Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita BisnisManfaat Asuransi Jiwa Tak Sekedar Agar Bisa Klaim

Manfaat Asuransi Jiwa Tak Sekedar Agar Bisa Klaim

Manfaat asuransi jiwa yang begitu besar mungkin sudah banyak orang yang tahu. Namun keutamaan tersebut lebih tertuju pada besarnya klaim yang bisa kita ambil. Padahal masih banyak manfaat lain yang belum banyak orang tahu.

Masih ada sebagian orang yang beranggapan sebaliknya. Mereka umumnya merasa kecewa karena suatu sebab. Mereka yang merasa dirugikan karena ikut asuransi pada dasarnya kurang mengerti dengan perjanjian dan manfaat yang ada pada polis asuransi.

Asuransi jiwa merupakan sebuah layanan asuransi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial. Seperti hilangnya pendapatan keluarga atau seseorang yang terjadi karena kematian tertanggung yang menjadi sumber pencari nafkah.

Baca Juga: Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa, Modal Semangat Tapi Menjanjikan

Dari berbagai jenis asuransi yang ada, asuransi jiwa menjadi salah satu produk asuransi yang banyak menjadi pilihan masyarakat luas. Asuransi jiwa ini bertujuan sebagai bentuk antisipasi terhadap keluarga yang masih hidup.

Karena mereka tentunya membutuhkan dukungan finansial setelah kematian tertanggung. Ini supaya keadaan ekonomi tidak buruk dan masih dapat bertahan hingga beberapa tahun.

Beragam Manfaat Asuransi Jiwa

Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi jiwa dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Sebagai konsumen kita perlu teliti dan selektif memilih sesuai kebutuhan keluarga kita.

Memiliki asuransi jiwa dapat menjadi salah satu pilihan tepat karena anda akan mendapatkan banyak manfaatnya. Nah, berikut ini beragam manfaat asuransi jiwa yang masih banyak orang belum mengenalinya.

Membuat Pikiran Lebih Tenang

Orang yang memiliki asuransi jiwa akan lebih tenang, nyaman dan bahagia karena tidak perlu memikirkan hal buruk yang mungkin terjadi kepada keluarga setelah meninggal.

Kehilangan yang diakibatkan kematian bukan hanya duka saja yang dirasakan tetapi juga finansial atau keuangan yang harus dipikirkan setelah ditinggalkan anggota keluarga yang menjadi tulang punggung.

Baca Juga: Asuransi HP Hilang Mengurangi Risiko, Ini Manfaat dan Cara Klaimnya

Risiko tersebut dapat dihindari bila anda menggunakan asuransi jiwa karena kelangsungan hidup keluarga dapat terus berjalan dan kondisi keuangan masih aman hingga beberapa tahun ke depan.

Mengantisipasi Kerugian

Manfaat asuransi jiwa lainnya yang anda miliki, anda dapat mengantisipasi kerugian yang datang kepada anda. Seperti jika terjadi kecelakaan, cacat total hingga kematian.

Bila anda meninggal dunia maka asuransi akan menanggung biaya pemakaman, cicilan rumah dan pinjaman tunai. Bila anda hanya mengandalkan tabungan saja tentunya akan terasa berat.

Ada Potensi Cuti Premi

Asuransi jiwa memiliki istilah cuti premi dimana tertanggung atau nasabah dapat cuti membayar premi, tetapi tidak semua asuransi jiwa memberlakukan sistem cuti premi.

Banyak Pilihan Manfaat

Asuransi jiwa memiliki banyak rider atau manfaat. Manfaat asuransi jiwa ini bisa kita kita pilih, seperti perlindungan terhadap berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, kanker, stroke dan lain sebagainya.

Pada saat tertanggung meninggal karena sakit kronis maka perusahaan akan membayarkan santunan kepada ahli waris.

Pendidikan Anak Lebih Terjamin

Asuransi jiwa dapat membantu anda yang telah memiliki anak dan masih menempuh pendidikan. Termasuk anda yang memiliki anak masih kecil tentunya masih akan menempuh pendidikan yang panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Bila anda memiliki asuransi jiwa maka anda tidak perlu pusing dengan biaya pendidikan anak. Hal ini karena hal itu sudah menjadi tanggungan dari perusahaan asuransi.

Tempat untuk Menabung

Manfaat asuransi jiwa juga dapat menjadi tempat untuk menabung. Ini sangat berguna sebagai bentuk atau langkah antisipasi bagi anda beserta keluarga dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Orang-orang yang memiliki asuransi jiwa sebenarnya adalah mereka yang peduli. Mereka ingin melindungi dan memberikan jaminan keuangan untuk keluarga atau orang-orang tersayang.

Baca Juga: Jenis Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

Dengan adanya asuransi ini sangat berguna untuk antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Seperti cacat permanen atau kematian. Karena itulah pentingnya asuransi perlu menjadi kesadaran semua orang.

Pembayaran Premi Lebih Mudah

Bagi anda yang memiliki asuransi jiwa dan wajib membayar premi, kini pembayarannya lebih mudah karena dapat kita lakukan secara online. Kita bisa menggunakan aplikasi pada smartphone untuk melakukan pembayaran.

Itulah berbagai manfaat asuransi jiwa yang sangat penting khususnya bagi anggota keluarga yang kita tinggalkan. Namun agar manfaat ini optimal tentunya Anda perlu memperhatikan kesepakatan dengan perusahaan agar tidak malah membuat Anda mengalami kerugian. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -