolon
  3. Mampu menekan pertumbuhan patogen dan virus.

Untuk contoh probiotik yakni galaktosil laktosa, rafinosa, fruktooligosakarida (FOS), galakto ligosakarida (GOS), isomalto oligosakarida. Atau trans galaktooligosakarida (TOS) dan palatinose.

Nah, itulah beberapa makanan sumber prebiotik selain yogurt yang mungkin Anda tidak ketahui sebelumnya.

Anda perlu memasukkan salah satu atau beberapa makanan tersebut dalam menu asupan sehat Anda untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -