Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Salicylic Acid, Bahan Andalan Kulit Berminyak

Manfaat Salicylic Acid, Bahan Andalan Kulit Berminyak

Manfaat salicylic acid atau asam salisilat berperan penting bagi kulit berminyak. Zat yang memiliki nama lain beta hydroxy acid (BHA) ini tergolong eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati. Karena bekerja ke dalam pori-pori, ia juga bisa menghilangkan jerawat dan komedo.

Salicylic acid digunakan untuk penggunaan luar atau permukaan kulit. Biasanya terkandung dalam salep, krim, dan berbagai skincare dengan konsentrat 0,5 hingga 5% tergantung dari komposisi produknya. Penggunaan zat ini juga bisa membuat pori-pori tetap bersih dan mengecil sehingga cocok untuk si pejuang jerawat.

Menurut Ahli Kosmetik Ron Robinson, zat ini berasal dari kulit pohon willow dan bersifat larut dalam minyak. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan manfaat salicylic acid lebih berfokus pada tipe kulit berminyak, karena ia bisa bekerja ke dalam pori-pori.

Berikut Manfaat Salicylic Acid

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah jerawat, skincare salicylic acid bisa menjadi solusi. Ia mampu menenangkan peradangan dan kemerahan yang timbul akibat jerawat, sehingga kulit bisa pulih lebih cepat. Berikut ini adalah khasiat dan kegunaannya secara lengkap.

Mengobati Jerawat

Sebuah studi menunjukkan, manfaat salicylic acid yang utama adalah mengobati jerawat ringan hingga sedang. Alasannya karena zat ini bersifat anti irritant dan anti bakteri, sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat serta komedo.

Baca Juga: Mitos Seputar Jerawat yang Ternyata Keliru dan Hoaks

Untuk menyembuhkan jerawat, gunakan skincare yang mengandung salicylic acid. Di awal-awal, gunakan konsentrat rendah terlebih dulu untuk melihat reaksi kulit. Apabila tidak terjadi breakout, pemakaian boleh berlanjut sambil perlahan-lahan tingkatkan konsentratnya.

Mencegah Kemunculan Komedo

Penampakan komedo di wajah terutama area hidung benar-benar mengganggu, apalagi jika permukaan kulit sampai terasa kasar. Komedo terjadi akibat produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori. Untungya, manfaat salicylic acid dapat membersihkan pori-pori sehingga dapat menghilangkan komedo juga.

Pori-pori yang bersih dan terawat akan membuat wajah tampak mulus dan riasan lebih mudah menempel. Akan tetapi, masalah pori-pori besar bisa terjadi pada semua jenis kulit terutama bagi yang semakin bertambah usia. Penting untuk menambahkan toner yang mengandung BHA atau asam salisilat ke dalam skincare mingguan sebagai eksfoliasi.

Mengontrol Minyak Berlebih

Permukaan kulit wajah yang mengkilap dan terasa lengket membuat kita tidak nyaman. Debu dan kotoran jadi lebih mudah menempel, sehingga kondisi ini memicu jerawat. Selain itu, riasan yang kamu pakai cenderung lebih mudah luntur karena produksi minyak berlebihan.

Untungnya, manfaat salicylic acid yang terkandung dalam serum bisa bekerja sebagai pengontrol minyak. Apabila produksi minyak di wajah lebih terkendali, maka kamu juga bisa mencegah jerawat dan komedo. Riasan pun jadi lebih awet dan tidak perlu sering touch up ketika sedang ada kegiatan outdoor.

Baca Juga: Serum Pengontrol Minyak Berlebihan, Wajah Segar Bebas Kilap

Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi adalah rutinitas yang perlu kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Menggunakan toner yang mengandung BHA dapat membantumu mengangkat sel kulit mati. Dengan pemakaian rutin, kulit jadi lebih cerah merata lho.

Manfaat salicylic acid yang terkandung dalam toner bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah tidak terlihat kusam.

Apabila menggunakan toner jenis exfoliating, selalu sediakan kapas atau cotton pad agar sel kulit mati bersama residu bisa terangkat dengan maksimal. Lakukan eksfoliasi sebaiknya jangan terlalu sering agar tidak terjadi iritasi.

Aturan Pemakaian

Menurut Mayo Clinic, pemakaian BHA atau salicylic acid akan lebih efektif jika sesuai dengan dosis berikut.

  • Untuk gel atau obat totol dengan konsentrasi 0,5 sampai 5% oleskan sehari sekali.
  • Lotion atau krim dengan konsentrat 1-2% gunakan 1-3 kali dalam sehari.
  • Sabun atau pembersih wajah dengan konsentrat 0,5-5% digunakan sesuai kebutuhan, misalnya ketika sedang berjerawat saja.
  • Bentuk larutan (toner) dengan konsentrat 0,5-2% gunakan 1-3 kali dalam sehari.
Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Breakout Saat Pakai Skincare Baru

Manfaat salicylic acid akan bekerja dengan efektif jika digunakan sesuai anjuran. Pastikan kamu sudah tahu perbedaan serum dan toner agar tidak tertukar dalam tahapan skincare. Terakhir, hindari obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide jika kamu sudah memakai salicylic acid. Meski sama-sama menghilangkan jerawat, keduanya bisa saling membunuh satu sama lain sehingga tidak memberi hasil. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -