Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Untuk Menjaga Imun Tubuh, Variasikan Menu Hariannya

Makanan Untuk Menjaga Imun Tubuh, Variasikan Menu Hariannya

Makanan untuk menjaga imun tubuh sangat penting menjadi menu harian yang kita konsumsi. Namun agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dan tidak membuat kita bosan, penting untuk mengolah dan membuat variasi menunya.

Berbicara mengenai makanan yang sehat sudah pasti menjadi hal yang perlu kita konsumsi setiap harinya. Tak hanya sehat, menu makanan kita juga harus memperhatikan kandungan nutrisinya.

Tujuannya tidak lain agar tubuh senantiasa sehat dan bugar, serta kebal terhadap berbagai penyakit. Utamanya untuk jenis penyakit serius seperti hipertensi, diabetes hingga kanker.

Kita harus menghindari berbagai macam makanan yang menggunakan pengawet. Apalagi pada zaman serba instan tentunya kita perlu pandai memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Jenis Makanan untuk Menjaga Imun Tubuh

Makanan sangat penting untuk kehidupan. Namun untuk menjaga tubuh selalu sehat, makanan yang kita makan juga harus sehat dan mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Untuk memudahkan Anda mengetahui apa saja jenis makanan guna menjaga imun tubuh yang perlu kita konsumsi setiap hari, mari simak daftar lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Ciri Tubuh Kekurangan Protein, Imun Tubuh Lemah Hingga Insomnia

Ubi

Salah satu jenis makanan sehat dan bergizi yang baik kita konsumsi setiap hari adalah ubi. Baik itu mengukur, membakar, maupun dengan mengolahnya menjadi menu makanan lainnya. Ubi-ubian sangat baik bagi tubuh.

Alasannya, dalam ubi terkandung berbagai nutrisi. Seperti vitamin A, C, B6, mangan dan kalium yang dapat menjaga kesehatan tulang, mata dan imunitas tubuh.

Telur

Bahan makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi dan sering kita konsumsi. Namun tahukah Anda kalau ternyata telur memiliki banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh?

Kandungan nutrisi pada kuning telur tak hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mata.

Anda bisa menyajikan telur sesuai selera, yakni dengan cara merebus, mengukus dan lainnya.

Baca Juga : Tanda Imun Tubuh Melemah, Waspadai agar Kondisinya Tetap Stabil!

Oatmeal

Daftar makanan untuk menjaga imun tubuh berikutnya adalah oatmeal. Ini merupakan makanan superfood yang sangat lezat dan biasanya kita konsumsi saat sarapan.

Terkenal tinggi serat sehingga oatmeal baik untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi oatmeal rutin setiap hari bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Artinya, oatmeal juga baik menjadi menu makanan saat Anda menerapkan pola diet sehat.

Alpukat

Siapa yang tidak suka dengan buah satu ini. Alpukat adalah jenis buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, lemak sehat dan mineral yang berguna dalam mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Mengkonsumsi alpukat setiap hari bahkan mampu menghindarkan dari berbagai penyakit. Mulai dari penyakit diabetes, jantung hingga kanker.

Baca Juga : Buah yang Mengandung Vitamin C Bagus untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Brokoli

Sudah sejak dulu sayuran ini terkenal dan menjadi menu makanan untuk menjaga imun tubuh yang sangat baik.

Brokoli sangat kaya akan nutrisi. Ya, dalam brokoli terkandung vitamin A, C, K dan folat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang baik untuk mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaat brokoli bagi tubuh Anda saran terbaik adalah agar tidak terlalu lama saat merebusnya.

Jeruk

Tak hanya terkenal kaya sumber vitamin C, jeruk juga mengandung folat dan serat yang sudah pasti sangat penting bagi tubuh.

Jeruk bahkan memiliki kandungan yang mampu memproduksi sel darah putih dan antibodi. Kedua kandungan tersebut berguna dapat melawan infeksi dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Mengandung magnesium dan lemak tak jenuh, kacang-kacangan juga menjadi makanan untuk menjaga imun tubuh yang wajib Anda konsumsi setiap harinya.

Hal ini karena kacang-kacangan dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga baik untuk menangkal radikal bebas karena dalam makanan ini terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi.

Teh Hijau

Tak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan ternyata teh hijau juga baik Anda konsumsi secara rutin.

Bagaimana tidak, teh hijau memiliki kandungan antioksidan serta mampu mengurangi inflamasi. Tidak hanya itu, teh hijau berkhasiat mengurangi rasa mual dan pusing.

Itulah beberapa daftar makanan untuk menjaga imun tubuh yang baik Anda konsumsi setiap harinya. Namun agar manfaatnya lebih optimal, sebaiknya variasikan menu makanan Anda. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -