Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Mencegah Anemia Ini Ternyata Cukup Ampuh

Makanan untuk Mencegah Anemia Ini Ternyata Cukup Ampuh

Mengonsumsi makanan untuk mencegah anemia bisa menjadi solusi mudah yang enak. Langkah ini juga bisa menjadi antisipasi, utamanya untuk Anda yang memiliki penyakit atau gangguan kurang darah atau anemia yang cukup sering terjadi.

Anemia, menurut laman Smarter Health, terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Padahal sel-sel ini berperan sangat penting, khususnya untuk membawa oksigen ke berbagai jaringan dalam tubuh.

Seseorang yang mengalami anemia umumnya akan merasa mudah lelah dan tubuhnya lemah. Organ tubuh yang tidak memperoleh oksigen cukup akan membuat fungsinya terganggu.

Penyakit anemia umumnya lebih sering terjadi pada wanita dan anak-anak. Begitu juga dengan orang sakit yang berlangsung lama lebih rentan menderita anemia.

Anemia yang terjadi pada wanita khususnya terjadi saat menstruasi. Begitu juga dengan wanita yang sedang hamil sangat memerlukan suplai yang lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, kondisi ini juga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Khususnya jika kekurangan darah berlangsung dalam jangka waktu lama. Karena itu sangat penting mengonsumsi makanan untuk mencegah anemia.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan ini. Selain karena faktor genetik, anemia juga bisa terjadi pendarahan seperti kecelakaan, gangguan fungsi organ tubuh, maupun akibat infeksi virus yang menghancurkan sel darah merah.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Mencegah Anemia Hingga Kanker

Daftar Makanan untuk Mencegah Anemia

Biasanya anemia terjadi karena kurangnya kebutuhan zat besi dalam tubuh. Karena itulah, penderita akan merasa pusing, lemas, dan cepat letah. Jika hal semacam ini terjadi, kemungkinan besar telah terkena gangguan kekurangan darah.

Proses produksi sel darah merah berlangsung pada bagian sumsum tulang. Agar produksi hemoglobin ini berlangsung optimal, tubuh membutuhkan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan jenis nutrisi lainnya.

Bagi anda yang memiliki penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia, sebaiknya masukkan beberapa makanan penambah darah untuk menu makanan sehari-hari.

Pasalnya, kekurangan darah akan menyebabkan anemia yang sangat mengganggu aktivitas rutin anda. Nah, berikut ini daftar makanan untuk mencegah anemia yang perlu Anda konsumsi secara rutin.

Daging Kambing

Daging kambing adalah salah satu makanan hewani yang mampu menambah darah dalam tubuh Anda. Pasalnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada daging kambing dapat menambah darah dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Telur Setengah Matang untuk Metabolisme Hingga Cegah Anemia

Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa mengonsumsi daging kambing terlalu banyak malah bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena itu batasi takaran konsumsinya.

Daging Bebek

Selain daging kambing, rupanya daging bebek juga termasuk jenis makanan hewani yang berguna untuk menambah darah. Daging bebek memang sudah terkenal untuk menangani masalah kekurangan sel darah merah.

Tak hanya itu, daging bebek akan cocok menjadi menu makanan yang lezat bagi mereka yang sedang mengalami anemia untuk menambah darah.

Telur

Jenis makanan untuk mencegah anemia lainnya adalah telur. Telur memang menjadi rekomendasi bagi Anda yang memiliki penyakit kekurangan sel darah merah.

Pasalnya, kandungan telur mampu menambah darah karena terdapat nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tentunya telur yang Anda konsumsi bisa dengan cara merebus, menggoreng atau olahan masakan biasa.

Baca Juga : Olahraga untuk Penderita Anemia, Gunakan Tips Ini untuk Tetap Aman

Beras Merah

Seperti yang kita tahu bahwa kandungan serat alami terdapat pada beras merah. Maka tak heran jika beras merah mampu membantu membersihkan tubuh dari racun sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, dalam beras merah juga mengandung zat besi yang sangat efektif untuk menambah darah.

Cokelat Hitam

Studi dari berbagai pakar dan ahli gizi mengatakan bahwa coklat hitam termasuk sumber antioksidan yang sangat kuat.

Bahkan coklat hitam tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, serta adanya zat besi yang mampu menambah darah dalam tubuh manusia. 

Sayur Bayam

Jenis sayuran hijau yang baik sebagai makanan untuk mencegah anemia antara lain bayam. Ini adalah sayuran yang kaya akan kandungan zat besi.

Bukan hanya baik untuk pembentukan sel darah merah, manfaat zat besi yang terdapat pada bayam juga berguna menambah darah dengan cepat. Jadi, perbanyak konsumsi bayam dalam menu sehari-hari anda.

Susu

Susu berkhasiat sangat baik untuk menambah darah dan menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, susu kaya dengan mineral dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, rutin mengonsumsi susu bisa membantu memperkecil risiko anemia atau kurang darah.

Itulah berbagai jenis makanan untuk mencegah anemia yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari agar tubuh Anda dapat terhindar dari dehidrasi. (R11/HR-Online/Editor-Eva)