Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Niacinamide bagi Kulit, Wajah Cerah Anti Kilang Minyak

Manfaat Niacinamide bagi Kulit, Wajah Cerah Anti Kilang Minyak

Ada segudang manfaat niacinamide bagi kulit yang bermanfaat bagi semua jenis kulit. Mulai dari menghilangkan bekas jerawat, mengontrol minyak hingga mencerahkan kulit. Tak heran jika kandungan satu ini mulai sering kita temui dalam produk-produk skincare.

Awalnya, niacinamide ditemukan pada skincare Korea. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak brand lokal mengeluarkan produk dengan kandungan niacinamide. Konsentrat dalam setiap produk pun beragam, sehingga kita bisa memilih skincare yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit.

Untuk kamu yang belum tahu manfaat niacinamide bagi kulit, yuk simak penjelasan berikut! Bisa jadi kandungan ini adalah solusi yang sedang kamu tunggu-tunggu.

Mengingat khasiatnya banyak, kandungan ini juga bisa kita kombinasikan dengan zat-zat lain tanpa menimbulkan iritasi.

Segudang Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Memiliki wajah cerah bebas kilang minyak tentu adalah dambaan pemilik tipe kulit kombinasi dan oily.

Terutama minyak di area T Zone (dahi, hidung, dan dagu) selalu saja membuat bedak cepat luntur. Dengan menggunakan kandungan ini, kamu pun lebih percaya diri dalam kondisi tanpa riasan. 

Baca Juga: Kandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Zat Turunan Vitamin B3

Niacinamide merupakan zat turunan dari vitamin B3 yang biasa terkandung dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, telur, susu, dan ikan.

Memenuhi kebutuhan vitamin B3 dapat mencegah gangguan pada otak, ginjal dan kulit. Manfaat niacinamide bagi kulit juga sangat luar biasa.

Sebagai solusi dari berbagai masalah kulit, niacinamide akan bekerja lebih maksimal apabila dikombinasikan dengan zat-zat lain.

Misalnya, untuk mengatasi jerawat dan bruntusan, kamu bisa mendapat hasil lebih bagus jika dibarengi retinol. Namun pemakaian retinol pada wajah harus lebih hati-hati ya, karena zat ini cukup sensitif terhadap sinar matahari.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat biasanya meninggalkan bekas yang susah hilang. Bekas-bekas jerawat yang kemerahan atau keunguan tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Bahkan terkadang bisa bertahan ada di wajah selama berbulan-bulan, lebih lama dari jerawat itu sendiri. Untungnya nih, manfaat niacinamide bagi kulit bisa menjadi solusi untuk bekas jerawat.

Baca Juga: Pantangan Bagi Kulit Sensitif, Jangan Lakukan Ini!

Niacinamide bekerja menghambat perpindahan melanosit yang memberikan warna pada kulit. Dengan menggunakan serum niacinamide pada area tertentu, warna kulit akan jadi lebih merata. Cara ini bisa kamu pakai untuk menghilangkan noda-noda membandel bekas jerawat.

Mencegah Jerawat Muncul

Untuk skincare yang mengandung niacinamide mulai dari face wash, toner, dan moisturizer, ternyata bisa mencegah kemunculan baru.

Biasanya wanita yang memasuki siklus haid cenderung terkena masalah jerawat akibat perubahan hormon.

Kamu yang memiliki sensitif juga beresiko terkena jerawat saat terjadi perubahan cuaca dan suhu.

Namun, skincare yang mengandung niacinamide bisa mencegah munculnya jerawat. Skincare dengan kandungan niacinamide 5% dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit, sehingga wajah pun tampak lebih kenyal. Produk-produk yang mengandung zat ini juga aman dipakai setiap hari.

Meredakan Kemerahan di Kulit

Kulit akan mengalami kemerahan ketika mengalami peradangan. Saat kita terkena sinar matahari tanpa sunscreen atau berinteraksi dengan air panas, kulit akan mengalami kemerahan.

Manfaat niacinamide bagi kulit salah satunya adalah untuk meredakan kemerahan akibat peradangan.

Jika ingin memperkuat skin barrier, gunakan skincare yang mengandung niacinamide. Lapisan kulit terluar akan selalu berhadapan dengan ancaman, seperti debu, polusi, radiasi, bahkan benturan.

Memiliki skin barrier yang kuat bisa mencegah masalah-masalah kulit muncul di kemudian hari.

Mengontrol Produksi Minyak

Bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak, niacinamide akan mengontrol produksi sebum.

Produksi minyak berlebih membuat wajah terasa lengket, sehingga tak jarang riasan cepat luntur. Namun jika produksi minyak lebih terkontrol, riasan akan bertahan lebih lama dan tidak perlu sering-sering retouch.

Manfaat niacinamide bagi kulit bisa kamu dapatkan dari berbagai produk skincare. Serum yang mengandung niacinamide terbukti efektif dalam mengontrol minyak berlebih. Kondisi minyak yang terkendali juga membantu mencegah munculnya jerawat.

Membuat Wajah Tampak Lebih Cerah

Selain memudarkan noda-noda gelap, kandungan ini bisa membuat wajah tampak cerah secara menyeluruh.

Untuk masalah kulit kusam, sebaiknya mulai pertimbangkan kandungan ini dalam membeli skincare. Niacinamide bisa bekerja seperti alpha arbutin dan licorice dalam mengatasi hiperpigmentasi.

Baca Juga: Manfaat Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Sehat dan Kenyal

Meski memiliki banyak khasiat, ada baiknya lakukan tes alergi terlebih dulu sebelum menggunakan skincare ke area wajah.

Oleskan sedikit produk ke bagian lengan dan tunggu selama 24 jam. Apabila tidak terjadi reaksi alergi, maka produk aman digunakan ke wajah.

Itulah berbagai manfaat Niacinamide bagi kulit. Produk skincare dengan kandungan Niacinamide membuat wajah bebas minyak. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -