Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Demam pada Anak dengan Obat Alami yang Ampuh

Mengatasi Demam pada Anak dengan Obat Alami yang Ampuh

Cara mengatasi demam pada anak ada banyak pilihannya sebelum membawanya ke dokter. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan herbal sebagai obat alami yang ampuh untuk penanganan darurat yang cepat.

Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Ini merupakan suatu keadaan saat suhu tubuh anak sedang mengalami peningkatan yang melebihi batas normal.

Kondisi ini pada dasarnya merupakan sebuah reaksi tubuh terhadap adanya serangan suatu penyakit tertentu atau kuman, bakteri dan virus.

Mengutip laman Smarter Health yang melansir dari KidsHealth, para ahli percaya bahwa, suhu tubuh yang meningkat merupakan mekanisme tubuh anak dalam melawan kuman yang menginfeksi.

Demam terjadi sebagai indikasi bahwa tubuh sedang terserang suatu penyakit lain. Misalnya influenza, batuk, hingga radang tenggorokan.

Namun kebanyakan demam yang terjadi pada anak tidak termasuk berbahaya. Dengan meningkatkan suhu tubuh, sistem imun sedang berusaha menghalau virus yang masuk.

Baca Juga : Obat Demam Anak Terbaik di Apotek Tanpa Perlu Resep Dokter

Cara Mengatasi Demam pada Anak

Menghadapi demam yang terjadi pada anak banyak orang tua yang kerap bersikap gegabah. Mereka segera saja menangani buah hati yang terkena demam dengan memberikan obat penurun panas.

Alangkah lebih baiknya jika Anda sebagai orang tua lebih bijak lagi untuk mengobati anak saat mengalami demam. Termasuk dengan menggunakan bahan herbal alami yang lebih aman.

Nah, berikut ini beberapa pilihan herbal alami yang ampuh sebagai cara mengatasi demam pada anak. Gunakan herbal ini sebagai penanganan darurat dan bukan dengan obat kimia dari apotik.

Daun Sambiloto

Ramuan alami pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan daun sambiloto segar. Namun sebelumnya Anda harus mencucinya terlebih dahulu sampai bersih.

Setelah itu daun sambiloto kita tumbuk hingga terlihat lebih halus. Seduhlah dengan air matang kira-kira setengah gelas, lalu aduk dan saring.

Selanjutnya Anda berikan pada anak untuk meminumnya. Setidaknya lakukan cara yang satu ini sampai anak Anda sembuh dari demam dan panas tubuhnya.

Baca Juga : Makanan Penurun Panas Paling Ampuh Ketika Demam Meningkat

Batang Brotowali

Cara mengatasi demam pada anak juga bisa dengan daun brotowali. Adapun bahan-bahan yang Anda perlukan hanya bagian batang brotowali sebanyak dua jari dan air dua gelas saja.

Untuk proses pembuatannya ramuan herbal ini adalah dengan mencucinya hingga bersih. Kemudian rebus ke dalam dua gelas air pada api sedang. Tunggulah sampai benar-benar mendidih atau sampai airnya menjadi setengahnya.

Angkat air rebusan dan biarkan terlebih dahulu agar menjadi hangat. Setelah itu saring dan tambahkan sedikit madu. Sebaiknya konsumsi untuk takaran dua kali sehari.

Daun Ubi Kayu

Untuk meredakan penyakit demam yang terjadi pada anak juga bisa dengan menggunakan daun ubi kayu. Siapkan saja satu potong daun ubi kayu dan air sebanyak 3 gelas.

Selanjutnya, campurkan menjadi satu dan merebus daun ubi kayu tersebut hingga mendidih. Air hasil rebusan tadi perlu Anda saring dan setelahnya minum sehari dua kali, khususnya pada setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga : Penyebab Anak Muntah Malam Hari, Waspadai Adanya Penyakit Serius

Selain mengatasi demam pada anak dengan ramuan tersebut, Anda juga bisa menumbuk halus daun ubi kayu dan membalurkan pada area dahi sebagai obat kompres.

Daun Pegagan

Ambillah daun pegagan yang masih segar sebanyak satu genggam saja. Kemudian siapkan juga air dengan garam secukupnya. Proses membuatnya yakni mencuci dahulu daun pegagan hingga bersih.

Setelah itu, tumbuk halus dan tambahkan air serta sedikit garam. Saat campuran tersebut merata, barulah saring agar menghasilkan air sarinya. Konsumsi ramuan herbal ini secara teratur setiap pagi sebelum sarapan.

Buah Tomat

Siapa sangka jika buah tomat juga ampuh sebagai obat herbal untuk mengatasi demam pada anak.

Buah tomat yang telah matang dengan campuran 1 sdm madu dan setengah gelas air akan menghasilkan obat alami penurun demam pada anak.

Adapun caranya cukup mudah. Tomat yang sudah kita bersihkan kemudian lumat menggunakan air matang. Setelah itu tambahkan madu dan aduklah hingga merata.

Kemudian peras campuran tersebut dan saringlah. Konsumsi minuman alami ini sebanyak 3 kali dalam sehari sampai demam anak menurun.

Itulah beberapa pilihan obat alami yang berkhasiat dalam mengatasi demam pada anak. Namun jika kondisi anak tidak membaik setelah tiga hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih baik. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -