Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Sehat dan Kenyal

Manfaat Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Sehat dan Kenyal

Manfaat hyaluronic acid atau asam hialuronat dalam skincare menjadi populer akhir-akhir ini. Senyawa ini bekerja dengan cara mengikat air ribuan kali melebihi bobot aslinya, sehingga kelembaban kulit lebih terjaga.

Apalagi semakin banyak artis Korea yang mempromosikan skincare dengan kandungan ini, alhasil produknya pun semakin laris manis.

Sama seperti collagen, tubuh kita juga memproduksi sendiri hyaluronic acid. Namun seiring bertambahnya usia, produksinya semakin menurun dan menyebabkan berbagai masalah.

Beberapa keluhan yang paling umum antara lain kulit kekeringan, terasa kasar, muncul kerutan, bahkan terkena eksim.

Baca Juga: Skincare untuk Menyamarkan Pori-pori, Kulit Wajah Tampak Mulus

Agar kulit tetap sehat dan lembab, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk memakai skincare yang mengandung hyaluronic acid. Ada beragam manfaat hyaluronic acid yang bisa kamu dapat sehingga sayang sekali untuk melewatkannya.

Berikut Manfaat Hyaluronic Acid

Menggunakan skincare yang mengandung asam hialuronat bisa membuat kulit tampak segar dan awet muda. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memiliki minimal satu produk yang mengandung bahan ini.

Melembabkan Kulit

Manfaat hyaluronic acid yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mempertahankan kelembaban.

Ia bekerja dengan cara menahan air ribuan kali, melebihi bobotnya sendiri. Bahan ini cocok untuk kulit kering dan dehidrasi yang membutuhkan molekul air.

Pada kulit kering, bahan ini memberi efek kulit yang padat dan elastis. Sedangkan pada kulit berminyak, hyaluronic acid dapat mencegah produksi minyak berlebih.

Kulit berminyak tetap butuh pelembab, karena minyak berbeda dengan air. Jika terjadi dehidrasi, kelenjar minyak akan memproduksi sebum lebih banyak.

Baca Juga: Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Rekomendasinya

Menyehatkan Kulit

Setiap hari kulit kita berhadapan dengan berbagai ancaman, mulai dari debu, polusi, sinar matahari, dan sinar biru dari elektronik.

Semua ancaman yang diterima kulit akan menyebabkan produksi asam hialuronat semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Jika kamu berada di wilayah perkotaan dengan kualitas udara yang rendah, maka kondisi kulit pun ikut terpengaruh.

Salah satu manfaat hyaluronic acid adalah menjaga kulit tetap sehat. Dengan mempertahankan kelembaban, skin barrier tidak akan mudah rusak.

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang berhadapan dengan ancaman dari luar, sehingga kita butuh hyaluronic acid sebagai komponen penting.

Mengurangi Kerutan di Wajah

Kulit yang kehilangan kelembaban dan elastisitas cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Kerutan dan garis-garis halus adalah gejala umum penuaan, namun kita bisa mendapatkan manfaat hyaluronic acid untuk awet muda.

Meski tidak sepenuhnya menghilangkan keriput, tapi wajah tampak jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

Tidak ada patokan kapan harus mulai pakai skincare anti aging. Akan tetapi biasanya orang mulai membutuhkan anti aging ketika menginjak usia 25 tahun.

Baca Juga: Kandungan Skincare dan Manfaatnya, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Kamu

Apabila kamu sudah memiliki garis halus di sekitar rahang atau kerutan pada area mata, maka itulah waktunya memulai perawatan anti aging.

Membantu Pembentukan Sel Kulit Baru

Siklus regenerasi kulit manusia berlangsung sekitar 14-35 hari. Semakin bertambah usia, maka proses regenerasi akan berjalan lebih lambat.

Selama masa regenerasi inilah sel kulit mati akan dipaksa keluar dari lapisan. Kita perlu melakukan eksfoliasi agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menyebabkan kulit kusam.

Setelah melakukan eksfoliasi, sel kulit baru akan terbentuk. Dengan menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid, pembentukan sel kulit baru akan lebih mudah.

Tak heran jika dokter merekomendasikan produk yang mengandung bahan ini setelah perawatan peeling wajah atau tindakan laser.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika kulit terluka, bekasnya bisa bertahan lama dan mengganggu penampilan. Akan tetapi, manfaat hyaluronic acid ternyata juga mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Senyawa ini bisa membantu pembuluh darah dalam menutup luka sehingga menjadi sembuh lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas.

Akan tetapi sebelum menggunakan asam hialuronat pada luka, pastikan kamu sudah memberi antibiotik terlebih dulu. Terutama untuk jenis luka lecet dan memar, selalu awasi kemungkinan terjadinya infeksi.

Apabila luka sudah mengering, maka kamu bisa menggunakan hyaluronic acid untuk membantu regenerasi sel kulit baru.

Itulah berbagai manfaat hyaluronic acid yang bisa kita dapatkan dari skincare. Produk yang bisa kita temukan di pasaran antara lain sabun, toner, serum, dan moisturizer. Bahkan saat ini juga semakin banyak brand lokal yang menggunakan bahan ini sebagai komponen utama dengan harga terjangkau. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -