Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Mekarbuana Ciamis Kompak Bersihkan Lumpur yang Menutupi Jalan

Warga Mekarbuana Ciamis Kompak Bersihkan Lumpur yang Menutupi Jalan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, kompak bergotong royong membersihkan lumpur tanah longsoran di sepanjang badan jalan, Jumat (17/12/2021).

Kaur Ekonomi dan Pembangunan Desa Mekarbuana Anda Lesmana mengatakan, pasca  bencana tanah  longsor yang terjadi beberapa hari lalu, longsoran tanah tidak hanya menutupi areal persawahan dan perkebunan saja.

Akan tetapi, akses jalan yang berada di Blok Curug Siwur Dusun Cogreg mengalami lumpuh total karena tertimbun material tanah. 

Baca juga: Bangunan Mushola Milik Pemdes Sindangsari Ciamis Terancam Ambruk

Mengingat akses jalan tersebut sebagai salah satu jalan produktif yang setiap harinya menjadi akses penghubung antar Dusun dan Desa. Maka masyarakat kompak melaksanakan kerja bakti.

“Tidak hanya tenaga saja, tapi bantuan moral dan materil juga ada dari warga,” katanya.

Berkat adanya gotong royong masyarakat dan bantuan alat berat dari instansi terkait, lumpur tanah yang menutupi badan jalan sudah bersih. Sehingga akses jalan sudah bisa kembali normal.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada bila hujan deras terjadi, terlebih yang berada di titik rawan longsor,” pungkasnya. (Dji/R6/HR-Online) . 

- Advertisment -