Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Sendi Sehat, Ini Rekomendasi Jenisnya

Makanan untuk Sendi Sehat, Ini Rekomendasi Jenisnya

Makanan untuk sendi sehat sangat penting untuk memperbaiki gangguan yang ada maupun menjaga kekuatannya. Apalagi gangguan pada sendi cukup sering terjadi dan bisa menyebabkan gerakan tubuh menjadi sakit dan terbatas.

Sendi pada tubuh merupakan salah satu elemen penting untuk mendukung semua mobilitas dan fleksibilitas tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Karena itu sangat penting kita menjaga kesehatannya.

Anda tentunya tidak akan nyaman beraktivitas apabila ada gangguan kesehatan, salah satunya yang menyerang bagian persendian. Tapi jika sendi Anda sehat, maka tentunya Anda akan lebih leluasa dalam beraktivitas.

Untuk itu, sangat penting menjaga fungsi sendi dengan cara mengoptimalakan fungsi sendi. Itu perlu kita lakukan dengan baik, salah satunya menghindari kesalahan gerak maupun dengan cara rutin berolahraga.

Rekomendasi Makanan untuk Sendi Sehat

Masalah sendi sebenarnya tidak dapat kita jauhkan dengan pola hidup Anda sehari-hari. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan persendian.

Lantas, makanan apa saja yang berguna untuk sendi? Yuk langsung simak saja beberapa jenis makanan untuk sendi sehat yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin berikut ini.

Baca Juga : 13 Makanan Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Dijauhi

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk sendi. Rekomendasi jenis ikan yang sangat cocok adalah ikan tuna dan ikan salmon.

Kedua jenis ikan tersebut kaya akan asam lemak esensial, omega-3 dan nutrisi penting lainnya. Kandungan ini sangat baik untuk menguatkan sendi serta memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak harian.

Selain itu, omega-3 juga sudah terbukti khasiatnya sangat baik bagi kesehatan sendi, yakni dapat mengurangi peradangan serta nyeri sendi.

Jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi ikan, maka asam lemak omega 3 juga bisa Anda dapatkan dari bahan makanan lain seperti kacang-kacangan, almond dan kacang kedelai.

Whole Grain

Rekomendasi makanan untuk sendi sehat yang tak kalah pentingnya adalah whole grain. Ini termasuk dalam bahan makanan yang tergolong biji-bijian. Seperti contohnya padi, gandum, beras merah, dan jagung.

Baca Juga : Makanan Sumber Probiotik, Bagus untuk Pencernaan

Whole grain selain kaya akan serat, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan sendi. Mengutip dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwasanya whole grains mengandung choline dan betaine yang bermanfaat untuk tubuh.

Unsur-unsur ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya inflamasi. Makanan ini juga kaya akan mineral tembaga yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Susu dan Produk Olahannya

Selain itu, ada jenis makanan untuk sendi sehat yang juga sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Makanan atau minuman itu adalah susu dan berbagai produk olahannya.

Seperti kita tahu bahwa susu dan juga produk olahannya seperti keju dan yogurt kaya akan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan, kepadatan dan juga kesehatan tulang.

Selain kalsium pada produk susu juga terkandung berbagai macam nutrisi, seperti zinc, magnesium, dan kandungan vitamin. Jenis nutrisi dan mineral ini baik untuk sendi dan dapat menghindarkan dari osteoporosis.

Baca Juga : Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi, Ini Jenis yang Terbaik!

Suplementasi Glukosamin

Apakah Anda pernah mendengar Glukosamin? Ya, Glukosamin adalah senyawa pembangun yang penting untuk menguatkan persendian tulang rawan.

Zat ini berfungsi sebagai bantalan pada ujung tulang, mencegah tulang dari keretakan saat Anda bergerak.

Walaupun sebenarnya tubuh memproduksi glukosamin secara alami, namun suplementasi glukosamin tetap kita butuhkan.

Karena glukosamin yang ada dalam tubuh terus berkurang. Hal ini seiring dengan bertambahnya usia yang dapat mengakibatkan rusaknya tulang rawan area sendi.

Buah Beri

Pilihan makanan untuk sendi sehat lainnya adalah buah beri. Inilah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk sendi.

Seperti terungkap dari sebuah hasil riset yang termuat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Hasil penelitin itu menyebutkan bahwa, kandungan resveratrol yang terdapat dalam buah cranberi, mulberi, bluberi, dan anggur merah mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan persendian.

Manfaat buah-buahan tersebut antara lain untuk mengurangi peradangan, melindungi sel endotel dari stres oksidatif, serta menghambat peradangan pada sendi.

Maka dari itu menjaga kesehatan sendi salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat tersebut.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan untuk sendi sehat. Walaupun sering kali masalah sendi kita anggap sepele, namun adanya gangguan pada sendi akan sangat mengganggu aktivitas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -