Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Probiotik Bagi Kulit, Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan

Manfaat Probiotik Bagi Kulit, Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan

Manfaat probiotik bagi kulit mulai dari mengatasi jerawat hingga mencegah penuaan. Bakteri baik turut mendukung kesehatan kulit dan kini kita bisa mendapatkannya dari skincare.

Apalagi semakin banyak brand lokal yang mengeluarkan skincare lokal mengandung probiotik dengan harga terjangkau.

Formula probiotic complex adalah sebutan untuk mikroorganisme atau bakteri baik yang biasanya muncul dari hasil fermentasi.

Beberapa jenis bakteri baik yang paling umum di antaranya lactobacillus, galactomyces, bifida ferment lysate, dan masih banyak lagi.

Sementara brand lokal yang menggunakan formula probiotic complex diantaranya Joylab, Skintific, dan The Bath Box.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen SPF 50, Lindungi Kulit Wajah

Tidak ketinggalan, N’Pure juga mengeluarkan rangkaian skincare terbaru dengan manfaat probiotik bagi kulit. Simak penjelasan lengkap seputar bakteri baik yang terkandung dalam skincare.

Ragam Manfaat Probiotik Bagi Kulit

Awalnya, probiotik atau bakteri baik berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan. Kini, bakteri baik juga bisa berperan dalam kecantikan kulit. Apa saja keuntungan yang kita dapat dari probiotik ini?

Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah sebutan untuk lapisan kulit terluar yang paling sering berhadapan dengan ancaman. Setiap hari, kulit kita menghadapi debu, polusi, sinar matahari, radiasi dari elektronik, gesekan, bahkan benturan.

Jika kita tidak memiliki proteksi, maka lama kelamaan skin barrier akan rusak dan menyebabkan berbagai masalah.

Manfaat probiotik bagi kulit yang utama adalah membentuk lapisan pelindung sehingga dapat meminimalisir efek buruk dari sinar matahari dan zat-zat polutan.

Radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab munculnya kerutan dan flek hitam. Bakteri bifida ferment lysate menjadikan fungsi skin barrier lebih baik serta menurunkan sensitivitas kulit.

Menghambat Penuaan

Skincare yang mengandung galactomyces dapat memaksimalkan penyerapan dan memiliki efek antioksidan.

Baca Juga: Skincare Air Wudhu, Ini Fakta di Balik Kehebohannya

Alasannya karena mikroorganisme baik di dalamnya turut mencegah kemunculan kerutan dan garis halus, sehingga kulit wajah tetap elastis.

Tak heran jika orang yang menggunakan skincare dengan formula ini tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Kerutan dan garis-garis halus akan muncul ketika seseorang mulai menginjak usia 30. Pada sebagian orang, kemunculan tanda-tanda penuaan juga bisa terlihat dari usia 25 dengan ditandai pori-pori membesar.

Wajah tetap kenyal dan pori-pori terawat merupakan manfaat probiotik bagi kulit yang tak boleh disepelekan.

Mencerahkan Kulit

Karena kulit terlindungi dari berbagai ancaman luar, maka sel-sel kulit baru akan lebih mudah terbentuk.

Probiotik membantu pembentukan sel kulit baru sehingga wajah pun akan tampak lebih cerah merata. Untuk kamu yang memiliki kulit kusam, pertimbangkan skincare dengan kandungan ini.

Selain menggunakan skincare yang mengandung probiotik, tak ada salahnya dibarengi dengan makanan sehat.

Buah-buahan yang tinggi vitamin C juga turut mengatasi masalah pigmentasi dan memudarkan noda-noda bekas jerawat. Mengingat manfaat probiotik bagi kulit sangat luar biasa, mari kita gunakan secara rutin.

Mengatasi Peradangan dan Jerawat

Keberadaan lactobacillus bisa meredakan sensasi kering dan terganggu yang datang bersama iritasi. Sedangkan bifidobacterium longum dapat meningkatkan ketahanan kulit terhadap perubahan suhu.

Baca Juga: Perbedaan Toner dan Serum: Kenali Khasiatnya, Jangan Salah Urutan

Hampir segala peradangan pada kulit bisa diatasi dengan skincare yang mengandung probiotik.

Untuk si pejuang jerawat, manfaat probiotik bagi kulit bisa menjadi solusinya. Tentunya dengan memakai skincare yang tepat, jerawat bisa hilang tanpa bekas. Bagi sebagian orang, bekas-bekas jerawat ini sangat mengganggu.

Oleh karena itu perlu mendapat penanganan yang tepat dalam menghilangkan jerawat agar cepat sembuh dan tidak merusak jaringan kulit.

Makanan yang Mengandung Probiotik

Menurut dr. Diana M. Biomed, penting bagi kita untuk memaksimalkan cara kerja probiotik dengan dua cara. Selain menggunakan skincare, mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik juga sama baiknya bagi kulit.

Kita juga bisa menjaga kesehatan secara menyeluruh, seperti meningkatkan imun tubuh dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Makanan yang mengandung probiotik yang bisa kita temukan antara lain yogurt, tempe, kimchi, dan acar. Aneka makanan tersebut telah melewati proses fermentasi sehingga menghasilkan bakteri baik yang turut menjaga sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan tubuh yang tetap bugar dan kulit segar, yuk tambahkan makanan fermentasi ke dalam menu sehari-hari.

Itulah manfaat probiotik bagi kulit yang bisa kita dapatkan. Selain mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah, ternyata bakteri baik bisa mencegah kerutan. Tertarik untuk mulai menggunakannya? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -